Lau Pa Sat, Marina, Singapore

By November 13, 2016Wisata Kuliner Singapore
Lau Pa Sat Marina Singapore Dalam

Dibangun akhir tahun 1800an, Lau Pa Sat yang kini menjadi bangunan ikonik dan bersejarah adalah sebuah food court modern yang berjarak cuma 10 menit jalan kaki dari Merlion, dekat Marina Bay dan Chinatown. Beberapa mungkin menyebut food court ini Telok Ayer Market karena dulunya pasar ini punya nama Melayu seperti itu.

Bangunan bersejarah ini memiliki bentuk segi 8 yang keren, ditopang oleh tiang-tiang baja dan diatasnya tergantung kipas angin raksasa untuk mengalirkan udara di sekitar struktur bangunan. Di dalamnya dipenuhi oleh konter-konter yang menjual beragam jenis makanan dan minuman mulai dari Indian, Singaporean, Korean sampai Western.Lau Pa Sat Marina Singapore Roasted DelightKarena bentuknya segi 8, kami sempat bingung dan berputar-putar beberapa kali sebelum bisa menemukan arah & tujuan. Pertama karena banyak banget pilihannya, kedua karena semua pintu masuknya mirip. Akhirnya mencoba beberapa makanan dari konter-konter di sini, di antaranya roasted pork noodles, Mango Milk Ice dan roasted chicken rice.

Kami suka semua makanannya, tapi tentunya masih banyak lagi makanan yang harus dicoba di sini. Tidak akan cukup berhari-hari kalau mau mencoba semua makanannya. Dan dari hasil pengamatan kami ada banyak makanan yang menggoda. Saking banyaknya, semua orang pasti akan menemukan makanan yang bisa dipilih di sini.

Bagi yang mencari makanan HALAL, tidak perlu khawatir karena ada banyak konter makanan Indonesia, Malaysia dan India. Kalau tidak terlalu mencari sertifikasi halal, ada banyak pilihan kalau mau menghindari pork. Tapi ada beberapa konter makanan yang jelas-jelas menaruh stiker sertifikasi Halal di depannya koq, termasuk konter Roasted Chicken Rice yang kami coba.Lau Pa Sat Marina Singapore Chicken RiceYang kami suka tentang Lau Pa Sat ini adalah lokasinya yang cukup dekat dengan objek-objek wisata terkenal di Singapore dan food court ini buka sampai malam. Jadi kalau lagi jalan-jalan malam hari di sekitar Marina Bay atau Merlion dan mau cari makan bisa langsung ke sini. Sebenarnya food court ini buka 24 jam, tapi waktu kami ke sini sekitar jam 9 atau 10 malam ada beberapa konter yang sudah tutup. Namun masih ada yang buka juga koq, cuma makin malam/pagi akan semakin sepi.

Kami sangat suka Lau Pa Sat. Beberapa food critic mengatakan bahwa tempat ini tidak otentik karena bentuknya tidak biasa, konternya lebih modern dari food court pada umumnya dan di sini ada banyak turis. Menurut kami Lau Pa Sat masih bisa dibilang hawker centre biasa, hanya saja penampakannya mungkin lebih modern. Tapi variasi makanan dan harganya mirip dengan food court lainnya. Lau Pa Sat Marina Singapore Roast PorkJadi kalau kamu kelaparan di malam hari atau malas ke hawker center yang ada di area suburb, kami sangat merekomendasikan mampir ke Lau Pa Sat.

Lau Pa Sat
18 Raffles Quay, Singapore
Jam Buka: 24 hours (most stalls close during the night)
Roasted Pork Noodles: $4
Mango Milk Ice: $2.90
Roasted Chicken Rice: $4

Leave a Reply