Diving dan Snorkeling di Pulau Alor

By January 31, 2013Indonesia

Kalau sebelumnya sudah dibahas mengenai Kuliner di Alor dan how to get to Alor, kali ini ada kegiatan lain yang bisa dilakukan. Keindahan alam bawah laut di Taman Laut Selat Pantar, Pulau Alor sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan saking indahnya, ada yang menjulukinya dengan Karibia-nya Indonesia. Wisatawan yang datang lebih banyak dari mancanegara ketimbang dari domestik karena wisata Pulau Alor saat ini sepertinya masih belum terekspos dan kalah pamor dengan Komodo, Derawan dan Raja Ampat, padahal berjuta potensi tersimpan disini. Diving dan snorkeling di pulau Alor adalah kegiatan yang recommended.

Jernihnya perairan selat pantar Alor

Jernihnya perairan selat pantar Alor

Kenapa diving dan snorkeling di Pulau Alor?

Perairan di sekitar Selat Pantar merupakan pertemuan arus dari Laut Sawu dan Laut Banda. Hal ini  mejadikannya memiliki keragaman hayati yang tiada duanya. Beraneka ragam biota laut hidup di Taman Laut Selat Pantar ini. Plankton, soft coral, hard coral, ikan-ikan karang warna warni, nudibranch, penyu, sampai ikan-ikan pelagis menjadi penghuni perairan Pulau Alor.

Kearifan lokal masyarakat juga turut berperan besar dalam kelestarian alam bawah laut. Masyarakat sekitar Pulau Alor, Pura, Kepa, Pantar, Dulolong, Ternate menangkap ikan hanya dengan menggunakan bubu/jebakan ikan dari anyaman bambu yang dipasang diantara karang di dasar laut. Mereka juga menangkap ikan dengan menombak. Tidak dengan pukat maupun racun sianida yang merusak lingkungan. Jadi, sampai sekarang masih alami dan terjaga ekosistemnya.

Ada dua cara untuk menikmati mahakarya ciptaan Tuhan di dunia bawah laut Pulau Alor, yaitu dengan diving dan snorkeling di pulau Alor. Bagi yang belum memiliki diving license, snorkeling adalah solusinya. Tapi jangan khawatir, karena dengan bersnorkeling pun kita sudah dapat menikmati surga bawah laut Alor, meski sebatas dari permukaan air. Kejernihan airnya membuat kita bisa memandang jauh ke dasar laut dalam. Bahkan hanya di bibir pantai saja, coral warna-warni sudah terlihat memanjakan mata. Ikan-ikan karang nan cantik seperti Moorish Idol, Parrot Fish, Lion Fish, Nemo, Regal Tang berenang lincah kesana kemari diantara terumbu karang tentu akan langsung membius kita, melupakan rutinitas pekerjaan sehari-hari.


Diving di Alor

Diving di Alor

Diving Spot di Pulau Alor

Nah, bagi yang memiliki diving license tentu dapat menikmati keindahan Taman Laut Selat Pantar dengan lebih maksimal. Terdapat lebih dari 40 titik penyelaman yang ada di sekitar Alor dan lokasinya berdekatan. Namun yang paling terkenal adalah 18 diving spot yang lebih familiar disebut Baruna’s Dive Sites at Alor. Beberapa nama dive spot di sekitar perairan Selat Pantar antara lain Coconut Groove, Mike’s Delight, Schools Out, Paradise Point, dll.

Karakteristik setiap spot berbeda-beda. Ada yang berupa coral wall/tebing karang, ada juga yang berbentuk hamparan karang mirip kebun coral. Arus laut di Alor terkenal kencang, jadi akan lebih menyenangkan apabila diving mengikuti arus, tidak capek.

Waktu terbaik untuk berwisata ke Pulau Alor adalah sekitar bulan Agustus s/d November. Sebelum berangkat, ada baiknya menanyakan kondisi terkini disana. Karena pada bulan-bulan tertentu, arus dingin dari Australia mengalir melalui perairan Alor. Suhu arus bawah laut bisa mencapai 5° celcius, ikan-ikan akan banyak yang “mabuk” dan mengambang karena kedinginan. Masyarakat pun biasanya berkumpul di pinggir pantai dan dermaga untuk mengambil ikan-ikan tersebut. Dan saat-saat seperti itulah Selat Pantar menjadi jalur perlintasan migrasi lumba-lumba, paus, maupun orca. Adalah sebuah berkah yang luar biasa kalau sampai bisa melihat magical moment ini.

 

Coconut Groove - salah satu diving spot di Pulau Alor

Coconut Groove – salah satu diving spot di Pulau Alor

Diving Operator di Pulau Alor

Untuk bisa diving dan snorkeling di Pulau Alor, lebih efektif apabila menggunakan jasa paket diving yang disediakan oleh beberapa operator. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Dive Alor Dive

Dikelola oleh Donovan Whittford, bule gokil dari Aussie. Dia menetap di Kupang, namun melayani diving package rutin setiap bulannya ke Alor. Ikut jalan sama Mas Dono gak akan nyesel, dijamin seru selama kita berlayar di sekitar perairan Selat Pantar. Informasi mengenai reservasi bisa langsung contact via:

Contact         : (+62) 0380 840244  or 08123960107
Rate             : Rp. 1.500.000,- full package (hotel, boat, diving, etc)
Email            : info@divealordive.com
Website        : http://www.divealordive.com/

  1. La Petite Kepa

Sebuah eco resort di Pulau Kepa, pulau kecil di sebelah barat Pulau Alor. Dikelola oleh Cedric & Ana, warga negara Perancis yang sudah lama menetap disana. Menginap disini bisa sekalian mengambil diving package di sekitar pulau Kepa.

Contact         : +62 81 339 102 403 (sms only)
Room Rate   : Rp. 200.000,- s/d Rp. 500.000,- per night
Email            : la_petite_kepa@hotmail.com
Link              : http://www.la-petite-kepa.com/

Sekarang tidak ragu lagi untuk mencoba menikmati keindahan bawah laut di pulau Alor kan? Jika butuh informasi lain mengenai akomodasi di pulau Alor bisa cari hotel murah lewat Agoda. Best price guarantee!

Fahmi is a guest writer for Pergi Dulu. You can follow him on twitter @fahmianhar and read his blog at http://fahmianhar.wordpress.com/

Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply