Aktivitas Wisata di Praha (Day 17 #EuropeDulu)

By August 26, 2013Europe
John Lennon Wall

Memasuki Praha dari Berlin, kami merasakan suasana yang berbeda. Di Praha atmosfer budaya Eropa Timur sudah terasa dan suasananya lebih hangat dibandingkan kota-kota besar di Eropa Timur. Area kota tua Praha tidak terlalu besar dan bisa dijelajahi dengan jalan kaki. Setiap lorong dan bangunan-bangunan di area kota tua sangat artistik dan dekoratif. Berikut ini beberapa lokasi yang bisa dikunjungi saat mampir ke Praha.

Pemandangan kota Praha

Pemandangan kota Praha

Clock Tower & sekitarnya

Lokasi ini merupakan pusat keramaian di area kota tua. Atraksi utamanya adalah Astronomical Clock yang akan berdentang setiap jam dan jendelanya terbuka menampilkan boneka-boneka kayu yang berputar. Beberapa menit sebelum jendela terbuka, ratusan orang sudah berkumpul di depan menara jam. Bagi yang tertarik melihat pemandangan dari atas, bisa naik ke puncak dengan membayar 4€. Selain jam tersebut ada beberapa bangunan & gereja indah di sekitarnya.

Astronomical Clock Praha

Astronomical Clock Praha

Prague Castle

Kompleks istana di Praha sangatlah luas. Kalau kuat jalan kaki bisa naik tangga dari area kota tua sampai ke area istana. Kalau malas jalan kaki bisa naik bis sampai pintu gerbang istana kemudian nanti pulangnya bisa jalan kaki menuruni anak-anak tangga tersebut. Selain istana yang dibagi menjadi beberapa gedung museum, ada juga Katedral St. Vitus yang megah serta taman-taman. Di setiap pintu gerbangnya ada pos dengan 2 orang prajurit berseragam lengkap dan posisi berdiri sempurna. Tiket masuknya berbeda-beda tergantung bangunan mana yang mau dikunjungi. Full ticket: 350 crown (sekitar 14€).

Penjaga di kastil Praha

Penjaga di kastil Praha

Charles Bridge

Jembatan megah yang dihiasi oleh 30 patung di kiri kanannya ini merupakan salah satu spot yang tidak boleh terlewatkan di Praha. Selain bisa melihat pemandangan sungai Vltava yang lebar dengan kapal-kapal cruise yang hilir mudik mengangkut turis, di atas jembatan tersebut banyak juga stand-stand yang menjual hasil karya seni seperti lukisan, gelang serta ornamen-ornamen dekorasi lainnya.

Charles Bridge Praha

Charles Bridge Praha

John Lennon Wall

Bagi penggemar The Beatles dan seni grafiti, sempatkan mampir ke John Lennon wall yang berada di Mala Strana di tembok sepanjang 20 meter itu banyak gambar-gambar yang berhubungan dengan John Lennon, di antaranya guratan wajah John Lennon, tulisan ‘Imagine’, serta lirik lagu the Beatles lainnya.


John Lennon Wall

John Lennon Wall

Kutna Hora Sedlec Ossuary

Suka yang unik-unik? Kalau punya waktu lebih bisa sedikit melipir ke luar kota Praha. Di Kutna Hora, sekitar 1 jam perjalanan kereta dari stasiun pusat Praha, ada sebuah gereja yang dikenal dengan sebutan The Bone Church. Disebut demikian karena dalamnya ada sebuah ossuary (kuburan bawah tanah) yang tulang-tulangnya disusun sedemikian rupa menjadi karya seni yang menakjubkan. Dahulunya sejak tahun 1200an tempat tersebut memang merupakan kuburan, kemudian didirikan gereja, kemudian pengurus gereja meminta seseorang menata tulang-tulangnya. Di tahun 1870 ada seorang pemahat kayu yang menggunakan sebagian tulang-tulang tersebut untuk membuat beberapa dekorasi di gereja itu seperti chandelier (lampu gantung), tempat lilin serta perisai.

Dekorasi yang terbuat dari tulang manusia

Dekorasi yang terbuat dari tulang manusia

Selain mengunjungi tempat-tempat tersebut, sambil jalan-jalan keliling kota coba cicipi snack lokal khas Praha (dan Bratislava) yang bernama Trdlenik. Bentuknya seperti roti gelang-gelang yang ditaburi gula pasir dan kadang bubuk kayumanis. Cara buatnya dengan dimasukkan ke batang kayu yang diputar-putar di atas perapian.

Trdelnik - snack khas Praha

Trdelnik – snack khas Praha

Suka dengan kota yang romantis ini?

It’s QUIZ TIME!

Nah, kami kan kebetulan dapat T-shirt dari Blind Eye Hostel di Praha. Desainnya lumayan funky, warna hitam ada logo hostel dan ada tulisan “sleep with someone who cares” πŸ™‚ Ada 2 ukuran, S & M. Modelnya T-shirt biasa, bukan kaos ketat yang ngepas badan ya. Ada yang mau? Kami kirimin GRATIS!

Caranya gimana? Jawab dulu pertanyaan berikut ini:

“Image kota Praha menurut kamu itu seperti apa sih?”

Jawabannya tidak ada yang mutlak. Kami cuma pengin tahu pendapat kalian masing-masing aja. Silahkan tinggalkan jawaban kreatif kalian di kolom komentar. Jangan lupa tinggalkan nama akun twitter kalian (kalau ada) supaya lebih mudah dihubungi kalau menang. Oh ya, tulis juga ukuran T-Shirt nya mau yang S atau M ya. Nanti 2 orang pemenangnya akan dipilih random. Komentar yang diikutsertakan dihitung mulai tanggal 20 Februari 2014 sampai dengan tanggal 23 Februari 2014. Β Pengumumannya dalam 1-2 hari setelah kuis ditutup. Selamat membayangkan kota Praha! πŸ™‚

Join the discussion 47 Comments

  • kapan ya bisa ke kota romantis ini hmm…

  • AyuSA says:

    There’s a lot of people who fell in <3 with Paris, London or the other well-known cities in Europe. But, I think Praha is the most beautiful city in europe that i want to explore. Its not a big city, but its not a bored city too. The only thing that we have to do is just walk slowly and feel the atmosphere. Old but artistic!
    (@Asanesa)

  • pertama kali tau praha dari salah satu buku yang saya baca dan saat itu juga saya jatuh cinta dengan praha. dengan kotanya, dengan atmosfirnya. sejak saat itu pula saya memasukkan praha menjadi salah satu list kota yang harus saya datangi, praha itu indah, praha itu kuno, praha itu cantik dan romantis , praha itu juga menyeramkan. i do fallin’ in love with Praha .

    @azylala

  • @puteriih
    size : S

    Praha itu kalau nggak salah dulu kota tempat tinggalnya pangeran dan raja-raja Ceko yah? aaaa pasti isinya Klasik dan anggun, keliatan dari bangunan dan karya-karya seninya sepertinya kota ini surganya mencinta art, kalaupun ingin suasana yang tenang bisa melipir ke sungai Vltava (mau ah pacaran disana. huehuee)
    Saya suka bangeeet kota-kota tua dan Praha terlihat sekali punya atmosfer itu ya mba?nyaman untuk mencari inspirasi atau mungkin sekedar ‘tenggelam’ ke masa lampau, lagi-lagi destinasi @pergidulu masuk dalam list buku ‘must visit b4 die’ saya.
    Clock Tower, Prague Castle, Charles Bridge, pun John Lennon Wall… wait me yaaa !!!!!

    Nice share mbaa, setelah Turki kalian (tetap) tidak pernah berenti membuatku envy :((

  • Dhimas Prafitra says:

    Praha, salah satu kota impian yg pingin aku jelajahi.
    Kalo mendengar kota Praha, yg terlintas dibenakku adalah kota tua.
    yak, praha dibayanganku adalah kota tua yg eksotis. Aku suka atmosphere kota tua seperti praha, menenangkan & menyegarkan.

    Suatu hari nanti, aku pasti akan berada dikota ini! Pasti! πŸ™‚
    (twitter @ph_dhimas)

  • Alifah NH says:

    Praha itu kota romantis ya di Eropa.. kota yang isinya bangunan megah dan gede dan menjulang tinggi (?) ala Eropa kuno. Fashion di Praha juga terkenal kerennya di seluruh dunia. kota kecil yang ga kalah keren sama kota lain di Eropa. pengen bgt pergi kesana. suatu hari harus kesana pokoknya *malah curhat, maaf* image kota Praha buat aku itu Romantic and Fashionista *heleh sok inggris,uhuk*
    (twitter : alivepoped) S/M (?)

  • Mayang says:

    Kota Praha sepertinya hangat dan klasik. Berjalan keliling kota melihat bangunan-bangunan tinggi yang sudah tua akan sangat memanjakan mata. Atmosfer budaya Eropa Timur tersebut, sudah terbayangkan, pasti membuat kita merasa hangat dan ingin tersenyum selalu.
    @mayang_jee
    size M πŸ™‚

  • Erinintyani Shabrina says:

    Satu kata utk Praha: magis. Semua sudut di Praha indah dan kental bgt aroma vintagenya. Suatu saat ntar aku ke Eropa aku akan ke Praha. Jalan kaki di lorong kota yg berbatu sambil nyamil roti Trdelnik, menikmati semilir angin sore ditemenin pemandangan kapal turis yg hilir mudik di sungai Vltava, mampir ke kafe pinggir jalan sembari minum bir dgn warga setempat akan jd pengalaman yg memorable bgt πŸ˜‰ @NintyaSR

  • Erinintyani Shabrina says:

    Ah ketinggalan. Ukuran bajunya M ya kak *pedebgtbakaldapet

  • Bobby Wira Atmaja says:

    Image Praha menurut saya, Super Artistik. Eropa yg terkenal sama bangunan2 sejarahnya, jd pusat wisata yg paling diincar wisatawan. Praha salah satunya. Dari artikel diatas, menunjukkan kalau Praha itu indah dengan berbagai macam2 tempat2 Artistik yg menarik buat dikunjungi. Mudah2an saya bisa pergi kesana πŸ˜€

    Terimakasih

    Twitter : @BobbyWiraAtmaja
    Ukuran kaos : M (medium)

  • Antique,Classic,Romantic @chabychoen kalo dpt yg M aja yak πŸ˜€

  • emirahma says:

    Cuma bisa bilang, WOW! Praha itu artistik, unik, rapih, kreatif, megah, romantis, dan Trdelniknya itu loh, kelihatan hem yummy…. (Β΄?`??)

    twitter : @emirahma_
    ukuran t-shirt : S

  • Kota yang indah dan cantik yang masih dominan dengan gedung-gedung lama dan klasik menjulang membelah langit. Ukuran kaos S ya mimin he..he… @dwiworoindarini

  • Saya selalu suka dengan kota tua. Bisa jalan, duduk dan no nothing ngeliatin orang lalu lalang. Kota tua Praha ini tampak tua namun terlihat hangat untuk menyambut kedatangan wisatawan yang bosan dengan hiruk pikuk kota besar. Semoga one day bisa kesana. @windasiwege

  • kota praha, kota yang penuh seni, dan romantis, kota yg punya banyak bangunan Tua bergaya zaman dulu, sehingga siapa pun yg kesana akan terasa nyaman
    twitter : @agungkristiono
    ukuran : S

  • lettisia says:

    Praha! Baca dari ceritanya kak susan kayaknya praha seru banget buat ditelusuri dengan jalan kaki sendirian. kota tua yang romantis πŸ™‚ would love to go there someday.siapa tau ketemu jodoh yang romantis juga disana :p
    @lettisiaghea
    S

  • PRAHA di mata saya: EKSOTIS. Kota TERCANTIK di Eropa. ARTISTIK, perpaduan seni, musik, tari, film dan teater,semuanya ada di PRAHA. Dan Kastil Praha yg merupakan komplek kastil terbesar di dunia merupakan tempat pertama yg akan saya kunjungi ketika berada di PRAHA nanti. Selain itu, saya akan menjelajah tiap sudut PRAHA dengan berjalan kaki, menikmati senja di Sungai Vltava dengan kesan tua, mistis, dan senyap. Berbeda sekali dengan kegemerlapan ibukota” lainnya. Ahh PRAHA…
    Mbak,ukuran kaos saya M ya :p

    @andinarahayu

  • kota tua yang sempurna-nya maksimal. uniknya ada, seninya ada, romantisnya ada. komplit deh πŸ˜€
    @anandahamied size M

  • ramad says:

    kata yang keluar hanya istimewa gilaa.. walaupun kota tua tapi tetap kece dengan kelebihannya
    @Ramaaad ukurannya M kak. πŸ˜€

  • β€œBesides, the city of Prague is wonderful, that beautiful that this city alone would already prove of value for a longer journey.” Albert Einstein
    Kota cantik yang sarat akan sejarah. Kota yang mudah mengundang imajinasi karena penampakannya bagaikan negeri dongeng. Apalagi dengan adanya icon besar yang jadi ciri khas Praha, Charles Bridge dan Astonomical Clock. Jika ada pilihan untuk mengeksplor eropa timur, maka Praha akan jadi pilihan utama saya πŸ˜€
    @ereezia_florine (ukuran baju S)

  • Alifah NH says:

    kemarin aku udah coba comment disini dan ada tulisannya “awaitign moderation” eh aku cek hari ini kok ilang ya.. apa aku yg ga ngerti ya –” *kicked*
    boleh comment lagi ya.. tapi lupa kemaren nulis apa *slapped*
    menurutku Praha itu romantis and kecil (?). Sebenarnya aku kurang begitu tahu soal kota Praha, tapi sekali dengar nama “Praha” pasti terkesan nama yang mewah. Kota dengan bangunan megah yang menjulang tinggi dan terkesan romantis.. duuh asiknyaaa.. suatu hari InsyaAllah ya diriku bisa sampai disana. cuma pengen jalan di trotoarnya aja.. ahah
    @alivepoped
    S/M sama aja *plak*

  • Finally, setelah semalem scrolldown tweetnya mbaksus dan coba buat akses ini blog. akhirnya pagi ini ketika membuka mata, baca tulisan di blog ini.

    Mbaksus, setelah BUDAPEST jadi listtrip impian, kembali dirimu meracuni dengan foto foto PRAHA ini. Ditambah lagi JOHN LENNON wall, aaaah *penggemarberatTHEBEATLES wajib banget kesana. PRAHA, banyak bangunan bangunan tua yang tetep eksis, artistik dan romantis. *pecaaaaah ^^
    PRAGUE CASTLE , bisa jadi destinasi wisata sekaligus bakar lemak buat jalan jalan disana + bonus foto bareng penjaganya. PRAHA istimewa.

    @astarianadya (Size : M)

  • Elisa says:

    Ini adalah pertama kalinnya saya baca review tentang Praha, *thanks to Couple @PergiDulu* dan dari review tersebut, saya bisa melihat atau menyimpulkan Image Praha sebagai berikut:

    1. Praha merupakan kota yang sangat identik dengan SENI, bisa dilihat dari setiap tempat serta bangunan-bangunan dalam foto yang terdapat di review dalam artikel ini, sebagai pecinta dan penikmat seni, saya merasa.. Pasti akan sangat menyenangkan kalo saya bisa berkunjung ke Kota Praha. *menerawang jauh ke Praha*

    2. Praha terlihat menggabungkan antara Seni dan Sejarah dalam setiap tempat dan bangunannya, sehingga nilai sejarah Praha tetap terasa kental meskipun dengan perkembangan modernisasi di Kota tersebut yang terus meningkat *maybe*, dari perpaduan Seni dan Sejarah tersebut tentunya para wisatawan Kota Praha akan sangat dimanjakan melalui karya-karya seni yang mengandung pengetahuan serta unsur sejarah di Praha, karena, pasti akan lebih mengasyikkan kalo kita berkunjung ke suatu tempat dan kita bisa tau banyak tentang sejarah yang dimiliki tempat tersebut. *yah, seperti cerita Mbak Susan di #DestinASEAN tentang sejarah Peperangan di Laos. Aku sukak sekalik*

    3. Praha menyuguhkan kesan vintage dalam setiap spot kotanya, mungkin ini karena perpaduan antara karya seni dan nilai sejarah yang seimbang, sehingga tempat tersebut terkesan sangat romantis, hangat, dan bisa sangat menghadirkan rasa nyaman. Serta, merupakan destinasi tujuan yang tepat jika dijadikan sebagai tempat Honeymoon *maybe* jalan-jalan bersama pasangan di sepanjang Charles Bridge, tentunya dengan tangan masing-masing yang saling terkait erat, dan sesekali melingkarkan tangan di pinggang pasangan, serta mengecup lembut keningnya. *Ah, pasti akan sangat membahagiakan*

    Sekian Image Kota Praha dari saya.

    Salam Hangat,

    @elisafariesta (Size M)

  • Alid Abdul says:

    Praha selain dari kata dasar Prahara yang dipotong juga merupakan kotanya James Bond, secara doi klo syuting suka disitu hahaha.

    @alidabdul (size: M)

    *abaikan komentar saya hahaha*

  • Elisa says:

    Ini adalah pertama kalinnya saya baca review tentang Praha, *thanks to Couple @PergiDulu* dan dari review tersebut, saya bisa melihat atau menyimpulkan Image Praha sebagai berikut:
    1. Praha merupakan kota yang sangat identik dengan SENI, bisa dilihat dari setiap tempat serta bangunan-bangunan dalam foto yang terdapat di review dalam artikel ini, sebagai pecinta dan penikmat seni, saya merasa.. Pasti akan sangat menyenangkan kalo saya bisa berkunjung ke Kota Praha. *menerawang jauh ke Praha*
    2. Praha terlihat menggabungkan antara Seni dan Sejarah dalam setiap tempat dan bangunannya, sehingga nilai sejarah Praha tetap terasa kental meskipun dengan perkembangan modernisasi di Kota tersebut yang terus meningkat *maybe*, dari perpaduan Seni dan Sejarah tersebut tentunya para wisatawan Kota Praha akan sangat dimanjakan melalui karya-karya seni yang mengandung pengetahuan serta unsur sejarah di Praha, karena, pasti akan lebih mengasyikkan kalo kita berkunjung ke suatu tempat dan kita bisa tau banyak tentang sejarah yang dimiliki tempat tersebut. *yah, seperti cerita Mbak Susan di #DestinASEAN tentang sejarah Peperangan di Laos. Aku sukak sekalik*
    3. Praha menyuguhkan kesan vintage dalam setiap spot kotanya, mungkin ini karena perpaduan antara karya seni dan nilai sejarah yang seimbang, sehingga tempat tersebut terkesan sangat romantis, hangat, dan bisa sangat menghadirkan rasa nyaman. Serta, merupakan destinasi tujuan yang tepat jika dijadikan sebagai tempat Honeymoon *maybe* jalan-jalan bersama pasangan di sepanjang Charles Bridge, tentunya dengan tangan masing-masing yang saling terkait erat, dan sesekali melingkarkan tangan di pinggang pasangan, serta mengecup lembut keningnya. *Ah, pasti akan sangat membahagiakan*
    Sekian Image Kota Praha dari saya.

    Salam Hangat,
    @elisafariesta (Size S)

  • Dalam bayangan saya, Kota Praha adalah kota tua dari negara pecahan Yugoslavia yang agung. Banyaknya bangunan dengan desain renaisans dengan corak Eropa Timur yang kuat, membuat Praha bagaikan lukisan indah yang benderang.

    Pertama kali mendengar nama Praha adalah ketika klub sepakbola Sparta Praha bertanding di Liga Eropa. Gaya bermain yang klasik sama dengan bangunan indah yang ada di sana.

    Belum lagi sungai besar yang meliuk dan jembata tua nan kokoh yang mempercantik kota ini. Sungguh memesona.

    @Aditz92
    S

  • Daniar Dwi Anggraini says:

    Kota praha keliatan rapi yah, ada aja tempat gravity yg gk sembarangan kayak di Indonesia..hehehe
    Nanti kalo jadi au pair ke jerman mau cobain ke praha, amin..mau coba streetfoodnya:3

  • Daniar Dwi Anggraini says:

    Kota praha keliatan rapi yah, ada aja tempat gravity yg gk sembarangan kayak di Indonesia..hehehe
    Nanti kalo jadi au pair ke jerman mau cobain ke praha, amin..mau coba streetfoodnya:3

    Twitter: @niology
    Size: M

  • sylvester vico says:

    Bayangan tentang PRAHA adalah ketika aku melihat film berjudul ‘Van Helsing’ dimana disaat sang Van Helsing membunuh sang monster #scanepertama

    @vicohutomo
    Size M

  • praha itu kecantikan tuhan yang berupa kota yang indah dengan selera seni yang tinggi indah bukan kepalang. bisa dilihat dari bentuk bangunan kastil dan rumahnya yang epic sangat membuat wisatawan terkagum dan sangat merindukanya. dan saya sebut Charles Bridge adalah bentuk terindah saat menikmati senja bersama pasangan πŸ™‚
    @dubidam11

    • praha itu kecantikan tuhan yang berupa kota yang indah dengan selera seni yang tinggi indah bukan kepalang. bisa dilihat dari bentuk bangunan kastil dan rumahnya yang epic sangat membuat wisatawan terkagum dan sangat merindukanya. dan saya sebut Charles Bridge adalah bentuk terindah saat menikmati senja bersama pasangan πŸ™‚
      @dubidam11
      Size : M

  • Aaron Syaiful says:

    Kota ini indah. Alun-alun dan daerah sekitarnya termasuk jembatannya fantastis, tapi sayangnya menghadapi setidaknya satu kerumitan yaitu berkomunikasi dengan orang-orang Ceko lokal.
    Praha indah! Saya tidak bisa mengatakan cukup baik! Semua orang harus pergi! Seperti mengunjungi Meksiko. Pusat bersejarah Praha meliputi banyak bangunan bersejarah dan monumen, terutama jam astronomi terkenal. Dan banyak orang memahami setidaknya sedikit bahasa Inggris dan sangat membantu.
    2 Alasan Praha begitu besar. Salah satunya Praha tidak dibom selama Perang Dunia Kedua, sehingga pusat abad pertengahan tua kota masih ada, masih berkembang dan masih ada sisa lebih banyak daripada di tempat lain .
    Yang kedua, Sejarah. Austria menyerbu dan menaklukkan Praha (sekarang Republik Ceko) pada 1400, kepemilikan diturunkan ke Nazi dan kemudian ke Uni Soviet . Hanya dalam beberapa tahun terakhir yang mereka menjadi benar benar bebas dan merdeka . (mereka menunjukkan kebebasan mereka dengan memilih seorang penyair , Vaclav Havel sebagai presiden ) .
    Jadi selama 600 tahun orang-orang tidak diizinkan untuk menempatkan setiap energi mereka ke dalam kegiatan militer atau nasionalisme . Oleh karena itu, kita bisa meliaht gerai mereka menjadi seni, musik , budaya .

    (twitter @aaronf00) Size : M

  • Rizky Putri Hariarti says:

    Praha menurut saya adalah kota yang kecantikannya tidak akan tergerus zaman. Di tengah ke-modern-an kota yang ada, Praha juga tetap memancarkan pesonanya dengan bangunan-bangunan tua yang memikat. Banyaknya kastil yang terdapat di sana membawa pikiran saya kepada masa kecil, di mana saya selalu menyukai kisah negeri dongeng.
    Praha, negeri dongeng yang kecantikannya dapat dilihat dalam wujud nyata…..dan semoga suatu hari nanti tidak hanya melihat dari layar, tapi bisa langsung menjejakkan kaki di kota indah tersebut.

    Twitter: @qputt
    Size: S

  • Tw : @lindaftr
    size : M

    Praha yaa? Hmm.. Menurut bayangan saya, Praha itu salah satu kota keren di Eropa sana yg wajib bgt buat dimasukin ke dalam daftar kota-kota yg ingin kamu kunjungi πŸ˜€ buat para petualang sejarah, Praha sepertinya wajib bgt buat dikunjungin. Praha punya nilai2 sejarah yg kental. bangunan2 yg katanya ‘anggun’ mampu menyeret para pengunjungnya ke era gotic 1000th lalu πŸ™‚

  • Fikri Wicaksana says:

    Kota Praha salah satu kota tua yang tidak lekang oleh zaman. Meskipun sempat kena banjir besar tahun 2013 silam namun penanganan yang tepat membuat kota ini cepat pulih dan tetap menarik untuk dikunjungi.

    Praha ini lengkap banget untuk wisata seni dan budaya. Kita bisa menikmati bangunan kuno yang masih bertahan sampe sekarang ataupun sekedar menikmati suasana romantis

    Smoga komplek kota tua di jakarta bisa mencontoh kota praha dalam penanganan seni dan budayanya

    @fikri_wicak
    ukuran kaos yang M

    trimakasih mbak susan dan mas adam

  • Praha?
    Dulu, tiap dengar kata Praha, otak saya otomatis akan menghasilkan kata Yugoslavia. Ga tau kenapa?
    Yang terbayang adalah kota yang tenang, bangunan-bangunan berarsitektur khas Eropa, kastil-kastil tua, conblock yang tertata rapi di jalanan kota.

    Seiring waktu (dan umur) akhirnya saya mendapat gambaran yg lebih jelas tentang Praha. Dari Internet, foto, buku dan tentu yg paling membuat hati berjegolak untuk melihat langsung adalah cerita teman yg pernah ke sana.

    Sebagai penggila landscape dan arsitektur, saya sudah mulai bermimpi, kira-kira pemandangan seperti apa yang bisa saya temui di sana. Terbayang arsitektur bergaya Eropa di setiap bangunan yg ada di sana, kastil-kastil tua, gedung parlemen, rumah ibadah, pasar.
    Bertemu wajah-wajah ramah penduduk asli, berinteraksi dengan mereka (walau mungkin akan sedikit terkendala dengan bahasa). Sudut-sudut cafe yang menawarkan kehangatan lokal.
    Aaahhh…someday, saya harus bisa sampai ke sana.

    @EvyPriliana

  • Kesan pertama denger kata Prague yaitu ‘city of million spires’. Banyak ‘spires’ yang keren-keren disana. Yang aku paling suka itu Miluni? and Gehry’s Dancing House sama Wenceslas Square. Keren deh, Prague banget. Banyak musem yang megah, galeri yang cakep, restaurant yang enak-enak hingga street food nya. Pokoknya jangan lupa nyicip Becherovka nya! πŸ˜‰

  • Kesan pertama denger kata Prague yaitu ‘city of million spires’. Banyak ‘spires’ yang keren-keren disana. Yang aku paling suka itu Miluni? and Gehry’s Dancing House sama Wenceslas Square. Keren deh, Prague banget. Banyak musem yang megah, galeri yang cakep, restaurant yang enak-enak hingga street food nya. Pokoknya jangan lupa nyicip Becherovka nya! πŸ˜‰
    @zaynalfahmi size S aja deh.

  • Ganjar Setiawan says:

    @ganjarenko

    Hmmmm Berbicara mengenai Praha, Republik Czech, memang wisata kota tuanya sangat mengasyikan ya mbak…gaya bangunan peninggalan kerajaan Bohemia dan Moravia ini sungguh sangat menari, dari mulai wisata kastil kastil tua nya, loronng lorong gang yang temaram pada malam hari yang menyeruak bulu kudu sampai berdiri….gak salah deeh Praha sering dijadiin tempat lokasi pembuatan film dari holywood macam Narnia, James Bond, Triple X dan sebagainya…yang paling menarik dari semuanya…….yaitu……….Kota ini menawarkan paket wisata hantu (ghost tour) dengan menelusuri sisi lain dari kota Praha. Para wisatawan akan diajak berkunjung ke berbagai lokasi yang masing-masing memiliki latar belakang cerita hantu dan juga cerita misteri seperti kastil, bangunan tua dan juga gereja yang terkenal berhantu….whiiiiiiiiiiwwwww….seremmm tapi kalo untuk wisatawan indonesia, pasti cocok karena orang indonesia gak lepas dari mistis..hehhehehe…..jadi pengen deh mbak kesana…semoga bisa menyusul

  • @debby_Ck
    size M

    Setelah sempat membaca buku tentang kota Praha, ditambah membaca artikel dan melihat video di blog ini, menurut saya Praha adalah kota magis, penuh misteri yang menyedot perhatian orang-orang yang berkunjung kesana, namun juga atmospir yang hangat membuat para pengunjung merasa nyaman dengan kemagisan kota dan bangunan-bangunan tuanya tersebut, mungkin hal itu yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan kota Praha ini. Someday, I wish I have a chance to visit this city. Amin

  • Idzni says:

    Buat saya, setelah baca post ini, Praha itu… asik banget buat dinikmati dengan jalan kaki. Kalem gitu, bangunan-bangunannya aja udah memanjakan mata banget, apalagi landmarksnya. Secara jalan kaki di tengah suasana kalem yang menghipnotis macam di Praha ini priceless banget. :’)
    @iniidzni – L

  • Praha itu buat saya adalah kota yang harus dikunjungi sebelum wafat. Pertama mengenal Praha dari komik Tintin. Kesan tentang istana, bangunan tua bergaya klasik Eropa memenuhi benak saya sebagai anak SD. Lama kemudian baru saya melihat foto tentang Praha, film-film Hollywood yang mengambil lokasi di Praha. Dan memang seperti yang ada di benak saya, Praha itu dengan gaya klasiknya tetap cantik dalam usia yang tak lagi muda. Kesan yg tertanam dlm benak saya .Praha itu cantik tanpa kesan glamor seperti Paris. Tak bisa dikatakan cantik yg sederhana dg gaya klasik, ada sesuatu magnet dari Praha yg memikat benak saya. Sejujurnya saya penasaran dg kuliner di Praha.

  • Huraiza says:

    Gaya bohemian baroque di arsitektur setiap kastil, gereja, sama rumahnya kental banget ya. Serasa bukan berada di abad 21. Seperti masuk ke mesin waktu dan pergi ke abad 13. Kebayang kita sedang jalan-jalan lucu di jembatan charles dengan pacar kemudian kita terdiam terpelanga melihat pasukan raja sigismund pergi perang ditemani para pasukannya. Magis!

    Tak tau kenapa ingin sekali hidup kembali di kota-kota tua khas eropa pada abad pertengahan dan hidup dengan tentram disana setiap melihat kota-kota tua eropa di game, internet, tv atau apapun. Begitu juga di artikel ini, terimakasih sudah share mba! ;))

    “Praha bukan soal sejarah dan arsitekturnya. Lebih dari itu melibatkan perasaan. #halah”

    Semoga bisa kesana juga (?’??’?)9

    @huraiza
    M

  • shaa says:

    Hmm… image Praha ya? Di mata saya, ada dua pandangan tentang kota Praha atau Prague. Pertama, sebagai orang yg maniak dgn hal-hal berbau sejarah/kuno/klasik, Praha merupakan ibukota Republik Ceko yang dibalut oleh nilai seni & budaya tinggi, serta dipenuhi landmark atau bangunan kuno peninggalan masa abad pertengahan. Kota yg pernah dikuasai kekaisaran Romawi tsb memiliki banyak bangunan berarsitektur gaya gothic dgn ciri yg sangat khas, yaitu menjulang tinggi dan mengerucut di bagian atas. Saking banyaknya bangunan tinggi di Praha–entah itu kastil atau gereja, sampai-sampai kota tsb sering dijuluki ‘Kota Seribu Menara’. Setahu saya, di Praha juga banyak landmark kuno yg oleh UNESCO diakui sebagai warisan budaya dunia.

    Yang kedua, dari sudut pandang sebagai seorang penggila bola, Praha merupakan markas klub besar Sparta Praha yg kekuatannya patut diperhitungkan, terutama di Liga Champions sbg ajang kompetisi antar-klub paling bergengsi sejagad Eropa. Selain itu, Praha juga merupakan kota kelahiran para pemain bola terkenal seperti Pavel Nedved, Patrik Berger, Karel Poborsky, si ganteng Tomas Rosicky, dll.

    Oiya, sebagai orang yg suka baca… image Praha di mata saya adalah kota kelahiran dua penulis legendaris: Franz Kafka dan Milan Kundera, meski saya blm pernah baca karya-karya mereka.

    Pokoknya, Praha itu kota tua yg keren, anggun, megah, menawan, dan eksotis sangat! <3

    Hehehe… maaf, komennya panjang dan lebar, mbak. Kalo menang, dikasih T-shirt yg ukuran apa saja saya mau, pokoknya 'nrimo' aja. πŸ˜€

    @shaLluvia

  • syafiatuddiniah says:

    zaman romawi kuno spt pelajaran sejarah di waktu sekolah kastil dan bangunan lainnya msh berdiri tegak dikota PRAHA , nilai-nilai historis kerajaan Eropa.

    ukuran : M
    twitter : @tuty_utut

Leave a Reply