Kedai Teteh Indorasa: Favorit Makanan Sunda di Lembang


Sebenarnya Kedai Teteh Indorasa ini restoran Sunda yang sudah lama banget ada di Lembang. Dulu saya tahu ini juga dikasih tahu teman dan sampe sekarang tiap ke Lembang dan cari makanan berat yang oke langsung ingat tempat ini. Meskipun sudah lama dan penampakan fisik bangunannya juga sudah terlihat kurang terawat dengan pagar besi besar yang penuh coretan dan agak berkarat, Kedai Teteh Indorasa masih pilihan favorit orang-orang yang main ke Lembang. Alasannya adalah karena makanannya memang maknyussss.Saung Di Kedai Teteh Indorasa Lembang

Ada Apa Saja di Kedai Teteh Indorasa?

Kalau kami sih setiap kali ke sini selalu pesan nasi timbel. Di sini keunikan dari nasi timbelnya adalah selain pakai nasi putih bisa juga pakai nasi merah ataupun nasi hitam. Dan memang terbukti banyak yang pilih nasi merah/hitam setiap kali mereka pesan nasi timbel. Sayangnya kalau di hari biasa mereka cuma sedia nasi putih dan nasi merah. Untuk nasi hitam hanya tersedia di hari Sabtu dan Minggu. Mungkin karena pengunjungnya juga jauh lebih banyak di akhir pekan sehingga stok beras hitamnya tidak terbuang kalau tidak habis di hari biasa. Jarang banget loh nemu restoran yang menyajikan nasi hitam. FYI, nasi hitamnya ini benar-benar dimasak dari beras hitam, bukan jadi hitam karena dimasak dengan kluwek seperti Nasi Kalong.

Untuk paket nasi timbelnya sendiri isinya ada: nasi putih/merah/hitam, perkedel kentang, tahu, tempe, ayam bakar/goreng, jambal roti dan lalaban. Selain itu juga dikasih sambal dadak dan sebotol kecap manis yang pas banget buat dikucurin ke tahu goreng yang teksturnya lembut. Yang jadi favorit dari paket nasi timbel ini adalah tempenya yang digoreng tepung dengan bentuk sangat lebar. Jadi agak mirip gorengan kasreng yang teksturnya garing dan renyah, bedanya di tengahnya ada seiris tipis tempe. Bumbu tepung gorengnya sangat terasa khususnya cikur (kencur)-nya.Paket Nasi Timbel MerahUntuk ayamnya ada pilihan ayam bakar atau ayam goreng, paha atau dada. Kami selalu pilih ayam goreng karena disajikan dengan kremes yang kriuk-kriuk gurih, enak banget buat diaduk sama nasi. Satu lagi yang kami suka, makanan di sini selalu disajikan segar, fresh from the penggorengan. Jadi begitu piring makanan datang, tahu, tempe dan ayam gorengnya masih hangat. Cocok banget kan makan yang hangat-hangat di tengah udara Lembang yang sejuk dan kadang dingin apalagi kalau lagi hujan.

Selain paket nasi timbel masih ada pilihan menu lainnya seperti karedok dan tumis sayuran. Kalau mau seafood juga mereka selalu siap dengan berbagai olahan ikan, udang, dll.

Tempat Makannya Seperti Apa?

Kalau mau jujur sebetulnya Kedai Teteh Indorasa ini agak terlihat seperti gudang dari luar. Karena di depannya ada pagar besi besar kemudian jalanan masuknya disemen. Di bagian kiri ada rumah besar sang pemilik dan dapur yang besar juga, di sebelah kanan ada area makan. Tidak ada dekorasi yang membuat restoran ini cantik seperti layaknya restoran Sunda lain yang berusaha mempercantik diri. Pokoknya cukup fungsional saja menyajikan makanan yang enak.Kedai Teteh IndorasaUntuk area makan ada 9 saung, 2 di bagian di bawah atap besar, 7 lagi di kebun. Dulu sih semangat banget selalu pilih saung, tapi sekarang saung-saungnya sudah terlihat usang dan kebunnya juga agak tidak terawat. Tapi saung masih jadi pilihan buat yang bawa keluarga ataupun anak-anak supaya anak-anak bisa bergerak lebih leluasa dengan pengawasan yang tidak terlalu repot.


Kalau tidak suka duduk lesehan di saung, ada banyak meja kursi biasa yang bentuknya panjang, cocok juga kalau datang ramai-ramai. Toilet dan tempat cuci tangannya agak seadanya, kadang becek dan tidak ada tisu.

Tapi jangan khawatir, di luar fasilitas umum tersebut sebenarnya Kedai Teteh Indorasa ini masih punya standar yang bagus untuk makanan yang disajikannya. Hanya saja mereka butuh melakukan ‘facelift’ supaya restorannya punya atmosfer yang lebih menyenangkan.Area Makan Kedai Teteh Indorasa

Cara Menuju Kedai Teteh Indorasa

Restoran ini lokasinya gampang banget dicari, apalagi kalau yang mau ke arah Maribaya. Dari Jalan Raya Lembang terus sampai ketemu bundaran/pertigaan, yang kiri ke arah Tangkuban Perahu, yang kanan ke Pasar Panorama Lembang dan Cijeruk, sedangkan yang lurus ke arah Maribaya. Ambil yang ke arah Maribaya, tidak jauh dari pertigaan itu (sekitar 100 meter) di sebelah kiri ada gerbang besar dan tulisan Kedai Teteh Indorasa. Masuk saja karena tempat parkir di dalamnya sangat luas.

Kedai Teteh Indorasa
Jalan Raya Maribaya no 9, Lembang
(022) 278 6923
Jam buka: Rabu-Minggu 0900-2100, Tutup setiap Selasa
Harga: Paket Nasi Timbel Rp39.000, Teh tawar panas Rp3.500

Leave a Reply