Kawah Putih, Ciwidey

Mungkin kamu tak asing lagi dengan pemandangan di tempat ini karena sering melihatnya di film, seperti Heart dan The Butterfly, juga video klip dan foto-foto pre-wedding. Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung Selatan ini memang memiliki pemandangan yang cantik dan suasana yang magis. Kabut tebal kerap meliputi sekeliling kawah terutama setelah hujan turun atau menjelang malam hari. Badan air terkadang berwarna hijau telur asin bergradasi dengan coklat muda, putih, atau bahkan cokelat susu dariendapan lumpur belerang di tepi kawah. Pepohonan kering atau berdaun jarang pun tumbuh di sekeliling kawah, menambahkan sedikit kelam namun puitis pada tempat ini.

Kawah Putih - ramai di akhir pekan

Pesona alam Kawah Putihterbentuk sejak Gunung Patuha meletus di abad ke-10. Kawah akibat letusan tersebut menampung air hujan yang kemudian bereaksi dengan sulfur yang ada di kawah, sehingga membentuk sesuatu yang terlihat seperti danau. Di balik kecantikan Kawah Putih terdapat ancaman bagi kesehatan apabila pengunjung menghisap uap belerang terlalu lama. Beberapa papan terpasang di jalan menuju kawah, berisi peringatan selama pengunjung berada di area kawah, seperti larangan berenang atau mandi di dalam air, larangan makan di area kawah, dan himbauan menjaga jarak dengan lumpur kawah. Ada baiknya jika kamu memakai mask, minimal untuk mengurangi bau yang menusuk hidung.

Kawah Putih - menuju kawah

Untuk mencapai tempat Wisata Kawah Putih, kamu bisa datang dengan kendaraan sendiri maupun kendaraan umum.Rute dari Bandung adalah melewati Soreang, lalu Ciwidey. Kendaraan hanya bisa sampai di tempat parkir yang cukup luas di dalam kawasan wisata, kemudian kamu harus berjalan kaki turun ke area kawah.Jika naik angkot, kamu harus turun di gerbang utama, lalu naik mobil angkutan khusus sekitar 10-15 menit ke tempat parkir. Tak jarang pengunjung menyewa angkot pulang pergi dari Ciwidey agar lebih mudah. Jika kamu membawa mobil dari Jakarta, mengarahlah ke area Kopo. Berpatok dari pintu keluar Kopo tol Cipularang, kamu kemudian mengarah menuju Soreang, kemudian Ciwidey.

Kawah Putih - angkutan dari gerbang utama

Wisata Kawah Putih buka setiap hari dari pukul 7.00 – 17.00 WIB. Terdapat pusat informasi, toilet, serta musola di dekat tempat parkir. Cuaca di sini dingin, konon sekitar 8-22 derajat Celcius. Jadi jangan lupa siapkan jaket atau sweater.

Kawah Putih - menjelang matahari terbenam

Rentang Harga
Tiket masuk wisatawan lokal Rp 15.000 (wke) dan Rp 12.000 (wkd).Kendaraan roda 4 sampai ke area parkir atas Rp 150.000, area parkir bawah Rp 6.000.Sedangkan kendaraan roda 6 Rp 25.000 sampai parkir bawah.

Skor Pergi Dulu
8/10 – Sangat indah namun cukup repot dicapai jika menggunakan kendaraan umum

Cari hotel di Bandung lewat Agoda. Best price guarantee!.

Alamat: Jl. Raya Soreang Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Kawah Putih, Ciwidey
Date Published: 12/04/2012
8 / 10 stars