Catmosphere Cafe: Cat Cafe di Chiang Mai

Banyak mainan di Catmosphere

Setelah mampir di Dog Cafe di Seoul, tapi tidak sempat menjambangi Cat Cafe-nya, kali ini saya bersemangat sekali begitu tahu ada Cat Cafe di Chiang Mai. Kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh dari apartemen yang kami tempati, Catmosphere berlokasi di pinggir jalan utama Huay Kaew road, di sebuah area yang terlihat seperti kompleks ruko. Dari depan cafenya terlihat sangat modern, dengan tulisan Catmosphere yang mencolok karena terbuat dari papan yang dihiasi puluhan bola lampu.

Catmosphere - salah satu cat cafe yang wajib dikunjungi di Chiang Mai

Catmosphere – salah satu cat cafe yang wajib dikunjungi di Chiang Mai

Baru saja parkir, seorang pemuda bule (yang kemudian diketahui merupakan pacar cewek Thailand si empunya cafe) membuka pintu geser dan menunjuk pada tumpukan sandal dan washtafel. Rupanya semua pengunjung diwajibkan ganti alas kaki dengan menggunakan sandal kain (seperti model sandal hotel) dan cuci tangan dulu. Begitu masuk di pemuda itu menyodorkan lagi cairan disinfektan untuk cuci tangan lagi. Di ruangan yang tidak terlalu luas itu ada sekitar 8 meja pendek dengan bantal-bantal empuk. Beberapa kucing terlihat ada yang tidur-tiduran ada juga yang sedang main. Di dinding kanan ada deretan rak dengan lubang-lubang untuk tempat para kucing bersembunyi.

Tampak depan Catmosphere Cafe

Tampak depan Catmosphere Cafe

Saat itu cuma ada sepasang pelajar yang sepertinya baru pulang sekolah dan mampir main-main dulu di sana. Banyak mainan kucing yang tersedia di ruangan itu sehingga mudah sekali untuk mengajak kucing bermain. Oh ya, untuk masuk ke sana tidak ada biaya masuk, tapi diharapkan membeli makanan dan minuman dari cafenya. Begitu duduk, kami langsung disodori menu dan selebaran aturan yang harus dipatuhi. Aturan standar sih, jangan membangunkan kucing yang sedang tidur, jangan tarik ekornya, jangan kasih makan kucing dengan makanan cafe, jangan pakai flash kalau mau foto.

Peraturan yang harus dipatuhi di cat cafe

Peraturan yang harus dipatuhi di cat cafe

Makanan yang tersedia berupa cake, di antaranya banoffee pie, chocolate lava cake, dll. Minumannya standar seperti iced thai tea, iced coffee, latte, green tea, dll. Harganya agak lebih mahal dibandingkan harga di gerobak dan sedikit lebih mahal dari beberapa cafe biasa. Cafe latte 85 baht, Iced Thai Tea 80 baht dan banoffee pie 95 baht. Tapi ternyata waktu datang ukuran minumannya besar sekali, bisa untuk menemani selama berjam-jam. Oh ya, tidak ada limit waktu di cat cafe, namun kalau sedang ramai dan ada antrian, pengunjung hanya boleh di sana maksimal 2 jam.

Banoffee Pie di Catmosphere Cafe

Banoffee Pie di Catmosphere Cafe

Di tembok ada poster-poster yang memajang foto-foto kucing yang ada di sana, namun sepertinya tidak lengkap. Di poster ada 12 foto kucing berbagai ras beserta namanya, mulai dari ras bengal, persian, scottish fold, american shorthair, dll. Semuanya lucu-lucu dan menggemaskan, tapi memang tidak semuanya mudah dipegang. Ada satu yang waktu itu menghampiri Adam dan mau dibelai-belai. Tak berapa lama kemudian dia pun ngantuk. Kemudian setengah tertidur dia dipindahkan ke pangkuan saya, dan tidur dengan pulas. Bulunya sangat halus dan tidak ada cakar-cakar tajam di kukunya. Baru kemudian diketahui kalau dia namanya Darth, kucing persia hitam yang ukurannya masih kecil (entah memang masih kecil atau ukurannya cuma segitu) dan tidak tercantum di poster.


My favorite cat- Darth the persian

My favorite cat- Darth the persian

Kucing-kucing lain ada yang suka main ada juga yang suka menyendiri di pojok. Makin lama cafe makin terisi penuh hingga akhirnya 3 cewek bule yang baru datang harus masuk waiting list di luar pintu. Kami pun memutuskan untuk pergi saja karena sudah cukup lama walaupun belum sampai 2 jam sih. Ah, overall pengalaman di cat cafe itu menyenangkan sekali. Selain karena kucing-kucingnya lucu, fasilitasnya  juga bersih dan terawat. Coba deh kalian penyuka kucing kalau ke Chiang Mai mampir ke sini.

Catmosphere Cafe kecil tapi menyenangkan

Catmosphere Cafe kecil tapi menyenangkan

Catmosphere Cat Cafe
233/5 Huay Kaew Road
Chiang Mai, 50200

Foto-foto dan video di Catmosphere Cat Cafe, Chiang Mai (Thailand)

Ace - kucing Bengal yang cakep

Ace – kucing Bengal yang cakep

Scottish fold yang suka tidur terus

Scottish fold yang suka tidur terus

Ming - si american shorthair

Ming – si american shorthair

Melamun seharian

Melamun seharian

Apaan tuh?!

Apaan tuh?!

Join the discussion 8 Comments

Leave a Reply