Concentration Camp di Berlin (Day 15 #EuropeDulu)

By August 24, 2013Europe
Concentration Camp di Berlin

Apa yang terlintas di pikiran kamu waktu mendengar tentang negara Jerman? Hal apa yang kita asosiasikan dengan negara Jerman? Black Forest? Sosis? Bir? Atau sejarah Jerman yang termasuk mungkin the most awful atrocity yang pernah terjadi di muka bumi ini?

Grim scenery in Sachsenhausen

Grim scenery in Sachsenhausen

Jika kita berpikir tentang Perang Dunia 1 & 2, keduanya dimulai oleh negara Jerman dan keduanya bertanggungjawab atas kematian sepuluhan juta orang. Salah satu aspek yang parah tentang Perang Dunia 2 adalah penghukuman jutaan orang di concentration camps di mana-mana di Eropa. Concentration camp dimaksudkan untuk memisahkan kalangan orang tertentu dari komunitas Eropa. Orang-orang yang disingkirkan termasuk political dissidents, disabled people, gypsies dan orang Yahudi. Sesudah Perang Dunia 2 selesai, lebih dari 5 juta orang Yahudi dibantai dan korban tidak terhitung jumlahnya karena Nazi tidak suka mereka.

Kerena apa yang terjadi di Jerman adalah bagian besar sejarah dunia dan sesuatu yang kita tidak boleh lupakan, pemerintah Jerman melestarikan beberapa concentration camp yang ada di sana. Concentration camp yang paling mudah dikunjungi adalah Sachsenhausen di pinggir kota Berlin.

Pagar di Sachsenhausen

Pagar di Sachsenhausen

Alasan pertama camp ini dibangun adalah untuk menempatkan orang Yahudi yang ditransportasikan dari negara lain di Eropa. Orang-orang tersebut dipaksa itu bekerja untuk industri yang berhubungan dengan perang. Contohnya, banyak yang bekerja di pabrik pesawat untuk membuat pesawat perang. Sejalan dengan Perang Dunia 2 yang berkembang dan Jerman berhasil menguasai lebih banyak negara, mereka juga membangun lebih banyak penjara. Penjara ini biasanya untuk orang Yahudi atau tentara Rusia. Begitu banyak orang yang ditangkap sehingga Jerman tidak mungkin menampung mereka lagi. Mereka pun mulai menyingkirkan tahanan-tahanan yang bermasalah, orang yang lemah maupun orang-orang yang memberontak. Proses itu mejadi sangat rutin sehingga Jerman memulai membunuh semua tentara Rusia yang datang ke camp Schizenhousen. Untuk periode yang cukup lama, 1000 orang dibunuh setiap minggunya.

Crematorium in Sachsenhausen

Crematorium in Sachsenhausen

Proses yang dipakai untuk membunuh orang dimulai dengan mengunjungi dokter untuk pemeriksaan. Doktor berkatakata, “Lepaskan pakaian Anda dan masuk kamar itu karena kami mau mengukur tinggi badan Anda. Berdiri dengan punggung menghadap tembokl”. Di belakang orang itu adalah satu slot di dinding. Waktu orang berdiri membelakangi dinding, seorang tentara Jerman akan menembak orang itu di bagian leher. Korban jatuh dan langsung dibawa ke incinerator di mana jenazah itu langsung terbakar.

Karena ada antrian di depan kantor dokter setiap hari dan masuknya bergiliran, tentara Jerman memastikan tahanan lain tidak bisa mendengar tembakan dengan menyalakan musik yang happy dan cheerful. Semua orang masuk dan tidak tahu apa yang terjadi di dalam kamar itu.

Concentration Camp di Berlin

Concentration Camp di Berlin

Kunjungan ke Sachsenhausen concentration camp adalah sesuatu yang semua orang wajib lakukan sewaktu di Berlin. Sejarah disana adalah pengingat bahwa hal-hal buruk bisa terjadi kalau kita memperbolehkan pemerintahan menjadi ekstrim. Itu juga pengingat supaya kejadian seperti itu tidak terulang lagi.

Kunjungi Sachsenhausen. It’s a sobering experience, tetapi sebuah pengalaman yang akan membuat kamu lebih world wise.

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply