Beruang Madu di Luang Prabang: Proyek Konservasi di dekat Kuang Si

IMG_1680

Kalau mengunjungi Kuang Si Waterfall di Luang Prabang ternyata bukan hanya disuguhi pemandangan air terjun di atas bebatuan yang berundak-undak, namun ternyata ada tempat perlindungan beruang madu di Luang Prabang. Dari tempat pembayaran tiket Kuang Si waterfall (20.000 kip), ambillah jalur trekking, bukan jalur aspal yang menuju ke atas. Di sepanjang jalur trekking ada himbauan yang berbunyi ‘Do Not Feed the Bears’. Tak lama kemudian mulai terlihat pagar kawat yang mengelilingi suatu area dimana ada beberapa panggung kecil. Di atas panggung-panggung kecil tersebutlah terlihat beberapa sosok hitam besar.

Beruang Madu di dekat Kuang Si Waterfall

Beruang Madu di dekat Kuang Si Waterfall

Organisasi sponsor perlindungan beruang madu di Luang Prabang

Beberapa beruang berwarna hitam sedang bersantai di atas panggung bambu, sementara beberapa lagi sedang berjalan bolak-balik karena sudah mencium bau makanan. Saat itu ada beberapa turis yang berada di dalam area pagar kawat khusus dan meletakkan makanan berupa buah-buahan di beberapa titik. Rupanya sebentar lagi ada ‘Feeding Time’ dimana pengunjung bisa melihat beruang-beruang tersebut menyantap makanan yang sudah disediakan.Tempat perlindungan beruang madu di Luang Prabang ini disponsori oleh organisasi bernama www.freethebears.org.au. Mereka berusaha menggalang dana untuk usaha perlindungan hewan ini. Selain dengan melibatkan pengunjung untuk berpartisipasi menyiapkan makanan bagi beruang, mereka juga menjual merchandise dan menerima donasi langsung.
Beruang sedang bersantai di atas panggung

Beruang sedang bersantai di atas panggung

Special deal!
Kalau mau travel ke Laos, kami rekomendasikan Lonely Planet Laos. Buku ini harganya kira-kira Rp.300,000 di Indonesia, tapi kami punya special deals dengan the Book Depositorylebih murah dan ongkos kirim gratis!
Cek Harga
Sempat berbincang langsung dengan salah satu aktivis di organisasi ini, kita menanyakan nasib para beruang ini, apakah akan dilepaskan ke alam liar lagi atau dipelihara seperti itu saja. Aktivis itu menjelaskan bahwa mereka sudah pernah mencoba melepaskan beruang ke alam liar, namun beberapa minggu kemudian mereka menemukan bahwa beruang tersebut tidak dapat bertahan hidup karena sudah sejak lahir dirawat di tempat konservasi itu. Jadi untuk sementara, rencana mereka adalah menggalang dana untuk mendapatkan lahan yang lebih luas lagi untuk dijadikan tempat konservasi bagi beruang-beruang ini.
Beruang Madu di Luang Prabang

Beruang Madu di Luang Prabang

Mengapa beruang-beruang tersebut perlu dilindungi?

Mereka terancam oleh banyak pemburu yang mengincar beruang. Konon katanya, di Cina, beruang ini dipercaya merupakan salah satu bahan obat. Oleh karena itu beruang yang ditangkap oleh para pemburu banyak dijual ke Cina. Di Laos sendiri pernah terlihat ada satu toples besar isi whiskey lokal yang di dalamnya dimasukkan sepasang kaki beruang. Sungguh tragis nasib para beruang ini. Mudah-mudahan organisasi seperti Free The Bears bisa benar-benar membantu upaya perlindungan hewan mamalia yang satu ini.
Jenis-jenis Beruang

Jenis-jenis Beruang

Oh ya, kalau mau cari penginapan yang murah di Luang Prabang, bisa cek harga dulu di sini supaya dapat harga terbaik.

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply