Featherdale Wildlife Park, Sydney – Day Trip

Featherdale Wildlife Park

Ke Australia sepertinya belum lengkap kalau belum bertemu langsung dengan hewan-hewan khas benua ini. Sewaktu road trip backpackneymoon pertama kalinya tahun 2013 dari Sydney ke Uluru dan balik lagi ke Sydney selama 18 hari, saya semangat sekali waktu ketemu hewan-hewan khas Australia di alam liarnya. Namun tidak semua hewan tersebut mudah ditemui di alam liar. Buat yang punya waktu terbatas saat mengunjungi Sydney, jangan lewatkan keseruan bertemu dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan khas Australia di Featherdale Wildlife Park!Pertama kali lihat Pademelon

Dari luar, Featherdale Wildlife Park tidak terlihat luas dan memang dalamnya pun tidak terlalu besar. Namun penataannya membuat banyak sekali binatang yang tinggal di wildlife park tersebut. Begitu masuk, langsung menuju konter tiket untuk mendapat ‘paspor’. Di salah satu lembaran paspor tersebut ada peta lokasi encounter hewan-hewan dan di sisi lain ada halaman untuk mengisi 8 stempel hewan unik khas Australia: Kangguru, koala, emu, tasmanian devil, buaya, echidna, dingo dan platypus. Baik anak-anak maupun orang dewasa semuanya semangat membubuhkan stempel di paspor saat menemukan lokasi stempel. (Psst…kalau ada yang terlewat, jangan khawatir karena di dekat pintu keluar nanti ada meja yang punya stemple lengkap-nya. *bocoran*)Tiket masuk sekaligus peta dan halaman paspor

Yang membuat Wildlife Park ini berbeda dengan kebun binatang (zoo) adalah tingginya interaksi antara pengunjung dengan hewan penghuni taman. Salah satunya adalah karena ada banyak area encounter sengaja didesain tidak 100% dipagari supaya pengunjung bisa menyentuh, memberi makan atau selfie bareng hewan. Paling banyak berkeliaran adalah wallaby gemar sekali makan ice cream cone yang berisi rumput kering. Makanan kangguru/wallaby bisa dibeli di lemari yang ada di banyak titik seharga 1 AUD saja.Selfie bareng wallaby

Hewan-hewan di sana semuanya dalam kondisi baik dan terawat. Bahkan saking terawatnya, ada banyak burung liar yang mampir untuk mengais sisa-sisa makanan di tanah atau berusaha mencuri makanan dari balik pagar. Sebenarnya di sana ada jam-jam khusus untuk feeding time, namun kemarin kami tidak sempat melihat satupun feeding time karena terlalu sibuk eksplor sendiri. Selain itu, di sana juga ada Farm Area di mana pengunjung bisa menyentuh langsung kambing, domba, biri-biri, ayam, kelinci, dan hewan peternakan lainnya. Anak-anak suka sekali area ini!Berbagi makanan dengan burung liar

Seperti disebutkan tadi, meskipun Featherdale Wildlife Park ini kecil namun isinya banyak. Jadi untuk puas mengunjungi tempat ini setidaknya butuh 2-3 jam. Apalagi kalau mau puas selfie bareng hewan-hewan yang bebas berkeliaran karena kadang harus antri atau menunggu tidak ada pengunjung lain. Kalau sudah puas bertemu hewan-hewan tersebut, di arah pintu keluar ada cafe yang menyediakan makanan dan minuman. Dan tentunya souvenir shop siap menggoda dengan produk-produk lucunya!Cafe di Featherdale

FREE Koala Encounter!

Yang lebih seru lagi, di Featherdale Wildlife Park ada area di mana pengunjung bisa foto langsung dengan koala tanpa dikenakan biaya foto tambahan. Kenapa koala tidak bisa dibiarkan berkeliaran bebas tanpa ada staf yang mengawasi seperti para wallaby? Karena menurut staf, koala itu hewan yang ganas dan sangat moody. Bahkan untuk berfoto pun harus sangat hati-hati dan jangan pegang sembarangan. Katanya paling aman pegang pantat dan dari belakang.

Kemarin ini saya tidak sengaja melambaikan tangan untuk mengambil tangkai daun yang sedang disodorkan oleh staf kepada koala. Staf pun langsung panik dan bilang jangan pernah letakkan tangan terlalu dekat ke wajah koala. Berdasarkan pengalaman pribadinya, lehernya pernah sampai berdarah-darah digigit koala. Beberapa hari yang lalu, saya juga sempat lihat video di salah satu lahan pertanian di Australia, di mana sang koala berlari kencang mengejar traktor sampai membuat wanita yang mengendarainya sangat ketakutan.

Anyway, betapapun (katanya) koala itu bukan binatang jinak, tetap saja wajib foto bareng dong kalau ada kesempatan 😉 Dan di Featherdale ini banyak sekali koalanya. Untuk bagian foto, mereka digilir untuk bertugas foto bareng pengunjung. Katanya kalau sudah bosan difoto mereka akan turun sendiri dari batang. Tips: usahakan hindari datang jam 8-9 pagi karena biasanya pagi-pagi Featherdale diserbu rombongan grup besar turis yang mampir 1-2 jam sebelum ke Blue Mountains. Foto gratis bareng koala

Cara Menuju Featherdale Wildlife Park

Featherdale Wildlife Park berlokasi di sebuah suburb kecil di Sydney yang bernama Doonside. Jika menggunakan transportasi publik, cara paling mudah adalah dengan naik kereta dari city dengan jalur North Shore & Western Line dan turun di Blacktown. Dari depan stasiun Blacktown ada bus stand no 9, tunggu dan naiklah bis no 725. Sekitar 10 menit kemudian kamu sudah sampai di gerbang Featherdale Wildlife Park. Sebenarnya di Doonside juga ada stasiun kereta api, tapi jadwal kereta yang berhenti di Doonside tidak sesering kereta yang lewat Blacktown. Kalau berhasil dapat kereta yang berhenti di Doonside, dari stasiun tinggal jalan kaki saja 20 menit sampai ke Featherdale Wildlife Park. Informasi jadwal bis dan kereta bisa dilihat di sini.

Informasi tentang Featherdale Wildlife Park

Harga tiket: 29.50 AUD (dewasa), 16 AUD (anak-anak 3-15 tahun), 83 AUD (keluarga 2 dewasa + 2 anak)
Alamat: 217-229 Kildare Road, Doonside, Sydney NSW 2767
Website: www.featherdale.com.au

Banyak wombat di Featherdale

Echidna di Featherdale

Blue-winged kookaburra yang cantik


Koala Bear di Featherdale

 

QUIZ TIME!

Kami punya sebuah gantungan kunci Genuine Kangaroo Fur yang dihiasi bulu asli kangguru! Cara dapetinnya gampang banget koq:

  1. Sudah follow sosmed PergiDulu di Twitter dan Instagram.
  2. Jawab pertanyaan di kolom komentar: Dari 8 binatang khas Australia yang tertera di paspor Featherdale Wildlife Park, kasih komentar tentang binatang yang paling  (……) dong. Misal: paling lucu – crocodile, paling ganas – koala, paling ga kebayang bentuknya – kangguru, paling jinak – tasmanian devil, dll. Boleh lebih dari satu, bahkan 8-8nya juga boleh. Lebih bagus lagi kalau disertai alasannya masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan juga nama akun twitter-nya supaya lebih mudah dihubungi.
  4. Satu pemenangnya dipilih dari 1 jawaban yang paling seru dan  kreatif.
  5. Jawaban kuis terhitung dari komentar mulai tanggal 22 September 2015 sampai dengan 28 September 2015. Pengumuman pemenang 1-2 hari setelah penutupan, di kolom komentar dan di Twitter.
  6. Good luck!

Join the discussion 13 Comments

  • Wahh..Baru tau ada binatang namanya Wallaby. Baru tau juga ternyata koala moodyan ya..kirain ramah dan cute..hehe.

  • I love this place! Sudah pergi dua kali! Satu tips untuk dapatkan tiket murah. Waktu tiba di airport di Sydney, sila ambil booklet “Sydney” yang boleh didapati mudah dan percuma. Di dalam booklet itu ada banyak discount voucher untuk tempat-tempat wisata di Sydney, termasuk 20% diskaun untuk Featherdale.

  • Fritz says:

    @lordfritzz
    BINATANG YANG PALING SUKAA TIDURRR – KOALAAA, Dulu waktu kelas 6SD pernah ke kebun binatang di Australia lupa namanya apa.. Koalanyaa tidor.. hahaha tapi ada juga sih yg terjaga..Liat koala tidur lucu, rasanya pengen nyubit bangunin;)

  • fera says:

    1. Platypus
    Paling bikin penasaran
    2. Koala
    Sy baru tau ternyata hewan manis dan lucu ternyata koala itu hewan yang ganas dan sangat moody. Bahkan untuk berfoto pun harus sangat hati-hati dan jangan pegang sembarangan, padahal gemes banget ya liatnya.
    3. Kangguru
    si lincah nan manis
    4. Emu
    Baru tau ada hewan namanya emu, bikin penasaran
    5. Tasmanian devil
    Hewan paling gemes
    6. Buaya
    Hewan paling liar dan ganas
    7. echidna
    Hewan paling cantik
    8. Dingo
    Hewan paling menarik

    Twitter : @ordinaryfera

  • Goragori says:

    Binatang yg paling gak disangka-Koala, ternyata ganas toh, dikira bentuk yg paling unyuk itu binatang jinak. Jangan-jangan tasmanian devil yg kalau di film-film kartun perannya antagonis, aslinya jinak Mbak??

    Twitter @gorrrii

  • Paling gak-habis-pikir-akunya: koala. Selama ini saya belum pernah melihat koala secara langsung. Saya hanya lihat boneka hasil oleh2 dari saudara yang berlibur di australia dan di film2 kartun yang pernah saya tonton. Dari semua pandangan saya tentang koala, saya mengira koala itu binatang lucu menggemaskan. Tapi setelah baca artikelnya, saya jadi berubah pandang. Ternyata koala ini ganas toh tidak seperti yang saya bayangkan selama ini. Dan rupa fisiknya pun tidak seunyu yang di gambarkan di kartun ataupun boneka. Hehehe
    Kanguru : hewan paling lincah. Kanguru berbeda dengan hewan lain. Dia memiliki kelebihan yakni mempunyai kantong untuk melindungi baby kanguru. Gemes sama hewan satu ini!
    Tasmania devil : ah saya cuma lihat dari fotonya saja mba.. menurut saya hewan ini menyeramkan. Ini termasuk hewan liar kan mba?

    Twitter : @amiy_riaa

  • MaliaFredP says:

    kangguru –> paling enak kalo diajak traveling gak perlu backpack
    koala —> paling imut tapi moody
    emu –> paling bisa bikin ketawa apalagi kalo dipakai balapan
    tasmanian devil –> Paling suka berjemur smp item
    buaya –> paling sering kikir giginya soalnya tajam gitu
    echidna –> koleksi paku dan kawat berduri
    dingo –> paling gak jelas mau ikut serigala atau anjing
    platypus –> paling suka kiss tuh panjang banget paruhnya

    twitter : MaliaFredP

  • Sandy says:

    Haloo..
    Hmm, hewan yang paling titik titik ya. Mungkin..
    Paling Gak Jelas; Platypus, mulutnya aneh, tapi keren juga sih ada yang seperti ini. Emang gunanya apa ya punya mulut segede itu? (Kan kalo cipokan susah *ehh)
    Mulutnya mirip-mirip paruh bebek (mungkin mereka sepupu jauh) dibilang unggas ya bukan unggas. (Berarti mereka cuman kenal di sosmed, bukan sepupu)
    Platypus juga hewan paling anteng; coba deh bully, bilang jelek, mulut gede, atau bilang jomblo. Mukanya pasti anteng-anteng aja, ga ada ekspresi..ya kan. Haha :))
    Saya belum pernah melihat platypus secara langsung, cuman liat kartun sama di channel NatGeo doang. Hihi.
    Salam..

    Twitter; @sandyituBT

  • Kurniawan Yusuf says:

    @NiawanY Koala, karena hewan ini lucu banget, kalau lihat di foto2, apalagi kalau bisa lihat langsung kayak gimana ya koalanya, pasti tambah lucu banget 🙂

  • Yusril Gunawan says:

    Kangguru, paling menarik perhatian saya. Penasaran pengen ngelihat hewan berkantung ini loncat-loncat di depan mata kepala saya sendiri 😀
    Koala, paling imut tapi agak nyeremin juga ternyata. Baru baca langsung ngebayangin ketika nanti mau foto bareng koala trus tiba-tiba leher aku digigit sampe berdarah 😀
    Emu, Emu itu burung asli Australia yang paling besar. Sayangnya Emu ini nggak bisa terbang sama seperti burung unta.
    Tasmanian devil, paling seram namanya. Kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia jadinya Setan Tasmania. Binatang ini dicirikan oleh warna bulunya yang hitam, baunya yang kuat bila sedang ketakutan, suaranya yang sangat keras dan mengganggu, dan sifatnya yang berbahaya bila sedang mengasuh anak-anaknya. Lumayan ngeri juga nih.
    Buaya, diantara 8 binatang ini yang paling familiar namanya di Indonesia yaitu buaya. Para cewek biasanya benci sama yang namanya buaya, buaya darat maksudnya 😀
    Echidna, paling lihai dalam masalah menggali dan paling sakit kalo ditendang. Ingat jangan pernah jadikan hewan ini sebagai bola 😀
    Dingo, paling liar nih binatang. Perpaduan antara serigala dan anjing.
    Platypus, paling aneh dan unik nih binatang. Perpaduan antara bebek dan berang-berang, memilik moncong dan kaki berselaput, juga bisa bertelur dan melahirkan 😀

    Twitter: @UseReal48

  • Susan Natalia Poskitt says:

    Halo….terima kasih semua buat yang sudah ikutan kuis oleh2nya.
    Pemenangnya kali ini adalah @sandyituBT. Lucu banget sih komennya :))
    Kepada Sandy, ditunggu nama, alamat lengkap dan no tlp via email susan@pergidulu.com untuk pengiriman oleh2nya.
    Kepada yang belum beruntung, jangan kecewa dulu karena masih ada kuis2 yang akan berlangsung, berikutnya bisa jadi di Instagram @pergidulu atau di Twitter @pergidulu. So…pastiin udah follow semua channel PergiDulu ya 🙂

  • izzati says:

    Hi! i’m Izzati from Malaysia. Found your blog while google.
    Love your blog, It was easy to understand even though we have different language. 🙂

    I am going there this mid – January, I was wondering if there are still My Multi 3 card to travel by public transport ? I heard they stop that but I am not hundred percent sure.
    Or did you used Opal card?

    Thanks!

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Hi Izzati. Now you have to use Opal card for all kinds of transportation in NSW. It’s very easy to use anyway. Just buy from news agency and you can easily top up there or at the machines in lots of stations. Have fun!

Leave a Reply