Jurong Bird Park, Singapore

Jurong Bird Park Singapore

Pertama kali saya ke Jurong Bird Park adalah tahun 2004 waktu pertama kali saya ke Singapore dan dibawa ke sana oleh sepupu saya. Adam belum pernah ke sana oleh karena itu dalam kunjungan ke Singapore bulan September kemarin kami mampir ke sana, sekalian sesudahnya mampir ke Chinese Garden dan Japanese Garden yang lokasinya tidak terlalu jauh dari sana.Burung Lorikeet

Ada Apa di Jurong Bird Park?

Hampir sama dengan Singapore Zoo, layout Jurong Bird Park adalah jalur dengan ekshibit binatang di sana sini. Bedanya hanyalah di Jurong Bird Park ini isinya semuanya jenis burung, sekitar 400 species burung ada di sini. Ekshibitnya besar-besar, bukan kandang burung kecil-kecil. Jadi burungnya juga lebih leluasa terbang ke sana ke mari. Bahkan di area danau ada yang bisa terbang ke danau sebelahnya. Jangan heran kalau di area flamingo tiba-tiba ada pelikan yang nyempil di sana.Flamingo LakeJurong Bird Park ini bisa dijelajahi dengan jalan kaki ataupun dengan naik tram (bayar ekstra). Enaknya naik tram adalah ga cape jalan dan ga panas-panasan, tinggal duduk manis sambil dengerin commentary. Recommended untuk yang bawa orang tua dan takut kecapean jalan keliling taman. Tapi kalau jalan kaki enaknya bisa lebih dekat melihat binatangnya. Karena ada beberapa ekshibit yang lokasinya bukan di pinggir jalan banget dan cuma bisa diakses dengan jalan kaki.Penguin CoastWaterfall Aviary — ini adalah sebuah ekshibit raksasa di mana di dalamnya ada berbagai jenis burung yang terbang bebas karena jala pengamannya dibuat sangat tinggi. Bahkan di dalamnya ada sebuah air terjun buatan setinggi 30 meter.Waterfall AviaryKalau memang niat, bisa mampir ke beberapa ekshibit waktu feeding time. Pengunjung bisa beli makanan dan berpartisipasi dalam memberi makan beberapa jenis burung seperti pinguin, flamingo, pelikan, dll. Waktu kami di sana kami sempat menyaksikan feeding time burung unta (ostrich) yang diberi makan pisang. Lumayan seru (dan serem) karena burung unta itu ukurannya besar banget & lebih tinggi dari manusia dewasa.Memberi Makan Burung UntaSelain melihat-lihat ekshibit, di Jurong Bird Park juga ada 2 jenis pertunjukan yang sayangnya waktu itu kami tidak sempat menyaksikan karena waktunya tidak pas. Kings of the Skies Show diadakan di Hawk Arena setiap hari jam 10.00 dan 16.00. Sedangkan High Flyers Show diadakan di Pools Amphitheatre setiap hari jam 11.00 dan 15.00. Kursi terbatas jadi jangan terlambat kalau mau nonton.Snow Owl Di Jurong Bird ParkKalau bosan lihat-lihat burung dan hari sedang panas, di Jurong Bird Park juga ada Birdz of Play yang merupakan sebuah arena main air untuk anak-anak (dan orang tua yang menemani). Di sana bisa tembak-tembakan air, berdiri di bawah pancuran sampai disiram ember raksasa. Lumayan menyegarkan di panasnya udara Singapore!Birdz Of Play


Ekshibit Unik di Jurong Bird Park

Beberapa ekshibit yang kami suka di antaranya:

  • Penguin Coast — semata-mata karena jarang banget liat pinguin dalam jarak dekat, apalagi di sini ada 5 jenis penguin yang berbeda-beda. Lumayan dekat lihat pinguinnya karena kaca akuariumnya bisa dipegang langsung oleh pengunjung. Dan bisa lihat juga saat mereka sedang berenang karena di bagian kolamnya juga kacanya transparan.
  • Lory Loft — di sini pengunjung bisa langsung kasih makan burung lorikeet yang berwarna-warni. Tinggal beli cup plastik berisi air madu  seharga $3, kemudian sodorkan tangan ke arah burung-burung yang nangkring di pohon. Mereka sudah biasa dikasih makan seperti itu jadi ga usah takut. Pengalaman seru buat anak-anak walaupun ada juga anak-anak yang sampe nangis karena takut berada dalam jarak sedekat itu dengan burung. Padahal sih ga bahaya koq.
  • World of Darkness — jarang banget liat burung hantu, khususnya jenis Snow Owl. They are so cool!

Memberi Makan Burung LoriInfo dan Tips Jurong Bird Park

  • Tidak perlu booking tiket secara online atau beli dulu jauh-jauh hari karena bisa datang langsung dan beli di konter.
  • Harga tiket resmi ada di website. Kadang kalau hotel ada yang menawarkan harga lebih murah dan sudah termasuk transport, beli saja dari mereka.
  • Bawa topi dan botol air minum karena kadang panas banget.
  • Pakai alas kaki yang nyaman karena jalan kakinya lumayan juga (kecuali mau naik tram saja).
  • Siapkan waktu sekitar 2.5 – 3 jam (di dalam) kalau mau puas ngubek-ngubek Jurong Bird Park.

Lory LoftTransportasi ke Jurong Bird Park

Untuk ke Jurong Bird Park, cara paling simple adalah:

  • Naik MRT jalur East West Line (hijau), berhenti di Boon Lay (EW27)
  • Turun dari  MRT, masuk ke Jurong Point mall dan cari Boon Lay Bus Interchange
  • Di bus interchange cari bis no 194 (biasanya di platform no. B8)
  • Bis akan lewat di depan Jurong Bird Park.
  • Untuk pulangnya, naik dari halteu bis yang sama dan nomor bis yang sama untuk kembali ke Boon Lay Bus Interchange / Jurong Point mall.

Jurong Bird Park
2 Jurong Hill
www.birdpark.com.sg

Jam buka: setiap hari 0830-1800
Harga tiket: $29.00 (dewasa), $19.00 (anak-anak umur 3-12 tahun)
Harga tram: $5.00 (dewasa), $3.00 (anak-anak umur 3-12 tahun)

Leave a Reply