Buah Carica: Oleh-oleh yang Khas Dari Dieng

By May 14, 2013Food
penampakan buah carica

Mencoba buah Carica ini menjadi agenda utama saya waktu ada kesempatan berkunjung ke Dieng dan Wonosobo. Kenapa, soalnya yang saya tau buah ini emang cuma ada di dataran tinggi Dieng. Mungkin suhu udara dan tanahnya yang membuat tanaman buah ini hanya bisa tumbuh disini, entahlah.

es carica

es carica

Setibanya di Wonosobo, teman seperjalanan saya nggak sabar untuk makan Carica jadi dia langsung beli di warung terdekat. Saya pun nggak sabar buat nyobain, dan begitu masuk suapan pertama di mulut, saya cuma bisa melotot! Astaga, Carica ini enak bangetttt!!!

Apa itu buah Carica?

Nah, Carica ini adalah buah yang termasuk dalam golongan keluarga pepaya. Bentuk buahnya mirip banget sama pepaya, tapi versi imutnya dan warna kulit buahnya juga kekuningan kalau sudah matang. Baik di Dieng atau Wonosobo buah Carica ini paling banyak kita jumpai dijual sebagai manisan, dan karena penasaran saya pun akhirnya membeli buahnya di pasar. Rasanya? kecut manis gitu… Teksturnya seperti pepaya mengkal dan rasa buahnya mirip nanas. Selama makan saya nggak berhenti mengerutkan wajah ๐Ÿ˜€ Nggak heran mereka menjadikan Carica sebagai manisan. Varian terakhir yang saya makan, Carica ini dijadikan selai! Wah, ini juga enak banget… Sayang si penjual warung membuat selai Carica ini hanya untuk konsumsi di warungnya saja.

penampakan buah carica

penampakan buah carica

Keliatannya buah Carica ini hasilnya melimpah sekali di Dieng. Kamu nggak bakal deh kesulitan menemukan manisan ini selama di sana karena hampir setiap warung menjualnya. Ada yang dalam toples, ada yang dalam cup besar dan ada juga dalam cup kecil. Lucunya, ada berbagi merk dagang untuk manisan Carica ini tapi semuanya rasanya sama (saya mencoba minimal 3 merk, makanya tau). Harganya masih masuk akal, untuk 1 kg buah itu harganya Rp. 10.000,- trus 1 cup kecil harganya Rp. 5.000,- yang toples dan cup besar harganya Rp. 15.000,-.

manisan Carica sudah aman dikulkas

manisan Carica sudah aman dikulkas

Buat saya manisan Carica ini kuahnya terlalu manis, jadi paling enak itu dimasukkan dulu ke dalam kulkas kemudian pas mau makan ditambahkan es batu. Hmm.. segaarrr.ย Manisan Carica ini enak banget dan masih nggak habis pikir kenapa saya baru pernah coba sekarang. Pas sebelum kembali ke Jakarta saya pun langsung beli 4 cup besar untuk stok dirumah.ย Buat siapa aja yang mau main ke Wonosobo atau Dieng jangan lupa ya icip manisan Carica dan bawain juga sebagai oleh-oleh buat kami doooong ๐Ÿ˜€

Join the discussion 11 Comments

Leave a Reply