Cara Beli SIM Card di Singapore

Cara Beli Sim Card Di Singapore

Ada 3 provider telekomunikasi besar di Singapore, yaitu Singtel, StarHub dan M1. SingTel adalah provider yang paling terkenal, operator cell phone yang paling bagus di Singapore dan harganya pun hampir sama dengan provider yang lainnya. Karena alasan tersebutlah kami selalu beli SIM card merek Singtel.

Meskipun kami sudah mempersempit pilihan SIM card dengan provider yang recommended di Singapore, namun ada banyak sekali pilihan jenis SIM card sehingga kadang cukup membingungkan juga mau pilih yang mana. Untuk mempermudah panduan ini, kami bagi pembahasannya menjadi 2 bagian, yaitu: Tourist SIM card dan SIM card biasa.

Tourist SIM Card di Singapore

SingTel Tourist SIM card sebenarnya hampir sama dengan SIM card lain, bedanya adalah paket yang ditawarkan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung jangka pendek ke Singapore. Pilihan paketnya adalah sebagai berikut:

  • $15 – data 4GB, 500min of local calls, 100 local SMS, 30min international calls — berlaku untuk 5 hari
  • $30 – data 10GB, data free use of social media, unlimited local calls dan SMS, 90min international calls — berlaku untuk 10 hari
  • $50 – pada dasarnya adalah $30 card, tapi kamu dapat 2 buah SIM card dan 20GB data yang bisa digunakan bersama-sama oleh kedua kartu tersebut — berlaku untuk 10 hari.

Kalau kamu di Singapore cuma 5 hari atau bahkan kurang, paket Tourist SIM card seharga $15 tourist merupakan pilihan yang tepat. Sangat recommended!


SIM Card biasa di Singapore

Kalau kamu bakal ada di Singapore lebih lama dari 10 hari, kamu bisa beli Tourist SIM card dan memperpanjang data setiap hari seharga $3 atau membeli SIM card biasa dan mengaktifkan paket data normal dengan masa berlaku 30 hari. SIM card biasa harganya berbeda-beda tergantung isinya. Dan tidak semua toko menjual semua pilihan secara lengkap. Harga SIM card biasa adalah sebagai berikut:

$8, 15, 20, 28, 38 & 50. Sejujurnya value yang dimasukkan ke dalam kartu-kartu ini biasanya tidak terlalu bagus, terutama bagian paket internet yang cuma berlaku untuk 7 hari. Jadi kami rekomendasikan untuk beli SIM card yang paling murah, yaitu yang harganya $8. Setelah beli SIM card ini nanti kami tinggal top up dengan data plan yang cocok dengan kebutuhan kamu:

$10 – 1GB dan hangus dalam 30 hari

$20 – 2GB dan hangus dalam 30 hari

$30 – 5GB dan hangus dalam 30 hari

Ada pilihan data plan lainnya yang tersedia namun untuk jangka waktu yang lebih pendek. Tapi jauh lebih baik beli Tourist SIM card kalau kamu cuma perlu data untuk 10 hari atau kurang.

Kesimpulannya, ada 2 pilihan untuk beli SIM card di Singapore menggunakan provider SingTel:

  • Beli Tourist SIM card kalau kamu tinggal di Singapore 5 – 10 hari.
  • Beli SIM card biasa dan top up dengan paket data jika kamu tinggal lebih dari 10 hari.

Di mana beli SIM Card di Singapore

Tempat yang paling mudah untuk membeli SIM card adalah di Changi Airport di terminal mana saja. Ada konter-konter yang menjual SIM card setelah kamu keluar dari custom dan melihat money changer. Cari saja di area sekitar sana dan kamu akan menemukan konter yang menjual Tourist SIM card.

Tapi Changi Airport tidak menjual SIM card biasa yang harganya $8. Tempat yang paling mudah untuk menemukan SIM card jenis ini adalah di daerah Little India, di sana ada banyak toko handphone yang menjual SIM card dan juga bisa bantu setting.

Memang ketika mengunjungi negara-negara yang baru, selalu agak repot urusan beli SIM card ini. Semoga dengan informasi ini kamu bisa memutuskan mau beli Tourist SIM card atau SIM card biasa dan kamu juga bisa mencari tempat beli SIM card-nya di mana.

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply