Empal Gentong Cirebon

By April 13, 2013Food
penampilan empal gentong

“Icip empal gentong ya” Begitu ujar banyak orang waktu tau kalau saya akan main ke Cirebon. Kemudian saya pun browsing dan tanya-tanya, lalu dapet deh rekomendasi untuk nyobain empal gentong ini di sebuah restoran di daerah Plered. Nah, pas sampai di Cirebon rekomendasi tersebut kemudian meluas menjadi ada 2 rumah makan yang harus diicip dan tambahan menu yaitu empal asem. Oya, tampaknya empal gentong ini merupakan makanan khas Cirebon 🙂

RM. Amarta - Cirebon

RM. Amarta – Cirebon

Rumah makan Amarta dan H. Apud jadi bahan percobaan saya dan menu yang dimakan hanya empal gentong dan empal asem. Kedua rumah makan ini lokasinya berada di pinggir jalan besar di daerah Plered (sebelum masuk ke Trusmi) dan letaknya bersebelahan 😀 Masuk kedua rumah makan ini perut langsung berontak, bau masakannya enak ditambah dengan banyaknya orang yang makan di rumah makan tersebut, padahal sudah lewat dari jam makan siang.

Empal Gentong

penampilan empal gentong

penampilan empal gentong

Empal gentong ini merupakan makanan berkuah santan dengan potongan daging sapi. Rasanya gurih dengan sedikit rasa manis, bahkan terlalu manis buat saya sehingga harus dimakan dengan nasi putih supaya nggak eneg. Di kedua rumah makan ini penampilan empal gentongnya sama: semangkuk kuah dengan daging sapi yang ditaburi bawang goreng dan seledri. Empal gentong Amarta buat saya kemanisan sementara yang H. Apud rasanya agak hambar. Jadi keliatannya empal gentong nggak sesuai dengan selera saya.

Empal Asem

empal asem saat di panci

empal asem saat di panci

Nah untuk empal asemnya di rumah makan H. Apud rasanya lebih cocok untuk selera saya. Rasanya seger banget! Sebenernya isinya empal asem dengan empal gentong sama aja, yaitu daging sapi bedanya hanya di kuahnya yang tanpa santan dan tambahan belimbing wuluh sebagai yang seger-segernya. Semangkuk empal asam dengan sepiring nasi putih pas banget dimakan siang-siang 😀

Harga seporsi: Rp. 15.000,-

Kalian yang pernah ke Cirebon ada yang sudah nyobain kedua jenis masakan atau rumah makan diatas? Atau justru ada rekomendasi lain mau dong dikasih tau pendapatnya.

Cari hotel lain di Cirebon? Kami punya special deals untuk hotel-hotel murah di Cirebon!

Join the discussion 5 Comments

  • Alid Abdul says:

    Saya kira empal itu hanya digoreng saja, maklum saya orang jawa jadi klo orang bilang empal ya daging digoreng, ternyata di cirebon banyak olahan empal.

  • pikiran gw ttg empal mungkin sama dengan mas alid abdul, sebagai orang jatim yg nama nya empal yaaa daging di goreng.
    Jadi nyobain empal gentong ala cirebonan ini, kok yaa kurang meresep di lidak ku #pendapat pribadi yaaa. Tapi wajib di lestarikan nich warisan nusantara 🙂

  • Kalau pulang ke Cirebon pasti selalu mampir ke salah satu resto Empal Gentong itu dulu sebelum ke rumah, hahaha. Rasanya baru pas kalau makannya sama sate kambing muda nya jugak, hahahaa.

Leave a Reply