Car Sharing Experience (Day 13 #EuropeDulu)

By August 23, 2013Europe

Salah satu kesulitan dengan travelling di Eropa adalah transportasi. Biasanya di Asia, kami suka naik bis dari negara ke negara, kota ke kota, kampung ke kampung. Tapi, di Eropa ada lebih banyak alternatif seperti kereta, pesawat low cost, hitchhiking dan yang kami suka banget, car sharing.

Harga transportasi di Eropa tinggi sekali, khususnya kalau suka naik kereta. Salah satu cara untuk menurunkan ongkos transportasi di Eropa adalah booking in advance. Kalau kamu pesan tiket pesawat, kereta ataupun bis 6 bulan sebelum tanggal travel kamu, kamu bisa dapat tiket murah sekali. Tetapi cara ini mengharuskan kamu untuk merencanakan semua trip detail kamu sehingga kamu punya fixed plans.

Sunset dalam suatu perjalanan car sharing

Sunset dalam suatu perjalanan car sharing

Kami planners yang jelek sekali dan kami hanya pesan beberapa rute transportasi untuk Eropa trip kami sebelum keberangkatan. Jadi, kami perlu solusi untuk transportasi waktu di Eropa karena semua pesawat low cost sudah mahal, biasanya kereta mahal banget juga and kami mau coba alternatif dari bis.

Car sharing itu adalah sistem untuk naik mobil pribadi dengan orang kamu belum kenal dari kota ke kota. Misalnya, kami dari Amsterdam Airport mau ke Cologne di Jerman. Tidak ada bus sama sekali, kereta atau transportasi yang lain untuk tanggal travel kami . Jadi, kami cari di website www.blablacar.com untuk car sharing. Ada satu mobil mau dari pinggir pantai di Belanda ke Heidelberg di Jerman selatan. Rute mobil itu lewat Amsterdam Airport DAN Cologne, jadi kami coba request untuk ikut mobil itu. Sesudah kira-kira 12 jam, pemilik mobil itu approve request kami dan kami langsung mengurus tempat untuk menjemput dengan semangat.

Harga trip itu 18 euro – jauh lebih murah daripada kereta dan bis (itu pun kalau masih ada kursi di bis).

Kami juga menggunakan car sharing dari Cologne ke Berlin sekitar 500km. Harga trip itu 26 euro per orang – murah sekali untuk Eropa dan jauh lebih cepat dan murah dari bis. Kalau pakai kereta untuk traveling antara kota itu – mahal sekali – lebih dari 100 euro!

Tentu, bis di Eropa juga murah dan mungkin lebih convenient kalau trip itu pendek sekali di antara dua kota yang cukup besar. Tapi, kalau mau travel di antara dua kota yang tidak ada banyak bus connections atau kamu hanya mau harga yang bagus atau kamu juga tidak bagus dalam travel planning seperti kami, cek www.blablacar.com dulu! Cukup sering ada rute yang cocok dengan rencana kamu. Highly recommended.

Join the discussion 4 Comments

  • Hugo says:

    Halo Kak, mau tanya,

    Kalau pake blablacar.com itu ada requirement soal bagasi ga ya?

    Thanks 😀

  • hilyah abqoriyah says:

    halo mba susan dan ka adam, salam kenal 🙂
    saya tertarik menggunakan blablacar untuk eurotrip saya april nanti, kirakira masalah pembayaran itu bayar ditempat atau sistem booking bayar via cc? dan untuk booking itu sendiri apa bisa 1-2 hari sebelum keberangkatan? terimakasih 🙂

Leave a Reply