Iboih Inn: Penginapan di Pulau Weh

By December 28, 2012Indonesia

Saat membuat rencana jalan-jalan ke Pulau Weh bulan November lalu, saya dan teman-teman tidak langsung memilih Iboih Inn sebagai tempat menginap. Rencana awal, kami akan menginap tiga hari di Freddies yang lebih dekat dengan kota Sabang. Namun setelah menyusun itinerary, barulah kami menyadari bahwa menginap di daerah dekat Iboih akan menghemat banyak waktu, tenaga dan pastinya uang. Akhirnya, kami membagi tiga malam tersebut menjadi dua malam di Iboih Inn dan satu malam di Freddies.

Pemandangan dari dermaga Iboih Inn

Pemandangan dari dermaga Iboih Inn

Lokasi Iboih Inn

Iboih Inn terletak hampir di ujung barat Pulau Weh, dapat ditempuh dengan mobil selama kurang lebih 40 menit. Sepanjang jalan dari pelabuhan Balohan menuju Iboih, kami disuguhi pemandangan menakjubkan dari pulau paling barat di Indonesia. Mobil antar jemput hanya bisa mencapai Pantai Iboih saja. Dari Pantai Iboih menuju Iboih Inn dapat dilalui dengan dua cara; naik perahu jemputan selama kurang lebih 5 menit, atau berjalan kaki mendaki bukit selama kurang lebih 15 menit. Harga kamar sudah termasuk fasilitas antar jemput dengan perahu, jadi jika membawa koper atau backpack yang berat, tak perlu khawatir harus berjalan kaki naik turun bukit.

Kamar di Iboih Inn

Untuk lebih amannya, jauh-jauh hari sebelum tanggal perjalanan sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu, apalagi jika rombongannya cukup besar. Reservasi cukup dilakukan via email dengan pengelola Iboih Inn, Ibu Liza dan membayar down payment 50%.

Kamar di Iboih Inn

Kamar di Iboih Inn

Kamar AC deluxe bertarif Rp 350.000,-/malam, dan kamar fan deluxe Rp 250.000,-/malam, termasuk sarapan pagi. Selain dua tipe kamar tersebut, masih ada lagi satu tipe yang paling murah; budget room. Tarif per malamnya hanya Rp 150.000,-. Saat itu tidak ada yang mengambil kamar tipe ini dengan pertimbangan posisinya yang paling jauh dari resto/dermaga.

Secara umum, kamar-kamar di Iboih Inn, apapun tipenya, sangat bersih. Setiap kamar adalah rumah panggung kayu tersendiri, sehingga privasi tamu sangat terjaga. Di setiap balkon kamar, tergantung hammock yang bisa kita gunakan untuk sekedar leyeh-leyeh di siang hari.


Aktivitas di Iboih Inn

Jika harus menyebutkan satu kata yang mewakili pemandangan dari tepi dermaga Iboih Inn di pagi hari, kata tersebut adalah: menakjubkan. Pulau Rubiah terpampang anggun di depan mata, matahari muncul dari balik punggungnya, air biru sebening kristal sepanjang mata memandang. Dan di bawah air yang bening itu, ikan-ikan berkejaran di antara bebatuan karang. Wow!

Pemandangan di Iboih Inn

Pemandangan di Iboih Inn

Puas menikmati pagi di dermaga, sarapan sudah tersedia di restoran Iboih Inn. Ibu Liza sang pengelola penginapan, selalu memastikan setiap tamunya sarapan dengan kenyang. Terkadang saya membayangkan ia merupakan perpaduan antara Lorelai Gilmore dan partnernya, Sookie di serial Gilmore Girls. She makes sure of every single thing, in a nice funny ‘psychotic’ way.

Selesai sarapan, kita bisa mengeksplor Pulau Rubiah dengan menyewa perahu bermotor dari Iboih Inn, Rp 30.000,-/orang PP. Bisa juga snorkeling di sekitar Iboih Inn saja. Banyak ikan warna warni yang bisa dilihat. Sayangnya untuk coral (soft maupun hard), kurang bervariasi di sana.

Makanan di Iboih Inn

Untuk makan siang, jika malas mencari ke tempat lain, restoran Iboih Inn bisa menjadi pilihan. Harga makanan berkisar antara Rp 20.000 – Rp 50.000 (kecuali menu lobster, harus dipesan 1 hari sebelumnya). Menu yang disajikan pun cukup beragam. Jika ingin makan di luar penginapan, dengan berjalan kaki menuruni bukit menuju pantai Iboih selama 15 menit saja, banyak terdapat penjual makanan kaki lima maupun kafe-kafe kecil.

Dermaga Iboih Inn

Dermaga Iboih Inn

Di Iboih Inn ini kita bisa menikmati ketenangan, namun tetap bisa terhubung dengan keramaian pantai Iboih dengan berjalan kaki. Cobalah menginap di Iboih Inn jika mengunjungi Pulau Weh. Sangat recommended!

Rentang Harga
Rp 150.000 – Rp 350.000

Cek harga hotel ini lewat Agoda. Best price guarantee!
Atau
Cek harga hotel ini lewat Hostelworld

Skor Pergi Dulu
8/10 – clean, great view, great food. Hanya saja pelayanan di restoran agak lama untuk makanan.

Telp: Ibu Liza (+62 811 841 570 atau +62 812 699 1659)
Email: iboih.inn@gmail.com
Website

Parahita is a guest writer for Pergi Dulu. You can follow her on twitter @parah1ta.

Iboih Inn
Date Published: 12/27/2012
8 / 10 stars

Join the discussion 3 Comments

Leave a Reply