Cara Menemukan Hotel Murah di Singapore

By October 26, 2015Singapore
Cara Menemukan Penginapan Murah di Singapore

Singapura adalah sebuah pulau yang penuh dengan makanan enak, aktivitas wisata yang menarik dan tempat belanja (hello, Orchard Road!). Tapi salah satu hal yang seringkali dikhawatirkan di Singapura adalah biaya akomodasi. Kali ini kami akan menunjukkan bagaimana cara mendapatkan akomodasi yang paling murah di Singapura. Sebenarnya yang terpenting bukan masalah mencari penginapan yang paling murah, tapi yang paling memiliki “value for money”.

Pertama-tama, kamu akan memerlukan koneksi internet untuk browsing lokasi-lokasi penginapan ini. Kami biasanya seringkali menggunakan Agoda dan AirBnB. Sebelumnya, kami rekomendasikan kalian untuk sign up ke AirBnB karena kalian akan dapat diskon 25 USD untuk pemakaian pertama kalau kalian daftar melalui PergiDulu. Bukan hanya akan mendapatkan diskon untuk penggunaan pertama, namun AirBnB juga memiliki banyak penawaran bagus untuk kamar privat.

Setelah daftar AirBnB, sekarang saatnya mencari kamar yang punya penawaran terbaik dari kedua situs tersebut, Agoda dan AirBnb. Buka halaman Agoda Singapore dan pilih tanggal check-in serta jumlah orang yang akan menginap. Di layar berikutnya kamu bisa memfilter dan mensortir hotel-hotel yang kamu mau lihat dengan cara klik tombol heading yang ada di atas daftar tersebut. Dalam hal ini, kami klik “Harga” kemudian “Harga (Rendah ke Tinggi)” supaya kita bisa melihat hotel mana yang paling murah di hari kita akan berkunjung ke Singapura.
Agoda sort hargaBerdasarkan pengalaman kami, biasanya backpacker hostel akan muncul di urutan teratas di Agoda. Paling murah harganya karena harus berbagi kamar dengan beberapa orang lain. Kalau kamu tidak mau berbagi kamar dengan banyak orang, harus scroll terus ke bawah. Di tanggal yang kami pilih,  Amrise Hotel adalah yang muncul pertama yang memiliki kamar privat dan harganya sangat murah,  Rp. 386.073 per malam.
Amrise Hotel Singapore HargaTapi hati-hati! Di Agoda, harga ini belum termasuk pajak dan biaya admin. Setelah ditambahkan biaya-biaya tersebut, totalnya jadi Rp. 454.408 — masih tergolong sangat murah untuk harga kamar privat di Singapura.
Amrise Hotel Singapore Final HargaHal berikutnya yang biasa kami pertimbangkan saat mencari hotel di Agoda adalah rating. Biasanya kami memilih hotel-hotel yang memiliki rating 7 ke atas. Rating untuk Amrise Hotel adalah 6.5. Dalam hal ini, kamu yang harus menentukan seberapa pentingnya kualitas kamar bagi kamu. Apakah harga lebih penting, atau kualitas lebih penting? Kalau kamu ingin kamar dengan kualitas yang lebih baik, kamu harus terus mengecek daftar hotel tersebut sampai menemukan hotel dengan rating yang diinginkan, tapi tentu saja kemungkinan besar harganya akan lebih mahal. Hotel termurah yang bisa kami temukan dengan rating di atas 7 pada tanggal yang kami masukkan adalah Drop Inn Singapore. Ratingnya sangat bagus, 7.9 dan harganya Rp. 486.570 (sebelum pajak). Setelah ditambah pajak jadi Rp. 535.227. DAN SUDAH TERMASUK SARAPAN! (Yay!)
Drop Inn Singapore HargaJadi, kalau melihat dari sisi ‘value for money’, tentu saja pemenangnya Drop Inn Singapore. Tapi kalau memang kamu lebiih mencari harga yang paling murah, jawabannya Amrise Hotel (meski cuma sedikit lebih murah).

Sekarang mari kita lihat AirBnB. AirBnB adalah sistem di mana secara perorangan bisa menyewakan tempat tinggalnya, baik dalam bentuk apartemen, rumah ataupun kamar privat. Dari sistem itu si pemilik kamar bisa menghasilkan uang. Karena mereka tidak memerlukan biaya lain-lain seperti yang hotel butuhkan, biasanya harga akomodasi di AirBnB lebih murah dibandingkan hotel. Selain itu, kadang-kadang, kalau kamu ketemu host yang bagus bisa memberikan kamu tips lokal tentang Singapura.

Buka situs AirBnB setelah kamu sign up di sini untuk mendapatkan diskon $20. Masukkan destinasi yang dituju (Singapura) dan tanggal check-in serta jumlah orang yang akan menginap. Klik “Cari”. Di layar berikutnya muncul daftar akomodasi yang bisa difilter. Kami biasanya suka menggeser slider harga ke range budget yang kami miliki. Dalam hal ini, sebagai contoh kami masukkan maksimal harga  Rp. 500.000. Setelah menggeser slider, sekarang kita punya pilihan 39 kamar di Singapura dengan harga di bawah Rp. 500.000. AirBnB Singapore PetaSekarang pertimbangan berikutnya adalah mencari lokasi yang cocok dan memiliki rating yang bagus. Kami biasanya tidak memilih tempat yang belum ada ratingnya atau setidaknya harus sudah di-rate 2 atau 3 kali. Kami juga menyarankan agar kalian teliti dalam memilih karena kadang ada kamar dormitory yang didaftarkan dalam AirBnB. Kalau kalian memang mau cari dorm, lebih baik langsung pakai Agoda saja, tidak perlu lewat AirBnB.


Dari daftar yang tadi, 2 kamar yang menarik perhatian kami salah satunya berupa kamar private yang ada di rumah seeorang (https://www.airbnb.co.id/rooms/6734883) dengan harga Rp. 348.444 per malam (+ Rp. 41.813 admin fee) di bagian barat Singapura. Murah sih, tapi agak jauh dari pusat kota (Orchard Road).
AirBnB Harga FinalDan satu lagi juga kamar privat (https://www.airbnb.co.id/rooms/7782232) dengan harga Rp. 404.195 per malam (+ Rp. 41.813 admin fee). Lokasinya bagus dan harganya juga bagus.
AirBnB Singapore Harga MurahPerlu diketahui kalau kalian mau menginap di sebuah apartemen tanpa ada pemiliknya di sana juga bisa. Pakai saja kotak filter untuk memilih “Seluruh Rumah” dan daftarnya pun akan muncul. Untuk sebuah apartemen (non-sharing) harganya berkisar antara Rp. 800.000 dan Rp. 1.000.000. Pilihan yang cocok kalau kalian berencana shopping ke Singapura selama 5 hari dan bersama keluarga besar atau teman sekelompok 🙂

Jadi, begitulah cara untuk menemukan penginapan murah di Singapura. Kami suka menggunakan keduanya, Agoda dan AirBnB karena lebih bagus kalau ada pilihan bisa menginap di hotel atau menginap di rumah orang. Di hotel servisnya sudah all-in, tapi di rumah/apartemen orang lain bisa lebih terasa seperti di rumah sendiri karena bisa masak dan cuci baju sendiri — kadang bisa hemat juga 🙂

Ada pertanyaan? Silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar!

* Header image by Mike Behnken

Join the discussion 17 Comments

  • Eky says:

    Setuju banget sama pilihan airbnb ini. Berdasarkan pengalaman sendiri browsing airbnb, untuk di kota kayak Singapore yang private room layak (rating tinggi, harga manusiawi) harganya minimal sejutaan, airbnb ngebantu banget karena bisa diisi 2-3 orang. Mana suka ada yang fasilitasnya ciamik!

  • Martin says:

    Nambahin aja, dengan airbnb bisa nyari akomodasi yang unik, value added banget ini buat gua. Thanks

  • Navia says:

    Iya aku baru-baru ini juga pake Airbnb dan langsung suka banget sama apartemen2 yang bisa ditemuin disana! Worth to try 😀

  • lyla says:

    Harga yang dicantumkan di AirBnB itu biasanya harga per orang atau per kamar sih?

  • Menarik bacaannya ehehehe, btw saya Juli mau belajar backpackingan ke Singapura dan sedang cari2 penginapan. Ada tips atau panduan untuk mencari penginapan yang paymentnya pas hari kedatangan tidak? Soalnya saya tidak memiliki Credit Card untuk melakukan payment2 seperti Airbnb hehehe terima kasih!! 🙂

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Halo…kebanyakan website yang bantu booking online mengharuskan penggunanya punya Credit Card karena mereka perlu jaminan.
      Untuk Singapura sih menurut kami bisa langsung datang ke lokasi tanpa harus booking dahulu. Memang ga 100% bisa dapat sih kalau memang kebetulan lagi penuh. Tapi at least punya daftar yang dituju, datangi satu2. Atau coba cari hotel/hostel yang bisa booking online tanpa bayar dulu. Maksudnya bukan lewat agoda, tapi email-emailan langsung sama pemiliknya (dapat alamat emailnya dari website penginapan itu sendiri).

      Kalau memang mau booking dulu, kami bisa bantu bookingkan lewat Agoda penginapan yang kamu maksud (kalau memang sudah fixed). Tapi kamu harus transfer full dulu kepada kami sebelum kami bookingkan. untuk AirBnB sih ga bisa kami bantu karena yang pesan harus langsung akun pemilik airbnb-nya. Good luck!

  • @nnoart says:

    Sudah sering pake Agoda, klo AirBnB baru tau sekarang
    Makasih sharing tips yang ini, benar-benar lagi nyusu rencana buat ke Singapore nih
    Berharap nanti bisa dapat penginapan yang benar-benar murah

  • Ayu says:

    Hallo mba susan,
    Mba, aq udh sign in via pergi dulu biar dpt potongan harga. Untuk potongan harga di dapat ketika selesai transaksi ato pas apa ya? Saya udh mau trx pembyrn tapi tot pembayaran tidak ada potongan harga nya, jd masih full. Tidak dipotong diskon gitu mba. Hehhehe
    Ditunggu balasannya ya… Mksh mba

  • Ayu says:

    Oooo okay mas adam… Saya coba lagi yaa… Soalnya bookingan saya 750rb udah sama fee nya. Hehehe makasihhh

  • Jsl says:

    Kak air bnb itu bisa gk yah sekmr utk 3 org ..? Apa hanya satu room utk 1 org aja.?
    Mohon pencerahannya

  • shena says:

    Thank you share nya.. Mw nanya jg kl airbnb itu yg tercetak diharganya harga permalam atw harga sesuai dg jadwal kt misal q 3hr jd harga total booking 3hr? Mohon balasannya terimakasih

    • Susan Natalia Poskitt says:

      ada tulisannya, bisa dilihat sendiri apakah itu harga untuk 3 malam atau harga per malam. Kami ga bisa jawab karena tergantung page yang kamu lihat. Biasanya kalau harga total 3 malam maka akan kelihatan juga harga per harinya. Biasanya kalau baru searching sih yang dimunculin harga per malamnya.

Leave a Reply