Kawah Talaga Bodas, Garut – Cara Menuju dan Info Lengkap

Talaga Bodas, Garut

Sudah beberapa kali ke Garut tapi belum pernah ke Kawah Talaga Bodas. Beberapa tahun yang lalu Adam pernah hampir sampai ke Talaga Bodas menggunakan motor Mio. Tapi di Wanaraja ada orang yang bilang kalau pakai motor Mio tidak akan kuat naik ke atas. Karena itu Adam tidak jadi naik ke Kawah Talaga Bodas. Akhirnya waktu kunjungan ke Garut kemarin kami nekad menuju Kawah Talaga Bodas dengan menggunakan motor Scoopy tercinta kami.Talaga Bodas, GarutDari Wanaraja jalanan masih cukup bagus dan mulus. Sekitar 2-3 km kemudian jalanan mulai rusak dan banyak lubang yang cukup dalam. Kami berusaha menghindari lubang ke kiri dan ke kanan sampai akhirnya tidak bisa dihindari lagi karena jalanan semakin rusak dan menanjak. Batuan besar yang menjadi bahan dasar jalanan terlihat jelas karena lapisan aspal sudah habis. Dan karena hari sebelumnya hujan, bagian yang tertutup tanah jadi agak licin.

Setelah memaksakan diri sekitar 1-2 km di jalanan rusak, akhirnya kami menyerah. Kami bertanya kepada warga lokal apakah ada ojek yang bisa mengantar kami ke atas. Akhirnya setelah tawar-tawaran harga, kami dapat 2 motor dengan harga yang disepakati Rp 120.000,- untuk 2 orang pulang pergi dan diantar sampai ke pinggir kawah.Talaga Bodas, GarutDan memang betul, jalanan semakin rusak sampai ke loket tiket dan area parkir Kawah Telaga Bodas. Menurut kesaksian tukang ojek sejak diambil alih oleh BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), sekarang pengunjung tidak boleh membawa kendaraan sampai ke area kawah. Di atas loket dan area parkir terlihat ada palang yang menutup jalan. Namuunnn…..ojek bisa masuk lewat pinggir. Jadi intinya, kalau mau ke kawah dari tempat parkir harus bayar ojek lagi (Rp. 10.000). Kalau tidak mau naik ojek ya berarti harus jalan kaki. Tidak terlalu jauh sih, sekitar 850 meter, tapi jalanannya agak menanjak.


Ada ada di Kawah Talaga Bodas?

Begitu sampai di pinggir kawah, pemandangan cantik terhampar dengan nuansa hijau toska. Rupanya kawahnya terisi dengan air yang berwarna biru kehijauan dan terlihat seperti mengandung susu akibat kadar belerangnya yang cukup tinggi. Kalau sudah pernah ke Kawah Putih di Bandung, nah…Kawah Talaga Bodas ini juga agak mirip penampakannya.

Dari tempat parkir di pinggir kawah, ada jalur di sebelah kanan yang rupanya menuju ke arah pemandian. Kang ojek kami dengan semangat mengantarkan kami ke area pemandian tersebut. Kalau jalan kaki paling cuma 200-300 meter lah. Tapi jalanannya agak becek dan waktu kemarin sih motor kami seperti harus menyeberangi sungai dangkal. Entah karena habis hujan sehingga genangan air cukup tinggi, atau memang selalu begitu.Talaga Bodas, Garut pemandian air panasSampai area pemandian rupanya di sana ada beberapa kolam yang airnya juga berwarna hijau susu. Sepertinya kolamnya lumayan baru (sekitar 1-2 tahun) karena dulunya sih tidak ada kolam yang dibangun khusus di pinggir danau tersebut. Sekarang ada beberapa kamar mandi, toilet, kamar ganti dan saat ini sedang dibangun mushola. Kami tidak mandi tapi sempat mencelupkan tangan ke kolam yang airnya cukup hangat itu. Menurut pengunjung yang sedang berendam di sana, air yang mengandung belerang bagus untuk kesehatan kulit.

Cara Menuju Kawah Talaga Bodas

Berdasarkan pengalaman kami, perjalanan ke Kawah Talaga Bodas ini butuh perjuangan yang cukup berat. Kalau bawa motor sendiri, siapkan mental bahwa motornya akan mengalami goncangan yang cukup intense selama kurang lebih 10km. Akan jauh lebih baik kalau naik motor dengan cc besar. Sedangkan untuk mobil juga sangat tidak disarankan untuk bawa mobil sedan ke atas. Menurut Kang ojek, jalanan tersebut bisa dilewati oleh mobil, tapi kebanyakan mobil sayur berupa mobil pick-up. Kalau punya mobil 4WD ya lebih aman naiknya.Talaga Bodas, Garut pemandian air panasKalau mau mengikuti jejak kami, bisa juga sewa ojek dari Wanaraja atau 2-3km lebih ke arah Talaga Bodas — ada pangkalan ojek di sana. Lebih enak karena mereka sudah biasa dengan medan jalanan tersebut, sedangkan kalau tidak biasa akan sangat melelahkan mengendarai kendaraan di jalanan yang rusak parah seperti itu. Jika ada yang butuh ojek, kami punya kontak nomor kang ojek yang kemarin saya gunakan. Orangnya baik dan sangat sopan, namanya Pak Wahyu. Bisa dikontak lewat nomor telepon anaknya, Ahmad di nomor (0822) 1874 7752.

Kawah Talaga Bodas
Jalan Talaga Bodas, Wanaraja
Tiket wisnu hari biasa: Rp5.000
Tiket wisnu hari libur: Rp7.500
Tiket wisman hari biasa/libur: Rp100.000/150.000
Asuransi: Rp2.000
Tiket Motor hari biasa/libur: Rp5.000/7.500

Tiket Mobil hari biasa/libur: Rp10.000/15.000
Ojek dari parkiran ke kawah: Rp10.000
Ojek dari Wanaraja ke kawah: Rp60.000 sekali jalan

Join the discussion 2 Comments

  • wah, wisnu dan wisman beda harganya jauh banget ya. suami mb Susan bayar yg wisnu ato wisman? ^_^

    • Susan Natalia Poskitt says:

      tetap bayar tarif wisman kak… 🙁
      Udah dibujuk pake alesan tinggal udah lama di Indonesia & udah lancar bahasa Indonesia juga ttp ga bisa pake tarif wisnu. Ktnya bisa kalo dia udah jadi warga nergara Indonesia 😉

Leave a Reply