Kedai Kopi di Berastagi

By April 19, 2013Indonesia
kopi & teh susu + roti srikaya

Waktu ada kesempatan main ke Berastagi saya nggak punya persiapan apa-apa dan setelah tiba di Berastagi kemudian tanya ke orang-orang memang nggak banyak kegiatan yang menarik (minat saya). Akhirnya jalan kaki menyusuri kota dan kemudian saya ngeh bahwa banyak kedai kopi sederhana bertebaran. Ah, saya pecinta kedai kopi sederhana seperti ini.

suasana warung kopi

suasana warung kopi

Judulnya memang warung kopi jadi ya yang dijual memang kopi, baik itu kopi hitam atau kopi susu. Buat yang nggak suka kopi mereka menyediakan teh, sama, ada 2 pilihan juga: teh biasa atau dengan susu. Selain itu di beberapa kedai kopi ada juga yang menjual roti bakar dengan selai srikaya khas Sumatera Utara. Buat yang mau makan berat di beberapa kedai kopi ada penjual makanan yang berjualan di depan kedai.

Kedai kopi di Berastagi ini menggunakan kopi Sidikalang, yang saya juga baru tau kalo enaknya luar biasa dan disajikan dengan susu atau tidak sama enaknya. Sementara untuk tehnya mereka menggunakan teh cap harum no 37 yang keliatannya hanya dijual di Berastagi. Buat tehnya, kalau diminum gitu aja pahit sekali tapi kalau udah ditambah susu ya ampuuun…. sayang banget buat ngabisinnya. Keduanya enaknya sama, saya sampai bingung sendiri lebih suka yang mana.

penampilan kopi susu

penampilan kopi susu

Harga segelas kopi susu berbeda di setiap kedai, tergantung besar kecilnya gelas yang mereka gunakan. Tapi rata-rata Rp. 5.000 – Rp. 7.000, sementara untuk tehnya dimulai dari Rp. 3.000 – Rp. 5.000. Murah ya? 🙂

Meski letak berdekatan, kopi dan teh yang digunakan sama, harga beda tipis, dan cara pembuatan kopi/teh-nya sama tapi tetep ya beda tangan beda rasa. Dari ketiga kedai kopi yang saya coba kedai kopi Santosa yang paling pas racikannya. Kedua kedai lainnya ada yang terlalu manis atau perpaduan kopi dan susunya sedikit kurang pas :p

kopi & teh susu + roti srikaya

kopi & teh susu + roti srikaya

Kedai kopi di Berastagi ini buka sejak pukul 5 pagi dan tutup pukul 7 atau 8 malam. Sudah menjadi kebiasaan disini untuk ngopi dan ngeteh setiap ada kesempatan, terbukti saat saya mengunjungi ketiga kedai kopi ini di waktu yang berbeda dan semuanya ramai dengan pengunjung. Umumnya mereka minum kopi sambil nonton TV bersama atau sambil ngobrol. Seru juga ngeliatin penduduk lokal melakukan kegiatan dan kadang jadi ngobrol-ngobrol sama mereka disini. Jadi, jangan lupa untuk mencoba berbagai kedai kopi di Berastagi saat kalian berkunjung kesini ya!

Cari hotel murah di Berastagi lewat Agoda! Best price guarantee!

Leave a Reply