Ayam Betutu Gilimanuk

By May 3, 2013Food
Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ketika bepergian, baik sendiri maupun dengan teman atau keluarga, baik dekat maupun jauh, setiap orang memiliki motivasi berbeda satu sama lain. Berbagai alasan tersebut antara lain: supaya dapat untuk melihat budayanya, bertemu orang-orangnya, menilik sejarahnya, ataupun mencicipi makanannya. Kali ini, tulisan ini dibuat untuk menyorot salah satu makanan khas Bali yang sudah sangat terkenal, yaitu ayam betutu Gilimanuk.

Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk

Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk

Seperti namanya, asal muasal makanan khas ini adalah dari daerah Gilimanuk, di Barat Laut Pulau Bali, pelabuhan penyebrangan dari dan ke Pulau Jawa. Di daerah ini, salah satu ayam betutu Gilimanuk yang terkenal adalah Bu Lina yang memiliki beberapa cabang di sana. Rata-rata, ayam betutu Gilimanuk Ibu Lina buka dari pagi hingga malam hingga makanan habis. Salah satu depot Ibu Lina dapat Anda hampiri di Jalan Raya Gilimanuk, terdapat di sebelah kanan jalan sekitar 500 meter dari pelabuhan bila Anda datang dari arah Gilimanuk. Namun pusatnya terdapat di Jalan Mutiara Gilimanuk.

Warung Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk

Warung Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk

Walaupun pada jaman dahulu, betutu dihidangkan untuk acara keagamaan, namun sekarang sudah banyak dibuat untuk dijual. Secara tradisional, biasanya daging ayam atau bebek yang diisi bumbu tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu pelepah pisan, dan ditanam dalam lubang di tanah, ditutup dengan bara api selama 6-7 jam hingga matang. Namun di restoran-restoran modern sekarang, cara memasaknya pun sudah dimodifikasi.

Arti Betutu sendiri sebenarnya adalah daging ayam atau bebek yang masih utuh, namun sudah diambil tulang-tulangnya, diisi bumbu dan dimasak. Cara memasaknya pun dapat beragam, baik dipanggang, diungkep, ataupun direbus bersama bumbu-bumbu, seperti cabai, kemiri, bawang, serai, lengkuas, pala, kunyit, daun jeruk, jahe, kencur, ketumbar, gula, garam dan bumbu lainnya.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Dengan campuran bumbu tersebut, tidak heran rasa ayam betutu Gilimanuk itu sendiri menjadi sangat pedas dan pekat. Bayangkan ketika Anda makan dengan tangan, memesan es teh dengan ayam betutu pedas dan nasi hangat. Sungguh kombinasi yang luar biasa, yang pastinya dapat membuat Anda cukup berkeringat. Bila Anda tidak tahan terhadap pedas, sebaiknya jangan mencoba makanan yang satu ini karena dapat membuat perut Anda panas bila tidak terbiasa dengan cabai.

Satu set ayam betutu khas gilimanuk, nasi, sayur, dan sambal

Satu set ayam betutu khas gilimanuk, nasi, sayur, dan sambal

Tidak hanya di Gilimanuk, namun ayam betutu khas Gilimanuk ini juga sekarang banyak tersedia di daerah lain di Bali, seperti Gianyar, Tabanan, Denpasar, Kuta, dan lainnya. Ketika Anda berkunjung ke Bali, pastikan ayam betutu khas Gilimanuk ini masuk ke dalam list yang harus Anda coba.

Menu Bu Lina

Menu Bu Lina

Jam Buka: 06.30-21.00 (atau ketika sudah habis)
Harga:
1 ekor ayam betutu Rp.80.000,-
1 porsi paket (1 potong ayam dan 1 nasi) Rp.24.000,-
1 nasi putih Rp.3.000,-
1 es teh Rp.3.000,-
Alamat: Jl. Mutiara Gilimanuk
Telp: +62 365 61006

Cari hotel murah di Bali lewat Agoda! Best price guarantee!

Diana adalah guest writer untuk Pergi Dulu. You can follow her on twitter @dianztravy and her blog dianzt.wordpress.com

Leave a Reply