Masuk ke Laos dari Thailand: Bangkok ke Vientiane

Kalau sedang berada di Thailand dan ingin mencoba masuk ke Laos dari Thailand melalui jalan darat, mungkin bisa mencoba jalur Northeast Thailand, yaitu melalui Nong Khai, kota kecil di pinggir sungai Mekong. Mungkin agak banyak tahapannya, namun jika memang waktunya memungkinkan, bisa dicoba perjalanan darat ini sehingga tidak perlu naik pesawat dari Bangkok ke Vientiane.

Nong Khai Sculpture Park

Nong Khai Sculpture Park

Tahapan masuk ke Laos dari Thailand: Bangkok – Nong Khai

Alternatif jalur dari Bangkok menuju Nong Khai:

  • Direct bus dengan lama perjalanan 9 jam. Bis berangkat dari stasiun Mo Chit di Bangkok.
  • Jika tidak dapat tiket bis yang langsung, bisa ambil jalur ke Udon Thani, kota besar di dekat Nong Khai. Berangkat dari Mo Chit dengan lama perjalanan 8 jam. Dari Udon Thani naik bis yang berangkat setiap jam dengan waktu tempuh 1 jam menuju Nong Khai.
  • Jika lebih suka naik kereta malam supaya bisa menghemat waktu perjalanan, ada overnight express sleeper dari Bangkok ke Udon Thani dengan waktu 9 jam (biasanya lebih lama), kemudian dilanjut dengan bis ke Nong Khai.
  • Dari Udon Thani, ada bis yang langsung mengantar ke Vientiane (80 baht).

Tahapan masuk ke Laos dari Thailand: Nong Khai РFriendship Bridge

Special deal!
Kalau mau travel ke Laos, kami rekomendasikan Lonely Planet Laos. Buku ini harganya kira-kira Rp.300,000 di Indonesia, tapi kami punya special deals dengan the Book Depositorylebih murah dan ongkos kirim gratis!
Cek Harga

Dari stasiun bis di Nong Khai, cara yang paling praktis adalah naik bis Nong Khai – Vientiane seharga 55 baht yang akan mengantar sampai ke stasiun bis Vientiane. Namun perlu diingat bahwa bis ini agak tidak sabar di border, jadi harus bergegas. Jika kebetulan traveling dengan warga negara asing yang memerlukan Visa on Arrival, mungkin agak riskan karena kalau proses aplikasi terlalu lama ada kemungkinan bis tidak mau menunggu. Baca cerita waktu saya ditinggal oleh bis ini di sini.

Jika tidak bisa naik bis langsung, bisa ambil langkah-langkah eceran sebagai berikut:

  • Naik tuktuk menuju Friendship Bridge bagian Thailand seharga 40 baht per orang.
  • Antri untuk cap keluar di paspor
  • Naik shuttle bis yang akan jalan setiap kali bis sudah penuh. Harga tiket 20 baht per orang. Tidak perlu menunggu lama untuk penuh karena banyak orang bolak-balik masuk ke Laos dari Thailand dan sebaliknya. Bis akan menyeberangi jembatan dan berhenti di imigrasi Laos.
  • Turun dari bis, langsung ambil formulir untuk mengisi data arrival kemudian untuk WNI bisa langsung mengantri untuk dapat cap masuk. Sedangkan warna negara asing yang butuh VoA harus menyelesaikan proses aplikasi dengan mengisi formulir, serahkan foto dan bayar fee. Melalui border ini, WNI dapat 30 hari free visa.

Tahapan masuk ke Laos dari Thailand: Friendship Bridge РPusat kota

Setelah proses imigrasi selesai, tinggal tawar menawar dengan tuktuk untuk mengantar ke pusat kota Vientiane atau area dimana banyak guesthouse berada. Harga sekitar 20000 kip per orang. Sebenarnya ada bis lokal #14 yang bolak balik Friendship Bridge ke Talat Sao (morning market) di pusat kota, tapi tulisannya dalam bahasa lokal dan ada kemungkinan harus menunggu lama.

Selamat menikmari Laos!

10 thoughts on “Masuk ke Laos dari Thailand: Bangkok ke Vientiane

  1. Mbak….sya ingin tanya….kalo dari luang prabang apa bisa naik slow boat ke chiang kong?krn yg saya liat di google keBanyakan dari chiang mai ke luang prabang yg ada…tdk ada dri luang prabang ke laos….makasih atas jawaban nya…

    • Saya jelaskan dulu situasinya ya biar ga bingung. Luang prabang itu ada di Laos. Sedangkan Chiang Khong dan Chiang Mai ada di bagian Thailand. Slow boat cuma ada di Laos. Jdi, slowboat cuma mengantar dari Luang Prabang sampai Huay Xay (kota border di sisi Laos). Nah di seberang sungai Mekong di Huay Xay itu udah Chiang Khong. Ga sampe 5 menit nyebrang pake perahu motor kecil, itu tmsk proses imigrasi (jadi ga bisa nyebrang di atas jam 4 sore). Dari chiang khong naik bis lagi ke Chiang Rai atau Chiang Mai. Itu semua bisa dilakukan independen (ngeteng), tp kl ga mau repot ya tinggal ambil paket dari Chiang Mai-Luang Prabang (tiketnya diurus semua, tp tetep aja harus pindah2 moda transportasi juga). Ada pertanyaan lagi? :)

      • makasih mbak susan,,,,oh ya rencana saya dari bandara don muang naik bus A1 ke BTS mochit,,,,terus naik bus langsung ke mochit 2 terminall(ini naik bus apa ya mbak) u beli tiket bus ke nongkhai,,,,,baru setelah itu saya mau ke jj market,,,,,apakah jg ada penitipan tas di mochit 2 terminal?krn saya pikir mlm nya mau naik bus ke nongkhai jd saya ga usah bawa koper di jj market,,,,,,sementara ini aja mbak pertanyaan saya,,,,makasih sebelumnya..

        • Maaf saya ga hafal no bis di thailand & belum pernah titip tas di terminal. Coba browsing2 info terminal mochit siapa tau ada :)

  2. Mbak…

    Kami rencana dari Bangkok – Chiang Mai & Chiang Rai- Vientiane.

    Jalur mana yang bisa dipakai untuk masuk laos.
    saya masih bingung, apa lewat Chiang Kong atau Nong Kai?

    Kira kira dari Chiang Mai/Chiang Rai ke Viantine bagaimana rutenya, moda dan biaya?

    sebelumnya terima kasih

    • Kalo dari Chiang Mai/Chiang Rai sih masuk ke Laosnya lewat Chiang Khong kemudian nyebrang sungai dan masuk Huay Xay (Laos). Tgt berapa lama waktunya. Kalau mau naik slow boat 2 hari dari Huay Xay ke Luang Prabang. Atau kalau tidak mau boat, bisa naik bus (byk agen tur kalau mau langsung ke LP, kalau mau ngeteng naik bis umum rutenya Huay Xay – Luang Namtha – Luang Prabang)

      Dari Luang Prabang naik bis lagi ke Vientiane sekitar 10 jam. Kalau ada waktu bisa mampir dulu ke Vang Vieng, 6-7 jam dari Luang Prabang.

  3. Kalau misalnya kita tidak mau ke Luang Prabang tapi akan langsung ke Vientiane, bagaimana harusnya rute yang digunakan mbak?

    Mohon pencerahannya kalau dari Chiang Mai – Vientiane.

    • Sayang mbak vera….Luang prabang tempat nya enak buat tinggal and blja…naik slow boat aja….kmrn itu saya ikut saran mbak susan…..

    • Sayang mbak vera….Luang prabang tempat nya enak buat tinggal and blja…naik slow boat aja….kmrn itu saya ikut saran mbak susan…..

    • Kalau tidak mau ke Luang Prabang sebaiknya jangan masuk lewat Chiang Khong-Huay Xay karena jalur darat di Laos lebih lambat dari Thailand. Bisa2 habis waktu 2-3 hari cuma buat perjalanan. Jadi cari saja transport dari Chiang Mai ke Nong Khai. Mungkin tidak ada bis direct, tp bisa ngeteng asal tau kota persimpangan ke northeast thailand (nong khai). Kalo dari Nong Khai tinggal nyebrang sungai mekong, langsung deh nyampe Vientiane :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge