Free Muay Thai Show di Bangkok (Thai Kickboxing)

Sewaktu keliling-keliling di Thailand selama 4 bulan tahun 2010 dulu sebenarnya saya seringkali tergoda untuk menonton pertandingan Muay Thai di stadium-stadium lokal. Namun saya agak takut kena scam dengan banyaknya calo yang berteriak-teriak di depan stadium dan selain itu saya dengar harga tiketnya pun cukup malah, di atas 1000 baht. Sampai akhirnya melalui forum Couchsurfing saya dengar ada yang Free Muay Thai show (AKA Thai kickboxing) setiap hari Rabu jam 6 sore di MBK (Mah Boon Krong), salah satu mall ternama di Bangkok. Di hari Rabu terakhir sebelum saya meninggalkan Thailand, saya sengaja menjadwalkan diri untuk ke MBK khusus untuk menonton free Muay Thai show itu. Sayangnya hari itu pertunjukan ditiadakan karena sedang ada demo kaos merah di sekitar daerah itu.

Free Muay Thai Show di Bangkok

Free Muay Thai Show di Bangkok

Akhirnya kesempatan nonton free Muay Thai show baru datang di bulan Maret 2013, saat kunjungan singkat ke Bangkok setelah menghabiskan waktu beberapa bulan di Laos. Setelah memastikan bahwa hari itu ada pertandingan Muay Thai, saya dan Adam pun mengatur jadwal supaya jam 6 sore sudah ada di MBK. Setahu saya dulu lokasi pertandingan ada di dalam gedung MBK lantai 6, namun entah sejak kapan sekarang ternyata lokasi pertandingannya di depan mall, tepat di bawah jembatan yang menghubungkan mall dengan stasiun BTS National Stadium. Bagus juga sih, jadi bisa lebih menarik perhatian pengunjung.

Menjelang jam 6 sore, sudah banyak orang berkerumun di sekitar ring dan pejalan kaki pun banyak yang nongkrong untuk nonton dari atas jembatan. Musik lokal khas Thailand yang biasa mengiringi jalannya pertandingan pun sudah bergema. Di satu sisi ring ada meja panjang untuk juri, di belakangnya ada beberapa baris kursi lipat yang diperuntukkan untuk penonton. Namun karena begitu banyaknya penonton, tentu saja sebagian besar penonton harue berdiri karena tidak kebagian kursi. Beberapa petarung dengan celana pendek khas Muay Thai terlihat sedang melakukan pemanasan.

Tepat jam 6 sore, lampu sorot panggung menyala dan ada host yang membuka acara dengan kata-kata penyambutan dalam bahasa Thailand dan Inggris. Tak lama sesudah itu bel tanda mulai pertandingan pun berbunyi. Pertandingan pertama adalah pertandingan antara petarung laki-laki asal Vietnam dan Thailand. Saya sempat skeptis apakah saya akan menikmati pertarungan itu karena mereka terlihat masih sangat muda dan pertandingan itu terlihat seperti latihan saja. Namun ternyata pertandingannya cukup seru, tidak terlalu brutal namun juga tidak membosankan. Beberapa kali terdengar suara keras saat tendangan ataupun pukulan mengenai sasaran.


Rupanya free Muay Thai show itu bukan sekedar pertunjukan untuk menghibur penonton, namun bagi para petarung itu adalah pertandingan sungguhan yang mewakili klub tempat mereka berlatih dan pemenangnya mendapatkan piagam. Kemungkinan pertandingan berlanjut sampai final dan akan mendapat hadiah uang. Pihak mall sendiri bertindak sebagai sponsor sekaligus menjadikan ajang tersebut penarik supaya lebih banyak lagi pengunjung yang datang ke mall tersebut. Para petarung juga bukan hanya berasal dari Thailand, namun ada yang berasal dari Vietnam, Jepang bahkan Perancis.

Saking serunya, kami bertahan sampai pertandingan yang terakhir, yaitu pertarungan ke-7! Untungnya setelah pertarungan pertama selesai, sebagian penonton yang duduk di kursi di belakang juri bubar. Kelihatannya mereka rombongan turis dari Indonesia yang sudah ditunggu oleh bisnya untuk melanjutkan perjalanan. Jadilah kami serasa penonton VIP, duduk tepat di belakang juri dan mendapatkan pemandangan yang top.

Lama-lama pertandingannya makin seru! Pertandingan kedua adalah antara cewek Jepang dan cewek Thailand yang masih remaja yang berakhir seri. Ada juga pertandingan antara 2 cowok remaja Thailand yang salah satunya KO, tidak bisa bangun lagi untuk melanjutkan pertandingan. Yang seru juga adalah pertandingan ulang (rematch) antara cowok Jepang dengan cowok Thailand. Seru karena petarungnya sangat bersemangat dan banyak serangan (biasanya kalau petarung muda lebih banyak defense sehingga pertarungan kadang terasa lambat dan membosankan karena mereka maju mundur maju mundur terus).

Petarungan cewek juga tidak kalah seru. Ada pertandingan antara cewek Vietnam dengan cewek Thailand. Badan si cewek Vietnam lebih tinggi sehingga pukulannya pun lebih kena sasaran. Serangannya pun lebih agresif. Setiap kali si cewek Thailand menyerang, pasti didorong menjauh sama si cewek Vietnam itu. Sudah tau kan, salah satu taktik kalo lagi digebukin sama lawan, peluk aja lawannya supaya at least mukanya ga kena tonjok. Nah, si cewek Vietnam ini bener-bener ga ngasih celah supaya lawannya bisa pake taktik meluk. Namun si cewek Thailand juga tidak pantang menyerah walaupun terlihat lebih ngos-ngosan.

Yang paling seru adalah pertandingan terakhir antara cowok Perancis dengan cowok Thailand bertato. Cowok Perancis badannya kurus sedangkan cowok Thailand walaupun lebih pendek namun badannya lebih besar & berisi. Setelah dalam waktu kurang lebih 30 detik si cowok Perancis bisa menjatuhkan lawan dengan menyabet kaki si cowok Thailand, dia pun mengetahui kelemahan lawan. Si cowok Thailand masih berdiri dan melanjutkan pertandingan, namun beberapa detik kemudian dia diserang lagi kakinya hingga terjatuh. Dia berdiri lagi, kemudian si cowok Perancis menyabet kaki lagi untuk yang ketiga kalinya. Petarung Thailand akhirnya tidak bisa bangun lagi dan pertandingan pun berakhir hanya dengan total waktu 45 detik setelah bel tanda mulai ronde pertama dibunyikan. Serangan singkat namun mematikan!

Nah, seru kan nonton pertandingan Muay Thai, apalagi kalau gratis! Silahkan catat, setiap hari Rabu jam 6 sore pastikan mampir ke MBK di Bangkok untuk menyaksikan FREE Muay Thai show.

Leave a Reply