Kawasan Batik Trusmi, Cirebon

By April 8, 2016Oleh-Oleh Cirebon
Batik Trusmi Cirebon rak baju

Kawasan Batik Trusmi adalah sebuah area di Cirebon yang terkenal untuk pembuatan dan penjualan batik baik melalui toko besar maupun toko-toko kecil.

Kebanyakan orang datang ke kawasan ini dan cuma mampir ke beberapa toko batik saja karena biasanya pilihan yang tersedia di satu toko sudah cukup beragam. Namun jika kamu cuma punya waktu terbatas, sepertinya lebih baik langsung mampir saja ke toko besar seperti Toko Batik Trusmi, yang namanya mungkin membingungkan karena sama dengan nama kawasannya.Batik Trusmi dalam kaosToko Batik Trusmi memang mengambil nama yang menggambarkan seluruh kawasan penjual batik di sepanjang jalan sana dan kami dengar memang pemilik toko lainnya kurang suka dengan hal ini karena nama ‘batik Trusmi’ seolah-olah dimonopoli hanya oleh satu toko tersebut.

Di luar masalah nama yang membingungkan, Toko Batik Trusmi sebenarnya memang tempat yang cocok untuk one stop belanja batik karena tokonya besar sekali. Satu lantai luas dipenuhi oleh banyak sekali rak-rak kemeja batik, dress batik, baju muslim, baju kantor sampai kain batik. Selain itu harga yang ditawarkan juga cukup bagus dan sangat bersaing. Kekurangan dari toko ini adalah tidak ada unsur personal dibandingkan toko-toko batik kecil pada umumnya, namun biasanya memang itu yang terjadi pada toko-toko besar. Dan siap-siap juga diikuti oleh para pegawai toko yang sigap menawarkan bantuan.Batik Trusmi dalamKami membeli kemeja batik di sini hanya seharga Rp. 100.000 saja, biasanya susah cari batik bagus dengan harga yang bagus.

Pokoknya kalau ke Kawasan Batik Trusmi bisa belanja batik di toko batik kecil yang lebih personal ataupun bisa ke toko besar yang seperti department store — pilih saja yang sesuai selera.

Kawasan Batik Trusmi
Jalan Syekh Datul Kahfi, Jalan Raya Panembahan dan di sekitarnya.
www.ebatiktrusmi.com (web untuk Toko Batik Trusmi saja, bukan Kawasan)
Kemeja: mulai dari Rp100.000

Kawasan Batik Trusmi
Date Published: 04/14/2016
9 / 10 stars

Join the discussion 3 Comments

  • Teman saya ada yang jualan batik di kawasan ini juga, batiknya hasil desain dia sendiri, pernah dipakai oleh Ivan Gunawan, dan memang desainnya bagus-bagus *malah promosi* hehehe

  • Aku suka sekali batik. Waktu pulkam lalu beli di Pasaraya jakarta, tokonya juga besar sekali pokoknya semuanya ada. Satu atau dua lantai isinya batik semua.

    Kalau di Cirebon pasti harganya lebih murah ya?

    • Susan Natalia Poskitt says:

      hehe…ya ngga juga. tergantung lokasi dan kualitasnya juga. Kalo yg di butik2 lebih mahal. Kalo yang di toko2 grosiran lebih murah. Tapi kalo dibandingin sama Pasaraya Jakarta sih lebih murah yang di Trusmi Cirebon 😉

Leave a Reply