Coffee shop di Chiang Mai yang trendy

Coffee shop di Chiang Mai

Kami cukup kaget dengan perkembangan cafe-cafe di Chiang Mai yang rupanya jauh lebih maju dibandingkan Bandung. Padahal kami pikir sudah cukup keren dengan adanya beberapa coffee shop di Bandung yang mendapat inspirasi dari coffee shop di Melbourne. Di Chiang Mai ini memang tidak semuanya fokus ke specialty coffee. Ada yang sekedar menyajikan coffee sebagai bagian utama dari cafe simple yang bisa dijadikan tempat nongkrong-nongkrong asik. Namun ada juga yang memang sangat fokus di produk coffee-nya. Yang pasti, semua cafe yang sempat kami datangi ini sangat menyenangkan atmosfernya dan banyak yang bisa dipakai untuk nongkrong lama sambil kerja menggunakan laptop. Penasaran dengan daftar coffee shop di Chiang Mai yang kami rekomendasikan? Simak info berikut ini!

1. Ristretto

Alamat: 15/3 Nimmanhemin Rd, Suthep
Ini coffee shop pertama yang kami kunjungi di Chiang Mai. Dari luar sudah terasa hip dan trendy. Interiornya modern dan ada sedikit sentuhan industrial. Papan tulis hitam dipenuhi gambar-gambar dan menu kopi terpasang di sisi atas tembok. Musiknya pop yang lagi trend banget. Menunya serba kopi dan makanannya cuma ada waffle, tapi enak dan banyak. Menurut info, katanya di cafe ini ada barista yang menang Latte Art Competition 2014.  Harga latte 70 baht.

Ristr8tto cafe - Chiang Mai

Ristr8tto cafe – Chiang Mai

2. Dolcetto

Alamat: Nimmanhemin Rd
Cafe kecil ini berlokasi tidak jauh dari Ristretto. Bagian indoornya kecil tapi menyenangkan, sedangkan bagian outdoornya juga enak karena tidak langsung menghadap ke jalan utama Nimman. Di ruangan indoor hanya ada 2 meja. Selain coffee, minuman-minuman non-coffee nya juga ada banyak pilihan yang menyegarkan.

Dolcetto cafe - Chiang Mai

Dolcetto cafe – Chiang Mai

3. 9th Street Cafe

Alamat: 12/4 Nimmanhaemin Soi 9 (Lane 9)
Dari luar cafe ini bergaya modern minimalis, dengan mayoritas warna semen yang dipoles. Beberapa set meja dan kursi dipasang di sekeliling bar dan di bagian belakang ada satu area dengan sofa. Suasananya cukup menyenangkan dan tenang karena lampunya redup. Saat kami ke sana sedang ada promo (yang sepertinya sudah lama berlangsung), semua minuman dihargai 50 baht (harga normal 70-80 baht) kecuali frappe. Saya memesan strawberry yoghurt frappe seharga 85 baht yang ternyata dipesan dari Chuen Juice Bar di seberang jalan. Tapi enak banget koq frappenya.

9th Street Cafe - Chiang Mai

9th Street Cafe – Chiang Mai

4. Impresso

Alamat: 28/1 Soi 11 Nimmanhaemin Road
Pertama kali tahu tentang cafe ini dari Dave (@driftingkiwi) dan Lauren (@nefootsteps) yang ternyata jadi tempat kerja mereka setiap harinya. Di bagian depan ada beberapa meja untuk chit-chat dengan teman, di bagian bar juga disediakan meja panjang dan kursi tinggi. Namun lokasi favorit para pengguna laptop ada di bagian belakang, di mana ada meja panjang untuk sekitar 4-6 orang dengan colokan di depannya dan lampu baca di atasnya. Sejak Dave & Lauren meninggalkan Chiang Mai, kami yang menempati lokasi favorit mereka. Harga latte 65 baht dan ice honey lemon tea 60 baht.


Impresso Cafe - Chiang Mai

Impresso Cafe – Chiang Mai

5. Marble Arch

Alamat: Nimmanhaemin Soi 9
Cafe ini dari luar sudah sangat mengundang karena petunjuk namanya menggunakan simbol tube station seperti di London. Kemudian di depan pintu ada patung tentara Inggris bertopi tinggi dan di pojokan luar ada telepon box berwana merah. Begitu masuk ke dalam memang terasa semua dekorasinya serba London. Barang-barang bertema London dipajang di satu sisi tembok, sedangkan satu sisi panjang lainnya penuh dengan lukisan collage bertema art. Suasananya cukup menyenangkan untuk bekerja dengan laptop dan minumannya pun ada banyak pilihan mulai dari kopi, teh panas sampai berbagai minuman dingin dan smoothies.


Marble Arch - Chiang Mai

Marble Arch – Chiang Mai

6. The Coffee Bar Nimman

Alamat: Nimmanhaemin Soi 7
Sepertinya cafe ini umurnya sudah lebih tua dibandingkan cafe-cafe lainnya, namun masih jadi tempat nongkrong favorit bagi muda-mudi lokal di Chiang Mai. Coffee-nya murah, secangkir latte cuma 35 baht dan Ice Lemon Tea 40 baht. Cakenya lumayan mahal, tapi enak. Harga sekitar 75 baht.  Ada Orange Cake, Double Chocolate Cake, tiramisu dan bolu gulung yang ditempeli gambar-gambar unyu. Suasananya cukup menyenangkan, indoor ber-AC dan ada juga outdoor di halaman depan. Yang indoor ada yang berupa sofa, meja panjang dan meja kotak yang cocok untuk bekerja dengan laptop. Colokan listrik pun bertebaran di tembok.

The Coffee Bar Nimman

The Coffee Bar Nimman

7. The Larder Cafe & Bar

Alamat: 333/9 Sukkasem Rd (Nimmanhaemin Rd)
Cafe ini sebenarnya bukan cuma enak untuk nongkrong-nongkrong ngopi santai, tapi menu makanannya pun enak. Dua kali kami makan brunch di sana dan sangat memuaskan. Harganya agak mahal tapi sebanding sih sama kualitasnya. Favorit saya adalah Breakfast Hotdog yang berupa open sandwich dengan topping avocado, grilled chorizo, aioli, onions, tomat, rocket, sunny side up *bikin ngiler kan?* seharga 175 Baht. Ada juga French Toast with berry compote & whipped cream (165 Baht). Cafe ini tutup 2 hari dalam seminggu  (setiap hari Selasa dan Rabu) dan mereka juga buka cuma dari jam 8.00 pagi sampai jam 3 sore saja. Jadi, harus benar-benar pas kalau mau datang ke sana. Tempatnya pun tidak terlalu besar sehingga cepat penuh. Tapi kalau sempat mampir deh, worth it dicoba.

The Larder Cafe & Bar

The Larder Cafe & Bar

8. Smoothie Blues

Alamat: Nimmanhaemin Soi 6 (Nimman 12)
Sebetulnya pertama kali direfer ke sini oleh Larder karena mereka tutup cukup awal. Katanya masih punya mereka juga. Dari namanya jelas yang jadi andalan adalah smoothies-nya. Banyak sekali jenis smoothie yang bisa dipilih dan memang ukuran gelasnya cukup besar. Minum 1 smoothie setara dengan makan sepiring kayaknya. Selain smoothie tentu saja ada coffee juga meski belum pernah ngopi di sana karena atmosfernya lebih ke cafe. Selain minuman, makanan yang tersedia juga beragam mulai dari sandwich, panini, pancake, burger sampai beberapa menu nasi ala Thai.

Smoothie Blues - Chiang Mai

Smoothie Blues – Chiang Mai

9. Akha Ama Coffee

Alamat: Ratchadamnoen Road
Sepertinya ini satu-satunya coffee shop yang berada di luar area Nimman dan justru malah berada di dalam old city wall. Pertama kali tertarik dengan coffee shop ini adalah saat jalan-jalan di Sunday Night Market. Letaknya di Ratchadamnoen Road tidak jauh dari Wat Phra Singh. Dekorasinya modern minimalis dengan banyak sentuhan kayu, suasananya agak remang-remang. Hanya ada beberapa kursi yang tersedia di dalam, namun di bagian luar juga ada kursi dan meja tinggi yang bisa digunakan untuk ngopi sambil menikmati pemandangan lalu lalang orang di sore hari.

Akha Ama Coffee - Chiang Mai

Akha Ama Coffee – Chiang Mai

Penasaran dengan suasana coffee shop tersebut? Saksikan videonya berikut ini! Ada yang sudah pernah mampir ke coffee shop tersebut? Yuk sharing pengalamannya 🙂

Join the discussion 6 Comments

  • vira says:

    huhu.. belum kesampean juga nih ke chiang mai! waktu itu cuma sempat lewat dari chiang rai.
    senang juga ya kadang ketemu tempat2 familiar pas lagi jalan2 (tempat2 gini kan jamak banget di Jakarta), bisa buat santai sekalian lebih konsen sama kerjaan, sebelum lanjut ngeksplor destinasinya lagi..hihi

    • Susan Natalia Poskitt says:

      haha…ini bisa dapet banyak info kan karena kmrn itu kerjaannya nongkrong di cafe buat kerja sambil ngadem 🙂
      Chiang Mai seru kak….:)

  • Dimas Wibowo says:

    cool! Which one is your favorite, kak?

  • Steve says:

    Saudara sekArang di Chiang Mai? Saya tinggal disini. Say minim Komi di Akha Ama setiap hari. Bisa berjumpa disana besok pagi? Say sudah tinggal disini 12 tahun! Sampai berjumpa lagi!

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Halooo…salam kenal! Wah sayang sekali sekarang kami sudah kembali ke Indonesia. Akhir tahun kemarin kami di Chiang Mai sewa apartemen 1 bulan dan keliling2 cari tempat minum kopi yang enak. Tapi kami suka chiang mai dan ada rencana tinggal di sana lagi. Nanti kami kabari ya kalau sedang di Chiang Mai. Terima kasih sudah mampir di blog ini! 🙂

    • Elan says:

      Hi Steve,
      Anda masih tinggal di Chiang Mai? Saya cukup sering ke Akha Ama. Kalau mau bertemu kabari saya.

      Salam,
      Elan

Leave a Reply