Sydney ke Blue Mountains Day Trip: Rekomendasi Itinerary

Three Sisters saat sunset

Buat yang sering ngikutin cuap-cuap saya di twitter @Pergidulu pasti sering banget denger nama Blue Mountains setiap kali kami sedang di Australia. Blue Mountains itu sebenarnya bukan nama satu gunung yang warnanya biru, tapi nama area taman nasional yang luasnya sekitar 11400 km persegi. Kenapa disebut Blue Mountains? Karena di sini hutannya punya banyak pohon gum yang mengeluarkan partikel-partikel yang kalau kena sinar matahari jadi berwarna kebiru-biruan. Blue Mountains ini masih termasuk wilayah New South Wales, jaraknya sekitar 100 km dari pusat kota Sydney. Bisa banget untuk dibuat 1 day trip itinerary dari Sydney.

Alasana kami sering ada di Blue Mountains adalah sederhana, karena rumah bapaknya Adam ada di Blackheath (salah satu suburb di area Blue Mountains). Jadilah selama kami tinggal di sini kami banyak mengeksplor lokasi-lokasi yang menarik di Blue Mountains. Karena Blue Mountains ini luas, sebenarnya paling asyik dijelajahi naik mobil. Tapi bukan tidak mungkin untuk menikmati Blue Mountains dengan transportasi umum secara independen. Dulu tahun 2009 waktu pertama kali saya ke Australia solo traveling juga saya jalan-jalan sendiri ke Blue Mountains dalam satu hari dari Sydney. Berikut ini kami mau coba bagikan rekomendasi itinerary 1 day trip dari Sydney. Mudah-mudahan berguna buat yang lagi berencana mau ke Sydney dalam waktu dekat.Orphan Rock yang sempat jadi ikon Blue Mountains di tahun 1900an

What to Do in Blue Mountains

Seperti yang telah disebutkan tadi, Blue Mountains itu luas banget. Tapi ada daerah-daerah yang memang populer banget jadi turis destinasi, di antaranya:

Katoomba

Katoomba ini nama suburb di Blue Mountains yang sangat erat dengan image Blue Mountains. Biasanya turis yang menuju Blue Mountains secara independen dari Sydney akan naik kereta dari city dan turun di stasiun Katoomba. Di depan stasiun sudah langsung jalan utama di Katoomba yang dipenuhi oleh toko-toko dan cafe di kiri kanannya. Jangan berharap glamor, jalanan di Katoomba punya atmosfer jadul banget, tapi justru itu yang bikin menarik. Salah satu cafe favorit kami adalah Yellow Deli Cafe yang menyajikan sandwich paling enak yang pernah kami makan. Bukan cuma makanannya, tapi atmosfer cafenya pun sangat cozy dan hangat. Selain Katoomba, suburb tetangga yang bernama Leura juga sama-sama diserbu turis khususnya saat akhir pekan.Sandwich di Yellow Deli - Katoomba


Three Sisters

Mungkin sudah sering dengar Three Sisters, inilah yang jadi ikon di Blue Mountains. Three Sisters ini sebenarnya merupakan formasi tiga batu raksasa yang berjejer di salah satu lembah di Blue Mountains. Konon ada beberapa versi cerita yang melatarbelakangi Three Sisters ini. Ada yang bilang itu adalah jelmaan 3 perempuan bersaudara yang berubah jadi batu saat perang suku. Benar atau tidak, yang pasti Three Sisters selalu ramai dikunjungi turis. Yang menyenangkan, untuk menikmati Three Sisters sudah disediakan platform yang luas dan bersih dan tidak perlu tiket masuk seperti yang diberlakukan oleh sebagian besar objek-objek wisata di Indonesia. Nama lookout untuk menikmati Three Sisters ini adalah Echo Point. Selain Three Sisters, sebetulnya ada banyak lookout yang bisa dikunjungi. Cari peta dan pilih lookout yang kira-kira bisa dilakukan dalam beberapa jam. Atau download aplikasi gratisnya di sini.Blue Mountains dengan ikon Three Sisters

Scenic World

Karena Blue Mountains ini merupakan taman nasional, maka alamnya pun masih sangat dijaga. Untuk bisa menikmati Blue Mountains secara maksimal sudah disediakan banyak sekali rute trek mulai dari yang pendek dan mudah sampai yang berat dan berhari-hari. Untungnya di Katoomba ada Scenic World yang bisa mengakomodir semua turis yang mau menikmati indahnya pemandangan Blue Mountains. Scenic World menyediakan 4 ‘atraksi’ yang bisa dinikmati oleh semua kalangan baik anak kecil, tua ataupun muda.Gedung Scenic World Katoomba


  • Scenic Railway : kereta penumpang tercuram di dunia, dengan kemiringan rel 52 derajat. Dulunya kereta ini digunakan untuk mengangkut hasil tambang dari dasar lembah ke atas, namun sekarang diubah jadi atraksi turis dan sangat aman karena tertutup (bukan seperti gerbong batu bara). Kursi penumpang bisa diatur lagi kemiringannya sesuai dengan preferensi masing-masing untuk menantang gravitasi.
  • Scenic Skyway : ini jadi favorit kami di Scenic World. Scenic Skyway ini semacam kereta gantung yang rutenya menyeberangi Jamison Valley. Pemandangannya sangat spektakuler, yakni Three Sisters di satu sisi dan sisi lainnya Katoomba Falls yang tingginya 240 meter. Dan serunya lagi, di bagian tengah kereta tersebut ada area yang memiliki glass floor, jadi pengunjung bisa melihat langsung ke dasar lembah yang kira-kira sedalam 270 meter! Scenic Skyway ini merupakan cable car tertinggi di Australia.
  • Scenic Cableway : kalau yang ini merupakan cable car terbesar di Australia. Dengan kapasitas angkut maksimal 84 orang, cable car ini naik turun di Jamison Valley sedalam 545 meter. Dari sini juga bisa melihat Three Sisters dan sisi lembah yang dipenuhi hutan.
  • Scenic Walkway : Malas becek-becekan jalan di hutan? Scenic Walkway ini bikin pengalaman jelajah hutan jadi menyenangkan. Dengan dibangunnya board walk di dasar lembah, menembus hutan tanpa merusak ekosistem, pengunjung bisa merasakan jalan-jalan di rainforest dengan nyaman. Anak kecil bahkan balita yang masih harus dituntun pun bisa ikut menikmati sensasi hutan dengan burung-burung liar yang beterbangan dan pohon-pohon tua yang sudah hidup ratusan tahun di sana. Rutenya pun bisa pilih sendiri, mulai dari yang singkat (10 menit) sampai yang paling panjang sekitar 1 jam. Dengan total boardwalk sepanjang 2.4 km, Scenic Walkway ini adalah elevated boardwalk terpanjang di Australia.

Kereta penumpang Scenic Railway

Scenic Skyway

Boardwalk di Scenic Walkway yang ramah lingkungan

Informasi harga tiket Scenic World (General Admission Ultimate Discovery Pass):

  • Dewasa – 35 AUD
  • Anak-anak (4-13 tahun) – 18 AUD
  • Family (2 dewasa + max 5 anak di bawah 14 tahun) – 88 AUD

Dengan tiket Ultimate Discovery Pass ini pengunjung bisa mencoba keempat atraksi di Scenic World berulang kali tanpa batas selama 1 hari. Tiket hanya berlaku untuk 1 hari namun bisa dibeli jauh-jauh hari dengan batas waktu penggunaan maksimal 90 hari sejak tiket dibeli. Selain itu juga ada beberapa pilihan paket tiket Scenic World dengan transportasi. Pemesanan tiket online bisa melalui halaman ini.Pemandangan spektakuler Katoomba Falls

Cara Menuju Blue Mountains

Ada beberapa alternatif untuk 1-day trip dari Sydney ke Blue Mountains secara independen, di antaranya:

  • Naik kereta api dari Central Station Sydney, ambil yang ke arah Mount Victoria / Lithgow dan turun di Katoomba. Waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Harga tiket kereta api bervariasi tergantung peak/off peak hour dan kartu yang digunakan (Opal / MyTrain). Opal semacam kartu transport yang bisa diisi ulang. Sedangkan MyTrain adalah kartu yang dibeli langsung dari konter tiket, ada yang single use, harian, beberapa hari, dll.
  • Turun di Katoomba, bisa eksplor dengan jalan kaki mulai dari cafe dan toko, Echo Point sampai Scenic World.
  • Kalau tidak mau jalan kaki, ada bis hop on hop off yang tiketnya bisa dibeli di kantor Blue Mountains Explorer Bus di depan stasiun kereta. Harganya 40 AUD (dewasa) / 20 AUD (anak-anak) untuk seharian dan bisa naik turun di titik-titik yang telah ditentukan, plus dikasih buklet berisi peta dan info penting lainnya tentang Blue Mountains. Selain ke Three Sisters dan Scenic World, dengan naik hop-on-hop-off juga bisa mengantarkan kamu ke beberapa titik trekking singkat untuk bisa menikmati sisi lain dari Blue Mountains. Selain itu, ada juga bis Trolley Tours yang menawarkan servis yang sama dengan tarif 25 AUD. Jujur saya ga bisa kasih perbandingan karena saya cuma pernah naik Blue Mountains Explorer Bus dan servisnya sangat bagus. Mungkin ada yang pernah naik bis Trolley Tours?
  • Kalau cuma mau ke Echo Point dan Scenic World, bisa juga naik bis umum (dan menggunakan kartu Opal juga). Naiknya dari depan stasiun di jalanan utama sisi kiri. Naik bis no 686. Pulangnya naik bis yang sama sampai ke Katoomba station.
  • Pulang kembali ke Sydney naik kereta dari stasiun Katoomba ataupun Leura. Pastikan cek jadwalnya supaya tidak ketinggalan kereta dan harus menunggu lama. Turun di Sydney Central Station.

Blue Mountains Explorer Bus

Apakah cuma segitu saja yang ada di Blue Mountains? Oh, kalau ditulis semua mungkin bisa jadi satu buku panduan. Sampai sekarang pun masih banyak spot-spot yang belum dieksplor di Blue Mountains. Tapi setidaknya tulisan ini dibuat sebagai gambaran untuk yang punya waktu terbatas dan mau 1-day trip dari Sydney ke Blue Mountains. Kalau sudah jatuh cinta, mungkin lain kali bisa sewa mobil dan eksplor sendiri Blue Mountains di luar area main stream. Enjoy Blue Mountains! 🙂Glass floor di Scenic Skyway

Scenic Railway dan track kemiringan tajam

Rainforest di Jamison Valley

Join the discussion 2 Comments

  • Tya says:

    Hello! Thanks for sharing, its really helpful! 🙂

    Saya ada rencana ke Sydney mei ini, is it possible kalau saya ke blue mountain dan featherdale dalam satu hari secara independen? Lebih baik yg mana yg lebih dulu? Dan apakah trip ini baby friendly?

    Thanks a lot and keep sharing 😀

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Yes, baby friendly. Lebih baik ke Featherdale dulu sebentar terus lanjut ke Blue Mountains. Bisa independen, paling agak pe-er nyocokin jadwal kereta karena frekuensi kereta ke blue mountains ga terlalu sering (bisa at least 2 jam).

Leave a Reply