How to get to Wakatobi

By December 30, 2012Indonesia
Laut di Wakatobi

Berkunjung ke Wakatobi sudah jadi mimpi saya sejak sekian lama. Kenapa? Saya penasaran banget untuk ketemu dengan masyarakat suku Bajo dan pengen melihat dunia bawah lautnya yang masuk ke dive site kelas internasional. Seneng banget karena mimpi saya bisa jadi kenyataan dan dapet bonus juga. Kali ini saya coba bagikan info mengenai how to get to Wakatobi.

Beberapa waktu lalu (November 2012) saya dapet kesempatan untuk berkunjung ke Wakatobi yang semua biayanya ditanggung oleh pihak lain! Hihi… Jadi info mengenai how to get to Wakatobi kali ini hanya berdasarkan info yang saya punya saat berkunjung kesana dan ditambahkan dengan beberapa info yang saya dapat sepulangnya dari Wakatobi.

Welcome to Matahora airport, Wangi-wangi

Welcome to Matahora airport, Wangi-wangi

Pulau Tukang Besi a.k.a Wakatobi

Dulunya nama kepulauan ini adalah Pulau Tukang Besi yang terdiri dari 4 pulau besar: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Kemudian nama Pulau Tukang Besi pun diubah menjadi Wakatobi yang diambil dari singkatan nama ke-4 pulau itu. Wakatobi agak berbeda dengan pulau-pulau yang saya suka datangi selama ini seperti Kepulauan Derawan dan Kepulauan Seribu, apa bedanya? Dari ketiga pulau yang berhasil saya kunjungi luas pulaunya itu besar banget! Nggak ada cerita deh muterin pulau sambil jalan kaki seperti yang biasa dilakukan dan kalau pulau lain itu hanya dibagi RT/RW-nya saja, nah kalau di Wakatobi ini malah ada beberapa desa dalam satu pulau! Selama di sana karena saya juga pergi rombongan kita kalau jalan-jalan selalu menggunakan mobil atau ojeg hal yang saya juga nggak jumpai saat main ke pulau lain.


Pantai kosong di Kaledupa

Pantai kosong di Kaledupa

Lokasi Wakatobi

Nah! Disini letak Wakatobi!

Nah! Disini letak Wakatobi!

Lokasinya masuk dalam propinsi Sulawesi Tenggara yang kalau dilihat di peta Sulawesi Tenggara ini berada di kaki sebelah kanan. Nah, Wakatobi adalah pulau-pulau kecil (kalau di peta) yang letaknya ada di bawah kakinya lagi. Nama bandaranya adalah Matahora dan terletak di pulau Wangi-wangi.

How to get to Wakatobi

Kalau naik pesawat bisa lihat pemandangan ini :)

Kalau naik pesawat bisa lihat pemandangan ini 🙂

Perjalanan kemarin saya menggunakan pesawat langsung dari Jakarta. Pas banget salah satu maskapai baru saja membuka layanannya menuju Wangi-wangi. Jadi dari Jakarta berangkat jam 4 pagi kemudian transit dan tukar pesawat di Makassar lalu melanjutkan perjalanan ke Kendari (transit sebentar tapi tetap di pesawat) dan jam 10.45 saya pun tiba di Wakatobi (Wangi-wangi). Lama? Banget! Tapi ini masih mending… Sebelum ada penerbangan ini kalau mau ke Wakatobi harus ngeteng, setelah sampai di Kendari kalau jadwalnya cocok dan nggak ada pembatalan kita bisa menggunakan pesawat ke Wakatobi tapi kalau ternyata waktunya nggak cocok silahkan menyebrang menggunakan kapal laut dari Kendari (Bau-bau), nah ini akan makan waktu lebih lama pastinya.

Laut di Wakatobi

Laut di Wakatobi

Tapi ini berhubungan dengan budget juga sih, kmaren itu harga tiket pesawat PP yang dibeli beberapa hari sebelum keberangkatan Rp. 3jt-an. Mahal? Tapi jauh lebih cepat dan nyaman. Mungkin juga kalau dibeli jauh hari bisa lebih murah. Atau kalau memang mau berpetualang silakan menyebrang pakai kapal… Mau coba kapal dari Jakarta barangkali? pasti seru!

Sudah siap untuk ke Wakatobi? Pastikan baca artikel kami tentang makanan di Wakatobipenginapan di Wakatobi dan aktivitas di Wakatobi.

Cari hotel murah lewat Agoda. Best price guarantee!

Join the discussion 4 Comments

  • Bennie says:

    hi…saya mau tau, kamu kan pernah ke Derawan juga, kira kira perbandingan antara Derawan sama Wakatobi biayanya sama daya tariknya yang mana lebih unggul. honestly i have only 2 setengah weeks vacation di indo. 1 minggu untuk exploring…tetapi untuk liat dan kalau bisa tinggal di kampung Suku Bajo is very tempted.

  • Vindhya says:

    Hi, kalau untuk daya tariknya masing-masing destinasi punya keunggulan masing-masing. Cuma kalau kamu punya waktu seminggu dan perginya sendirian aku rekomen untuk ke Wakatobi aja.
    Tiket pesawat ke Wakatobi memang lebih mahal, tapi untuk biaya disananya lebih murah dan bisa menginap di Kampung Bajo, cuma mereka tidak ada penginapan, jadi kita ikut menginap di rumah warga.
    semoga jawabannya membantu memutuskan yah 🙂

  • Bennie says:

    Thank you Vindhya for the Info, ngak menjadi masalah kalau harus menginap sama penduduk Bajo. saran kamu menjadi pertimbangan yg kuat. nanti deh kalau sudah dekat sama harinya tak hubungin lagi to get more detail, mudah2an ngak keberatan yah ….Thanks

Leave a Reply