How to get to Pulau Alor

By December 28, 2012Indonesia

Pulau Alor, masuk dalam gugusan kepulauan Flores yang terletak di ujung paling timur dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, Timor Leste. Pulau di selatan Indonesia ini ternyata menyimpan berjuta eksotisme yang masih belum banyak tersentuh. Wisata laut menjadi andalan Alor sebagai kabupaten kepulauan. Terdapat sekitar 20 pulau di kabupaten Alor, diantaranya Alor Besar, Pura, Kepa, Buaya, Dulolong, Pantar, Ternate, Tereweng, dll. Ada juga beberapa pulau yang masih belum berpenghuni. How to get to Pulau Alor tidaklah sulit!

Sampai saat ini secara rasio perbandingan, menurut informasi warga sekitar, lebih banyak para wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi Alor untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. Hal ini dikarenakan tingginya biaya transportasi untuk bisa menuju ke sini. Memang ada wisatawan lokal, namun belum banyak. Nah, buat yang mau main ke Pulau Alor dapat ditempuh dengan beberapa jalur. Ada dua cara ke Pulau Alor:

How to get to Alor: Transportasi Udara

Dari Jakarta/Surabaya bisa mengambil penerbangan menuju Kupang terlebih dahulu. Saat ini maskapai yang melayani rute Jakarta-Kupang atau Surabaya-Kupang adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air dan Merpati Nusantara. Harga tiketnya sekitar Rp. 900.000,- s/d Rp 1.500.000,-. Harga kadang tergantung dari berapa jarak antara pembelian tiket dengan keberangkatan. Semakin jauh dari hari H pembelian tiket, biasanya semakin murah. So grab it fast.

Terbang ke Alor dengan pesawat Merpati

Terbang ke Alor dengan pesawat Merpati

Dari bandar udara El Tari Kupang, setiap hari terdapat 2 jadwal penerbangan dari 2 maskapai yang berbeda, yaitu Trans Nusa dan Merpati Nusantara. Jenis pesawat perintis yang digunakan yaitu Cassa dan Turbopropeller. Merpati melayani penerbangan pagi, sedangkan Trans Nusa di siang harinya. Harga tiket one way sekitar Rp. 450.000,-.

Penerbangan menuju Pulau Alor akan melintasi Selat Ombai dengan ketinggian jelajah pesawat rata-rata pada 13.000 kaki diatas permukaan laut. Jadi dari balik jendela pesawat, kita masih dapat menikmati indahnya alam Nusa Tenggara Timur. Dan asyiknya, meskipun termasuk penerbangan jarak dekat kita mendapatkan snack yang dibagikan pramugari. Lumayan lah, buat ganjal perut hehe.


Pemandangan NTT dari jendela pesawat

Pemandangan NTT dari jendela pesawat

Setibanya di Bandara Mali, Pulau Alor kita dapat langsung menuju ke Kota Kalabahi dengan menggunakan mobil carteran ataupun ojek yang sudah biasa mangkal di depan bandara. Tarif ojek sekitar Rp 25.000,- sedangkan untuk mobil carteran sekitar Rp 100.000,- (masih bisa nego). Cukup dekat jarak Bandara Mali ke Kalabahi, hanya 7 Km atau sekitar 15 menit berkendara. Jalanannya pun sudah aspal hot mix, muluss. Saya heran ketika pertama kali berkunjung kesini, di pulau kecil yang sangat jauh dari ibukota seperti ini ternyata infrastrukturnya sudah bagus.

How to get to Alor: Transportasi Laut

Wisatawan juga dapat menggunakan jalur laut untuk menuju Kalabahi, ibukota Alor. Pelabuhan Kalibahi ada di tengah kota. Banyak angkot untuk keliling kota dengan tarif hanya sekitar Rp 2000,-. Dari pelabuhan Bolok, Kupang, kapal ferry berlayar seminggu 2 kali. KM Awu berangkat dari Kupang jam 03.00 sampai di Kalibahi jam 16.00. Waktu tempuhnya tentu jauh lebih lama apabila dibandingkan dengan menggunakan pesawat. Namun pelayaran melintasi laut Sawu tidak akan membosankan karena apabila beruntung, tak jarang lumba-lumba sering berenang mengiringi laju kapal di haluan. Pelabuhan Bolok terletak di sisi barat Teluk Kupang, agak jauh dari pusat kota.

Pelabuhan Bolok Kupang

Pelabuhan Bolok Kupang

Ada alternatif lain nih dari Pulau Jawa, kalau memang punya waktu liburan panjang, silakan coba naik kapal PELNI yang singgah di Kalabahi, yaitu KM Sirimau yang berangkat dari Jawa, Kalimantan, Makassar dan KM Awu yang berangkat dari Jawa, Bali, dan Makassar. Yah, itung-itung sekalian keliling Indonesia. Pasti seru!!

Informasi PELNI:

Harga tiket kelas 1 Rp 307.000,-
Harga tiket kelas ekonomi Rp 88.000,-
No telp PELNI Kupang 0380 821944
No telp PELNI Kalabahi 0386 21195
Simulasi dan jadwal PELNI selengkapnya ada di www.pelni.co.id

Cari hotel murah lewat Agoda. Best price guarantee!

Fahmi is a guest writer for Pergi Dulu. You can follow him on twitter @fahmianhar and read his blog at http://fahmianhar.wordpress.com/

Leave a Reply