Aktivitas Wisata di Brussels (Day 8 #EuropeDulu)

By August 12, 2013Europe
Atomium - Gedung unik di Brussels

Apa yang pertama kali terbersit saat dengar nama kota Brussels? Yang pertama langsung ingat sebuah cafe di Bandung yang mengusung nama kota tersebut, yang kedua langsung pengen makan Belgian waffle. Sempat dikasih bocoran sama Febi (@jalan2liburan) kalau Brussels bisa dieksplor dalam satu hari saja karena area turisnya tidak terlalu luas dan berdekatan satu sama lain. Berikut kami bagikan rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan di Brussels.

Belgian Waffle

Belgian Waffle

Mencicipi kuliner khas lokal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tidak afdol rasanya kalau ke Belgia tidak makan waffle. Awalnya terasa klise, namun ternyata pas kami mencoba waffle di Brussels….rasanya enak banget. Terutama es krim di atasnya. Waktu itu kami pesan waffle dengan topping vanilla ice cream….maknyuss. Katanya hampir semua waffle di sana sama enaknya, jadi tidak perlu repot-repot cari satu tempat yang khusus buat makan waffle.

Yang tidak boleh ketinggalan lagi adalah kentang goreng dengan cocolan mayonaise. Kenapa koq kentang goreng (French fries)? Bukannya harusnya kentang goreng yang enak itu di Perancis? Eits, ternyata French fries asalnya bukan dari Perancis, tapi dari Belgia. Disebut French fries karena dulunya kentang goreng ini mulai terkenal saat Perang Dunia I dimana tentara Belgia waktu itu masih berbicara bahasa Perancis sehingga tentara Amerika menyebutnya dengan istilah French fries. Di Belgia sendiri kentang goreng tersebut dikenal dengan sebutan frites (bahasa Perancis). Kentang gorengnya lembut saat digigit dan rasanya lekoh banget deh, mirip kentang goreng di Dieng. Ditambah cocolan mayo yang menambah kenikmatan. Super lekker! 🙂


French Fries asli Belgia

French Fries asli Belgia

Mengunjungi tempat-tempat wisata

Beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Brussels:
1. Manekin Pis. Ini sebetulnya air mancur kecil di sebuah pojok jalanan. Airnya keluar dari sebuah patung bocah kecil yang sedang pipis. Bersiaplah untuk berebut foto di depan bocah ini karena lokasi ini selalu ramai dikunjungi turis.

Manekin Pis - air mancur bocah pipis yang sangat terkenal di Brussels

Manekin Pis – air mancur bocah pipis yang sangat terkenal di Brussels

2. Grotte Markt (Grand Place) alias alun-alun kota. Lapangan luas yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan super besar dengan gaya klasik lengkap dengan detail-detail patungnya. Bersiaplah dengan kamera lensa lebarnya untuk mendapatkan view penuh.

Grand Place - Alun-alun kota Brussels

Grand Place – Alun-alun kota Brussels

3. Belgian Comic Strip Center. Belgia merupakan negara asal beberapa tokoh komik terkenal di dunia, di antaranya: Tintin, Smurf, Asterix & Obelix dan masih banyak lagi. Kami tidak masuk ke dalam museum dengan tiket 8 Euro tersebut karena dari review yang kami baca, museum itu lebih cocok untuk penggila komik sejati karena banyak karakter-karakter dari komik lokal dan katanya tidak ada penjelasan dalam bahasa Inggris pula. Jadilah kami cuma foto-foto di luarnya saja, ada beberapa display karakter komik yang nganggur 🙂

Patung Tintin di depan museum komik

Patung Tintin di depan museum komik

4. Cathedral of St. Michel dan St. Gudula. Dari jauh, kemegahan bangunan ini sudah menarik perhatian. Seperti katedral-katedral lainnya di Eropa, detail dekorasi bangunan ini sangat mengagumkan dan bagian dalamnya penuh dengan patung-patung di kiri kanan pilarnya.

Katedral besar di Brussels

Katedral besar di Brussels

5. Atomium. Ini lokasinya agak di pinggir kota, tapi mudah dijangkau dengan metro. Atomium adalah bangunan yang bentuknya menyerupai prototipe atom. Dibangun di tahun 1958 untuk kepentingan ekshibisi dan sampai sekarang masih menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi turis. Dengan tiket seharga 11 Euro, pengunjung bisa masuk menjelajahi bola-bola atomnya sampai bola yang paling puncak. Sekali lagi, kami tidak masuk ke dalam karena menurut review, dalamnya tidak begitu menarik. Justru yang unik adalah bentuk bangunan tampak luarnya.

Atomium - Gedung unik di Brussels

Atomium – Gedung unik di Brussels

Suka dengan Brussels? Nantikan cerita kami di kota berikutnya di Belgia 😉

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply