Diving di Bali

By March 12, 2013Indonesia
Open Water Diver Course

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Bali, dari menjelajah pantai-pantai di Bali, berwisata ke berbagai sudut Pulau Bali, mencoba makanan khas Bali, hingga berburu oleh-oleh khas Bali untuk dibawa pulang bagi keluarga atau teman tercinta. Selain itu, tentu saja masih banyak yang dapat dilakukan di Bali, salah satunya adalah diving di Bali, karena Bali merupakan salah satu spot diving terbaik di dunia.

Diving untuk Pemula

Snorkeling in Menjangan

Snorkeling in Menjangan

Bila Anda belum memiliki sertifikasi diving, jangan khawatir. Anda dapat tetap menikmati bawah laut Pulau Bali dengan kegiatan snorkeling atau mengambil program Discover Scuba Diving. Program ini memang diperuntukkan bagi yang belum memiliki pengetahuan dasar, pengalaman atau sertifikasi diving.

Di dalam program ini, Anda akan diberikan bekal briefing oleh instruktur diving, diperkenalkan dengan alat scuba dan masing-masing fungsinya, lalu mencoba untuk bernafas di bawah air dan mulai menjelajah dunia bawah laut di bawah pengawasan langsung instruktur.

Bila Anda mengambil program ini ketika diving di Bali, biasanya Anda akan dibawa ke Tulamben, salah satu diving spot terkenal di mana ada kapal USAT Liberty yang karam sekitar 10 meter dari pantai. Selain akses yang mudah, spot ini juga indah sehingga sesuai bagi diver pemula hingga professional.

Selain USAT Liberty Ship Wreck, di Tulamben juga terdapat beberapa spot diving lain, yaitu Coral Garden dan Drop-Off Wall, di mana Anda dapat melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni, dari yang besar hingga yang kecil.

Discover Scuba Diving

Discover Scuba Diving

Kursus Diving

Setelah atau bahkan sebelum Anda mencoba diving di Bali, Anda pun dapat memilih Bali sebagai tempat untuk mengambil kursus diving. Waktu yang dibutuhkan untuk tingkat pertama, yaitu Open Water Diver Course, sekitar 3 hingga 4 hari. Dalam kursus diving Open Water ini, Anda akan mendapat sesi kursus di kelas berupa teori, di kolam untuk latihan praktek, dan di laut untuk latihan dan ujian praktek.


Open Water Diver Course

Open Water Diver Course

Sama seperti Discover Scuba Diving, tempat yang biasanya nyaman dan aman untuk siswa Open Water adalah Tulamben. Namun bila Anda ingin mencoba diving spot lain ketika diving di Bali, Anda dapat juga mencoba diving di Amed, atau Padang Bai, di mana kondisi divingnya juga relatif aman.

Setelah Anda mendapat sertifikasi Open Water, Anda dapat diving di mana saja dalam batas yang telah ditetapkan sesuai dengan sertifikasi yang Anda dapat, yaitu 18 meter. Bila Anda ingin melanjutkan, setelah Open Water, Anda dapat mengambil Advanced di mana Anda dapat diving maksimal di kedalaman 30-40 meter.

Diving di Bali

Bila Anda sudah mendapatkan sertifikasi, Anda dapat mencoba beberapa spot diving di Bali, di mana terdapat berbagai jenis spot, dari yang sedikit arus hingga berarus kuat, dari kapal karam hingga dinding terumbu karang yang dalamnya hingga 100 meter, dari ikan kecil hingga sangat besar, dari yang dapat dicapai 1 jam hingga 3.5 jam. Beberapa spot yang dapat Anda salami adalah Tulamben, Amed, Padang Bai, Menjangan, Nusa Penida, Seraya, Secret Bay, Kubu, Candidasa, dan lain-lain.

Diving Tulamben

Diving Tulamben

Sekitar bulan Juli – November setiap tahunnya, Anda juga dapat melihat ‘Ocean Fish’ atau Mola-Mola, yang muncul di diving spot Nusa Penida, Bali. Mola-mola yang sebenarnya ikan laut dalam ini dapat mencapai lebar 4 meter untuk yang dewasa, di mana saat bulan-bulan tersebut ia naik ke daerah yang lebih dangkal untuk membersihkan diri. Namun ada baiknya Anda sudah mencapai paling tidak 15-25 kali log menyelam sebelum diving di sini, karena keadaan arus dapat berubah cepat dan menjadi sangat keras.

Diving Operator di Bali

Untuk diving di Bali, Anda dapat menghubungi beberapa diving operator berikut yang menyediakan paket diving, dari kursus hingga untuk diving trip.

Turtur Dive

Diving operator lokal ini berlokasi di daerah Sanur, melayani snorkeling maupun diving trip dan kursus diving, juga menyediakan paket ECO diving dan program adopsi terumbu karang yang ditanam di Tanjung Kotal, Taman Nasional Bali Barat. Kebanyakan tamu mereka datang dari Indonesia sendiri, juga International School di Indonesia, dan negara tetangga Singapura. Untuk informasi dan reservasi dapat menghubungi:

Contact: +62 812 3934 3705
Rate: Rp. 350.000,- hingga Rp. 1.400.000,- untuk day trip. Mulai dari Rp. 1.900.000,- (safari trip 2 hari / 1 malam)
Email: info@turturdive.com
Website: www.turturdive.com

Blue Season Bali

Diving operator yang dimiliki oleh orang Inggris dan Jepang, berlokasi di Sanur dan melayani diving trip maupun kursus hingga level instruktur. Mereka menyediakan berbagai layanan diving di Bali dengan guide berbahasa Jepang, Prancis, Mandarin, dll. Untuk informasi, harga, dan reservasi dapat menghubungi:

Contact: +62 361 270 852
Rate: Rp.500.000,- hingga Rp.2.070.000,- untuk day trip. Mulai dari Rp.3.315.000,- (safari trip Ultimate Trip)
Website: www.baliocean.com
Email: info@baliocean.com

Diana adalah guest writer untuk Pergi Dulu. You can follow her on twitter @dianztravy and her blog dianzt.wordpress.com

Leave a Reply