Itinerary di Singapura 5 Hari 4 Malam – bisa ditiru!

Bersama One Direction

Minggu lalu teman kami Alda Agustine sudah membagikan tips untuk solo backpacker pemula ke Singapura berdasarkan pengalaman pribadinya. Kali ini dia ingin sharing itinerary 5 hari 4 malam yang disusun sendiri dan dijalaninya selama di sana. Itinerary ini juga dilengkapi dengan informasi beberapa rute MRT ke objek-objek wisata populer dan tentunya beserta gambaran budget yang diperlukan. Siapa tahu bisa dicontek buat yang punya rencana ke Singapura dan baru pertama kali juga. Simak sampai akhir ya!

Hari 1: Check-in hotel, Chinatown

  • Tiba di Changi Airport Terminal 1.
  • Beli kartu SIM (Singtel) di counter Changi –> Recommended!
  • Cari Ground Transportaion Desk, bilang pada petugas tempat yang mau kamu tuju lalu membayar tiket (kalau tidak salah $S10). Petugas akan menempelkan stiker di baju kamu lalu kamu diminta menunggu sampai mobil datang. Supir akan memanggil penumpang menurut tempat tujuan.
  • Tiba di 5footway Inn Chinatown, check-in, istirahat.
  • Jalan kaki sekitar Chinatown mulai dari hostel di Pagoda Street.

Chinatown di Singapura sangat bersih. Karena daerah pasar maka tempat ini selalu ramai sampai malam. Saya ikut blusukan untuk melihat-lihat. Berbagai barang dijual disana mulai dari baju-baju cheong sam sampai kartu pos.

Di depan saya berdiri Chinatown Heritage Center, sayangnya tempat ini sedang direnovasi dan baru buka lagi di pertengahan 2016.


Saya berjalan sedikit lagi dan menemukan Sri Mariaman Temple, sebuah kuil Hindu. Untuk masuk ke dalam kuil ini pengunjung harus melepas alas kaki dan menyimpannya di rak yang tersedia lalu bayar S$5 dan mengenakan jubah yang disediakan di depan pintu. Kalau bawa kamera, kamu harus bayar extra S$3. Suasana di dalam sangat tenang, yang terlihat hanya beberapa biksu dan dua orang laki-laki India sedang bermain musik. Saya berkeliling sambil mengagumi dekorasi kuil yang didominasi warna-warna cerah. Di ruang utama ada sebuah altar dan patung dewa-dewa. Di tengah kuil terdapat halaman luas dikelilingi bangunan dengan dekorasi ala India.

  • Keluar dari Pagoda Street lalu jalan sedikit ke kiri ada Chinatown Food Street dimana kamu bisa dapat makanan dan minuman murah meriah. Setelah makan saya memutuskan untuk kembali ke hotel karena harus istirahat untuk banyak jalan dam naik MRT besok paginya.Di dalam kuil Sri Mariaman

Hari 2: Merlion, Orchard Road

  • Dari Chinatown ke Merlion naik MRT kearah Punggol, turun di stasiun Dhoby Ghout (jalur ungu).
  • Dari Dhoby Ghout ganti MRT ke arah Marina Bay (jalur merah) turun di stasiun Raffles Place.
  • Jalan dari stasiun Raffles Place ke arah Singapore River sampai kamu menemukan Fullerton Hotel.
  • Menyeberang jalan dari Fullerton Hotel ke Merlion Park.

Merlion Park bisa dibilang ‘spot sejuta umat’ karena turis-turis pasti pergi ke sini. Banyak orang berfoto di dekat lambang kota Singapura itu. Patung Merlion berdiri menghadap Singapore River dan di tengah sungai saya melihat perahu kayu panjang beratap. Di sekeliling sungai juga ada beberapa dermaga.

Untuk bisa naik perahu yang bernama ‘bumbleboat’ itu, pengunjung bisa membeli tiket di loket seharga S$35 lalu menunggu di dermaga terdekat sampai perahu datang menjemput. Kamu akan dibawa berkeliling Singapore River sambil duduk dan mendengarkan audio tour guide yang menjelaskan tentang tempat-tempat dan bangunan-bangunan yang dilewati. Saya duduk di dekat jendela, menikmati udara segar sambil memotret gedung-gedung pencakar langit dan bangunan-bangunan kuno di sepanjang sungai.

  • Merlion Park ke Orchard Road naik MRT dari stasiun Raffles Place (jalur ungu) turun di stasiun Orchard.
  • Tujuan saya ke Orchard cuma untuk melihat toko buku Kinokuniya di mall Takashimaya. Bagi pencinta buku, tempat ini adalah surga karena luas dan koleksinya ratusan dalam berbagai subyek. Sayangnya kalau mau beli buku disini harus punya anggaran yang cukup besar. Jadi saya hanya muter-muter selama kurang lebih sejam lalu kembali ke hostel.
  • Dari Orchard naik MRT (jalur ungu) kembali ke Chinatown.Madame Tussauds Wax Museum

Hari 3: Sentosa Island

  • Dari Chinatown naik MRT (jalur ungu) turun di stasiun Harbourfront
  • Dari stasiun Harbourfront ke mall Vivo City lantai 3 cari stasiun Sentosa Express
  • Sentosa adalah tempat rekreasi mahal, untuk makan saja saya harus mengeluarkan S$30. Karena itu saya membatasi diri dengan hanya mengunjungi tempat-tempat yang saya mau. Berikut ini adalah beberapa tempat yang saya kunjungi di Sentosa.

Madame Tussauds Wax Museum (tiket S$S40)
Inilah alasan utama kenapa saya datang ke Sentosa. Kalau dulu cuma bisa melihat foto kakak saya di Madame Tussauds London, sekarang saya mengunjunginya sendiri. Karena terletak di bagian atas pulau, kamu harus naik beberapa escalator. Sampai disana juga tidak bisa langsung masuk karena harus mengantri. Dari tempat saya berdiri ada tulisan kalau untuk sampai ke pintu depan masih perlu waktu masih 90 menit! Museum ini berisi patung lilin selebriti dan orang-orang penting dunia, termasuk Presiden Sukarno! Setelah berkeliling naik perahu, kamu bisa masuk ke galeri dan melihat patung-patung lilin tersebut, juga berfoto bersama mereka. Luangkan waktu banyak di sini karena untuk melihat semua patung lilin saya memerlukan sekitar satu atau dua jam, termasuk untuk berfoto.


Underwater World Singapore (tiket S$30)
Bagi pencinta kehidupan bawah laut tempat ini pasti menarik karena terdiri dari banyak akuarium dengan berbagai jenis hewan laut di dalamnya. Akuarium utama adalah sebuah tangki raksasa berisi ikan-ikan laut besar seperti pari dan hiu yang bisa dikelilingi dengan ban berjalan. Di sekelilingnya terdapat akuarium kecil-kecil yang berisi hewan-hewan yang lebih kecil seperti siput, udang, dan ubur-ubur yang bisa berganti warna.Underwater World Sentosa

Hari 4: Jurong Bird Park, Night Safari

  • Dari Chinatown naik MRT (jalur hijau) turun di Boon Lay
  • Dari Boon Lay naik bus no. 194 turun di depan Jurong Bird Park

Tempat ini adalah taman seluas 20 hektar dimana berbagai jenis burung hidup. Luangkan waktu seharian untuk kesini karena jaraknya yang cukup jauh (kecuali kalau kamu menginap di daerah Jurong) dan lamanya waktu untuk melihat semua burung yang ada. Di sini kamu bisa keliling taman naik kereta yang disediakan sebelum menjelajah berjalan kaki. Ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi diantaranya Pelican Cove. Kalau kamu tiba di sini sekitar jam satu siang, kamu bisa menonton penjaga taman melemparkan ikan ke segerombolan pelikan di dalam kolam.

Dari Pelican Cove kamu bisa pergi ke Lorry Loft untuk memberi makan burung betet. Makanannya berupa campuran madu lebah yang bisa dibeli di pintu masuk seharga S$2. Sambil berkeliling kamu member makan betet-betet yang langsung menghampiri begitu melihat makanan.

  • Dari Jurong Bird Park ke Night Safari naik MRT dari stasiun Jurong East turun di Choa Chu Kang. Dari Choa Chu Kang naik bus SMRT no. 927 turun di Singapore Zoo (Night Safari berada di samping Singapore Zoo).

Night Safari pada dasarnya adalah tur kebun binatang di malam hari. Di sini kamu diajak melihat satwa-satwa liar yang hidup di alam bebas. Sambil duduk di dalam kereta, kamu juga akan mendengarkan penjelasan dari audio tour guide tentang hewan-hewan yang ada disana, seperti rusa, gajah, harimau, singa, dan lain-lain. Di akhir tur pengunjung diingatkan akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan hewan-hewan tersebut dari kepunahan. Buat saya, atraksi ini adalah yang paling berkesan sekaligus jadi penutup perjalanan yang sangat bagus.

  • Dari Night Safari ke Chinatown naik bus double decker City Sightseeing Singapore (warna merah, bus stop di seberang Night Safari).Di Jurong Bird Park

Hari 5: Kembali ke Bandung

Saya memutuskan untuk naik MRT ke bandara Changi. Dari Chinatown naik jalur ungu sampai Outram Park kemudian ganti ke jalur hijau ke Changi Airport. Begitu tiba di bandara saya langsung menuju ke counter Air Asia untuk check in dan tak lama kemudian naik pesawat untuk pulang ke Bandung.

Seru banget kan itinerary perjalanan solo backpacking untuk pertama kalinya ke Singapura selama 5 hari 4 malam ini! Kalau penasaran berapa budget kasarnya untuk trip tersebut, Alda kasih bocoran nih kira-kira budgetnya seperti ini:

  • Tiket pesawat Air Asia harga promo Bandung-Singapura (pp) Rp. 1.100.000
  • Hostel 5footway Inn Chinatown 5 hari 4 malam Rp. 1.300.000
  • Uang pegangan selama di sana S$500 (sekitar Rp. 5.000.000 dengan kurs sekarang plus bawa extra Rp. 500.000 ($S50) buat cadangan)

Jadi kira-kira habisnya Rp. 7.500.000, itu sudah dengan hemat dan minim belanja 🙂

Selamat menabung dan menyusun rencana perjalanan untuk ke Singapura!

Leave a Reply