Chinese Garden & Japanese Garden, Singapore


Bosan dengan keramaian dan hiruk pikuk di pusat kota Singapore? Melipir aja ke daerah pinggiran. Di dekat Jurong East ada Chinese Garden dan Japanese Garden. Keduanya bersebelahan koq, dihubungkan oleh sebuah jembatan besar. Memang tidak banyak atraksi seru di sini, tapi lumayan bisa jalan-jalan santai sambil menikmati hijaunya kedua area kebun tersebut.Suasana Damai Di Japanese Garden Singapore

Ada Apa di Chinese Garden?

Chinese Garden ini konon didesain mengikuti gaya berkebun serta arsitektur pada masa kerajaan China. Ada beberapa area kebun yang berbeda serta bangunan-bangunan yang memang tipikal gaya China seperti yang sering dilihat di film-film silat jaman dulu. Oh…tidak tahu film silat jaman dulu ya? Berarti saya yang ketuaan…oops.Kentalnya Unsur Budaya Di Chinese GardenBeberapa highlight yang ada di Chinese Garden di antaranya:

  • Jembatan putih yang menghubungkan Chinese Garden dengan Japanese Garden: Jembatan ini lumayan besar, megah dan cantik. Tidak heran kalau jembatan ini dinamai Double Beauty Bridge. Waktu di sana kami lihat ada orang-orang lokal yang sengaja melemparkan remah-remah roti karena rupanya danau di bawahnya banyak ikan.

Jalan Jalan Santai Di Chinese Garden

  • 7-storey Pagoda: Dari namanya sudah ketahuan kalau pagoda ini punya 7 lantai. Kami tidak naik ke atas karena malas aja naiknya. Tapi sepertinya di atas bagus pemandangannya karena pagoda ini berlokasi di  sebuah bukit kecil di Chinese Garden ini. Tangga melingkarnya juga cakep difoto baik dari atas maupun dari bawah.

7 Storey Pagoda Di Chinese Garden Singapore

  • Garden of abundance: Di sini selain ada banyak pohon delima juga ada 12 patung yang menggambarkan karakter dari Chinese Horoscope (shio). Silakan cari karakter kamu yang mana. Jangan khawatir karena di bawah patung ada tulisan tahun-tahun kelahiran yang termasuk shio tersebut dan sifat/karakter dari orang dengan shio tersebut. Ayo coba tebak Adam shio-nya apa?

Patung Shio Di Garden Of Abundance

  • Twin Pagodas: Dua pagoda berjejer di pinggir danau. Kalau mau bisa juga masuk dan naik ke lantai atasnya. Kami sangat suka twin pagodas ini karena suasananya sangat mellow di sini. Cocok buat yang lagi galau. Dan yang pasti kalau pas sunset cakep banget warnanya.

Twin Pagodas Chinese Garden Singapore

Ada Apa di Japanese Garden?

Kalau Chinese Garden memang sengaja dibuat untuk terlihat bagus secara  visual, Japanese Garden ini dirancang menjadi tempat yang lebih tenang, memiliki inner peace dan atmosfer yang cocok untuk meditasi. Di sini memang lebih cocok untuk leyeh-leyeh baca buku, piknik atau sekedar foto-foto.


Beberapa highlight yang ada di sini di antaranya jembatan merah melengkung, lentera batu, rumah tradisional dan kolam penuh dengan bunga lotus dan ikan koi. Pokoknya nuansanya dibuat tradisional Jepang sekaligus relaxing.Jembatan Merah Di Japanese Garden

Cara ke Chinese Garden & Japanese Garden

Paling gampang ke sini adalah naik MRT jalur hijau (East West Line) dan turun di stasiun Chinese Garden. Dari depan stasiun sudah langsung ada jalur yang menuju ke gerbang Chinese Garden. Nanti pulangnya keluar lewat sana lagi.Japanese Garden SingaporeKami secara pribadi lebih suka Chinese Garden karena lebih banyak warna dan gedung-gedung yang menarik. Namun banyak juga yang suka Japanese Garden karena lebih sepi dan damai. Kalau kamu, lebih suka yang mana?

Chinese Garden / Japanese Garden
1 Chinese Garden Road
MRT terdekat: Chinese Garden (hijau EW25)
Jam buka: Chinese Garden 0600 – 2300, Japanese Garden 0530 – 1900
Tiket masuk: GRATIS

Join the discussion 3 Comments

Leave a Reply