44 Aktivitas di Luang Prabang

IMG_1652 (1)

Kalau sebelumnya kami sudah coba rekomendasikan 10 Things to do in Laos, kali ini kami coba fokuskan aktivitas di Luang Prabang saja. Luang Prabang memang bukan ibukota Laos, namun kota ini memiliki banyak pesona dan banyak aktivitas di Luang Prabang yang ditawarkan. Ketika saya sedang mengunjungi sebuah galeri sekaligus toko yang menjual hasil kerajinan tangan penduduk lokal bernama Kopnoi, ternyata mereka memiliki galeri di lantai 2 yang memajang display tentang gaya hidup masyarakat Laos beserta contoh-contoh peralatannya. Salah satu display yang menarik adalah daftar aktivitas di Luang Prabang. Bukan hanya 10, tak tanggung-tanggung mereka menuliskan 44 aktivitas yang bisa dilakukan di Luang Prabang.

National Museum di Luang Prabang

National Museum di Luang Prabang

44 Aktivitas di Luang Prabang

1. Mampir ke eksibisi ‘Stay Another Day’ di Kopnoi untuk belajar lebih dalam tentang Laos dan supaya bisa merencanakan perjalanan kalian dengan lebih baik.

2. Mengunjungi kuil-kuil yang bertebaran di kota, salah satunya adalah kuil yang paling tua dan paling kental suasananya adalah Wat Xieng Thong.

3. Terpesona dengan pemandangan ratusan biksu yang berjalan dengan jubah berwarna jingga terang, terutama saat prosesi ‘giving alms’ setiap paginya. Namun harap hormati aturannya untuk tidak berisik, tidak terlalu dekat dengan biksu dan diharapkan berpakaian sopan.

4. Mengunjungi National Museum, yang dulunya disebut Royal Palace.

Wat Xieng Thong - Kuil tertua di Luang Prabang

Wat Xieng Thong – Kuil tertua di Luang Prabang

5. Menikmati pertunjukan beratapkan bintang-bintang di Royal Ballet Theatre dimana ada pertunjukan tarian tradisional dan Ramayana.

6. Coba ‘walking tour’ yang dibantu peta dan brosur panduan untuk mengerti lebih dalam mengenai sejarah kota dan arsitektur yang unik.

Special deal!
Kalau mau travel ke Laos, kami rekomendasikan Lonely Planet Laos. Buku ini harganya kira-kira Rp.300,000 di Indonesia, tapi kami punya special deals dengan the Book Depositorylebih murah dan ongkos kirim gratis!
Cek Harga

7. Menikmati sunset di pinggir sungai Mekong.

8. Menikmati pemandangan Luang Prabang dari puncak gunung Phousi.

9. Mampir ke Hmong Market yang menjual banyak kerajinan tangan yang indah, dan juga murah untuk dijadikan suvenir.

10. Ambil cooking class. Salah satu cara yang tepat untuk belajar mengenai kuliner Laos. Tanya saja pihak hotel atau guesthouse mengenai pilihan tempat-tempat yang menawarkan kelas memasak.

11. Mampir ke pasar bahan makanan lokal yang penuh warna. Disana kalian akan menemukan berbagai bahan makanan yang menjadikan makanan Laos begitu unik.

12. Cari kerajinan tangan lokal di pasar malam – cocok untuk suvenir.

13. Untuk merasakan atmosfer pasar lokal dimana penduduk lokal berbelanja, kunjungi Talaat Phosi (Phosi Market) atau pasar Na Vieng Kham.

14. Menjelajahi jalanan kota Luang Prabang dengan menyewa sepeda.

15. Mencicipi makanan dengan cita rasa Asia di restoran-restoran di Luang Prabang.

Makanan di Laos - Larb

Makanan di Laos – Larb

16. Untuk yang suka menari, ada beberapa bar dan tempat disko di malam hari. Salah satunya adalah Hive. Tapi perlu diingat bahwa semua tempat tutup setelah tengah malam.

17. Ada juga tempat bowling, untuk kegiatan setelah mengunjungi bar.

18. Bersantai dengan secangkir Lao Tea sambil membaca buku di L’Etranger, Books & Tea.


19. Piknik atau memancing di sepanjang sungai Nam Khan. Untuk pengalaman seperti orang lokal, bawalah bir dan Lao Lao (rice whisky lokal).

20. Suka trekking? Pilihlah salah satu program dari Fair Trek.

21. Makan siang di tempat yang indah, Don Savan Aphay, sebuah restoran di atas pulau di sungai Nam Khan (hanya di musim kering saja).

22. Menikmati pemandangan para biksu dan anak-anak yang mengapung dengan menggunakan ban dalam (tube) di sungai Nam Khan (saat musim kering).

23. Berjalan-jalan di sekitar peninsula untuk mengamati kegiatan masyarakat lokal (biasanya mulai ramai jam 4-5 sore)

24. Atau coba berjalan-jalan di gang atau jalan kecil  sekitar jam 5-6 sore dimana wangi harum masakan memenuhi udara.

25. Bercakap-cakap dengan biksu untuk mengerti lebih jauh tentang seluk beluk kehidupan biksu


Aktivitas di Luang Prabang - Ngobrol dengan Bhiksu

Aktivitas di Luang Prabang – Ngobrol dengan Bhiksu

26. Mendengarkan ‘chanting’ dari para biksu setelah jam 5 sore. Pengalaman yang tak terlupakan.

27. Mendengarkan suara drum yang dibunyikan di beberapa kuil setiap jam 4 sore dan jam 4 pagi.

28. Membeli hasil sutra berkualitas dari Mulberries yang bekerja sama dengan 200 desa penghasil ulat sutra.

29. Mencicipi masakan khas Laos yang berkualitas di restoran Tamarind.

Menu andalan (Stuffed Lemongrass) di Tamarind Restaurant

Menu andalan (Stuffed Lemongrass) di Tamarind Restaurant

30. Mencari tahu mengenai sejarah budaya dan nilai-nilai sosial kota di Heritage Information Center.

31. Mengadakan pesta buku dengan bantuan tim Big Brother Mouse untuk menyemangati anak-anak Laos untuk belajar membaca.

32. Mengunjungi projek dari World Vision untuk belajar mengenai perubahan kehidupan masyarakan lokal untuk lepas dari kemiskinan.

33. Lebih dekat dengan binatang yang sangat erat hubungannya dengan Laos, yakni gajah dengan mengikuti kegiatan menunggang gajah atau menginap semalam untuk belajar bagaimana merawat dan menangani gajah di Elephant Park Project, Ban Xieng Lom.

34. Bersantai setelah lelah berbelanja dan mengunjungi kuil-kuil, dengan mengunjungi Lao Red Cross untuk menikmati herbal steam bath atau massage.

35. Bertemu dengan penenun kain yang sangat detail di Ock Pop Tock, pusat tenun dengan pemandangan di pinggir sungai Mekong. Atau bisa juga ambil kelas untuk belajar menenun.

36. Kunjungi butik Laha Sinh untuk mendapatkan produk-produk dari bahan katun yang ditenun manual denga warna indigo yang berkualitas tinggi.

37. Belajar bagaimana sisa-sisa perang yang lampau masing mempengaruhi Laos di UXO Laos.

38. Mengikuti tur ke beberapa desa yang menghasilkan kerajinan tangan di Luang Prabang, termasuk Ban Chan, Ban Had Hian, Ban Sang Khong dan Ban Xiang Lek.

39. Mengunjungi makam Henri Mouhot, pria yang pertama kali menemukan Angkor Wat. Kemudian bersantai di pinggiran sungai Nam Khan.

40. Habiskan waktu seharian untuk berenang dan bersantai di air terjun Kuang Si atau Tad Sae.

Aktivitas di Luang Prabang - Kuang Si Waterfall

Aktivitas di Luang Prabang – Kuang Si Waterfall

41. Ambil boat trip di sungai Mekong untuk mengunjungi Pak Ou (Buddha Cave).

42. Kayak atau arung jeram di sungai Nam Khan.

43. Belajar mengenai berbagai suku etnis minoritas di The Traditional Arts & Ethnic Museum.

44. Karena Laos masih kental dengan budaya Perancis dan masih banyak papan petunjuk yang menggunakan bahasa Perancis, bila tertarik silahkan belajar bahasa Perancis di sana.

Nah, banyak kan pilihan aktivitas di Luang Prabang? Mungkin tidak semuanya menarik bagi kalian, tergantung minat masing-masing. Tapi masa sih dari 44 Aktivitas di Luang Prabang yang disarankan tersebut tidak ada satu pun yang menarik? ­čÖé

Oh ya, kalau mau cari penginapan yang murah di Luang Prabang, bisa cek harga dulu di sini.

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply