Festival Bunga Matahari di Mae Hong Son, Thailand

By September 9, 2015Thailand
Cantiknya pemandangan saat Festival Bunga Matahari di Mae Hong Son

Waktu sebulan di Thailand tahun lalu, selain mampir ke Chiang Mai Night Market dan menjambangi beberapa coffee shop trendy di Chiang Mai, kami sempat road trip kecil-kecilan naik motor sewaan dengan rute Chiang Mai – Mae Hong Son – Pai – Chiang Mai. Kebetulan banget bulan November pas banget dengan Festival Bunga Matahari di Mae Hong Son. Makanya kami semangat sekali untuk mengejar ke lokasi tersebut. Lokasi tepatnya sebenarnya  bukan di kota Mae Hong Son, melainkan di distrik Doi Mae U-kho yang masih termasuk propinsi Mae Hong Son.

Teman Road Trip di Thailand Utara


Dalam bahasa Thailand disebut Bua Tong (Golden Lotus), bunga matahari ini bukan bunga matahari besar yang bijinya bisa dikeringkan dan dijadikan kuaci. Waktu kami posting foto-fotonya di Instagram ada yang protes kalau itu bukan bunga matahari. Memang bukan bunga matahari yang ‘itu’, tapi masih satu family koq. Jenisnya kataya wild sunflower, termasuk Mexican Sunflowers dengan nama Latin Tithonia Diversifolia. Bunga matahari raksasa pernah kami lihat di Spanyol waktu jalan kaki CaminoDulu. Kalau yang di Thailand ini memang ukurannya lebih kecil.

Wild sunflower di Mae Hong Son

Lokasi Festival Bunga Matahari ini sebenarnya luas sekali, berpuluh-puluh kilometer sepanjang jalan dihiasi bunga matahari yang berwarna kuning. Namun di Doi Mae U-kho ada satu titik yang sengaja dibuat jadi viewpoint untuk menikmati pemandangan cantik tersebut. Tidak perlu bayar, parkirnya pun gratis. Dari hasil pengamatan, mayoritas turis yang datang adalah turis lokal dan sebagian besar lainnya adalah turis Asia. Ada beberapa turis Barat namun tidak terlalu banyak.

Tangga untuk menjelajahi kebun bunga matahari

Pemandangan dari view point di Doi Mae U-kho

View point di Doi Mae U-kho

Cara Menuju Lokasi Festival Bunga Matahari di Mae Hong Son

  • Jika datang dari Chiang Mai, ambil rute Highway 108 melewati Mae Sariang. Dari sana belok ke utara ke arah Mae Hong Son. Belokan menuju Doi Mae U-Kho ada sebelum desa Khun Yuam. Dari Chiang Mai ke Khun Yuam memakan waktu kurang lebih 5-6 jam naik motor/mobil.
  • Jika datang dari Mae Hong Son, ambil Highway 108 arah selatan menuju Khun Yuam (kurang lebih 2 jam).
  • Jangan khawatir, pokoknya kalau sudah sampai Khun Yuam, ada banyak poster & petunjuk jalan menuju lokasi bunga matahari. Tidak akan terlewat.Jalanan di Thailand Utara sangat mulus

    Sunset saat menuju Khun Yuam

    Jalanan menuju Doi Mae U-kho dipenuhi bunga matahari di pinggirnya

Alternatif penginapan untuk menikmati Festival Bunga Matahari

  • Kalau sudah di Mae Hong Son (kota), paling enak ya menginap di Mae Hong Son dan ambil day trip saja ke Khun Yuam. Paling habis setengah hari.
  • Kalau datang dari Chiang Mai dan mau menginap, ada 2 alternatif penginapan. Kemarin ini kami menginap di Khun Yuam. Lupa namanya, tapi hanya ada 1 penginapan di desa tsb. Harganya 600 THB (ditawar dari 800 THB) untuk 2 orang dan sudah termasuk sarapan. Selain itu di dekat lokasi bunga matahari sebenarnya ada banyak penginapan berupa rumah-rumah kayu sederhana di pinggir jalan. Ada yang seperti tenda, bahkan sepertinya ada yang camping sendiri di pinggir jalan. Pemandangannya super, pas banget buat lihat sunrise langsung ke arah lembah penuh bunga. Maaf tidak bisa kasih info harga dan nama (kebanyakan tidak ada plang nama) karena tidak sempat mampir dan tanya-tanya. Tapi sepertinya tidak akan kehabisan dan tidak perlu booking. Langsung datang dan tanya-tanya saja begitu sampai di Distrik Doi Mae U-kho. Lokasi penginapan-penginapan tersebut tidak jauh dari view point yang ramai dikunjungi turis, ke atas lagi sedikit.Penginapan satu-satunya di Khun YuamPenginapan di pinggir jalan dekat Doi Mae U-kho

    Pemandangan saat road trip di Thailand Utara

Tips menikmati Festival Bunga Matahari di Mae Hong Son

  • Waktunya sih selalu di bulan November, tapi tidak ada tanggal pastinya. Namanya juga bunga, tidak bisa diprediksi jauh-jauh hari kapan mekarnya. Waktu kami ke sana sebenarnya itu sudah lewat peak time alias sudah mulai layu, tapi masih bagus karena banyak sekali bunganya. Tips dari kami sih coba stalking forum-forum berbahasa Inggris yang suka tanya-tanya tentang tanggal festival ini. Biasanya akan ada orang lokal atau orang Barat yang tinggal di sekitar sana yang bisa kasih info apakah bunga-bunga tersebut sudah mulai mekar atau belum.
  • Sempat baca dari forum juga, katanya kalau bunga matahari di sekitar Doi Suthep di Chiang Mai sudah mulai mekar, artinya di Khun Yuam juga sudah mekar.
  • Biasanya antara mulai mekar sampai layu total waktunya kira-kira 2 minggu.
  • Kalau road trip dari Chiang Mai, pastikan bensin terisi penuh dan cek terus situasi bensinnya. Situasi jalan sangat berbukit-bukit naik turun sehingga bensin cepat habis. Isi selagi ada pom bensin. Pengalaman pribadi: kemarin kami sempat kehabisan bensin di tengah jalan yang jauh sekali dari kota berikutnya. Untungnya ditolong oleh seorang pengendara motor yang akhirnya memberhentikan sebuah pick-up dan bantu menggotong motor kami ke atas mobil.
  • Sebelum sampai lokasi padang bunga matahari, ada desa kecil dengan area pasar terbuka. Di sana banyak jual sayur, buah dan oleh-oleh. Bisa makan siang di sana dengan nasi ketan dan ayam bakarnya, ditemani pemandangan cantik ke arah lembah. Maknyus!
  • Kalau sudah sampai Doi Mae U-kho, sekalian saja lanjut lihat mampir ke air terjun Mae Surin. Karena berlokasi di taman nasional, ada tiket masuknya (kalau tidak salah 200 THB untuk foreigner).Bua Tong - padang bunga matahariWarung dengan pemandangan cantik di pasar terbuka Doi Mae U-kho

    Air terjun di taman nasional Mae Surin

    Selfie di tengah padang bunga matahari

    Area padang bunga matahari di Mae Hong Son sangat luas

    Mexican sunflower dan langit biru Mae Hong Son

Selamat menikmati cantiknya festival bunga matahari di Thailand Utara!

Join the discussion One Comment

Leave a Reply