Litchfield National Park di Northern Territory, Australia

Litchfield National Park - Wangi Falls

Kalau dengar Taman Nasional saya langsung kepikiran Bromo atau Ijen yang punya satu objek wisata besar yang selalu ramai dikunjungi turis. Namun ternyata di Australia, selain banyak sekali Taman Nasional-nya, di satu taman nasional juga ada banyak sekali objek wisata yang bisa dikunjungi. Beberapa waktu yang lalu kami baru saja menjelajahi Northern Territory selama kurang lebih 10 hari. Dimulai dari Darwin, kami sempat mampir ke 3 Taman Nasional besar yang ada di daerah tersebut. Taman nasional pertama yang akan kami bahas adalah Litchfield National Park.Litchfield National Park Buley Rockhole

What to do di Litchfield National Park

Taman nasional seluas 1500 km persegi ini menawarkan banyak sekali aktivitas wisata yang menarik. Berikut ini daftar objek wisata menarik yang ada di Litchfield National Park:

  • Rumah Semut (Termite Mounds): memang katanya di Papua juga ada, tapi kalau sedang di Litchfield, sekalian saja mampir ke area yang memang sudah dikhususkan bagi pengunjung untuk bisa melihat rumah semut dari dekat serta memahami proses terbentuknya rumah semut. Di sana ada 2 jenis rumah semut, satu yang rumahnya berorientasi dari utara ke selatan untuk meminimalisasi panas matahari di dalam rumahnya, satu lagi yang bentuknya bisa menggendut raksasa hingga tingginya lebih dari 2 meter, bahkan ada yang berbentuk seperti katedral. PS: termite = rayap, tapi masih keluarga semut 🙂Litchfield National Park - Cathedral Termite Mound
  • Air terjun yang kolamnya luas dan bisa dipakai berenang. Di Litchfield ada banyak sekali air terjun yang cantik dan wajib dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah Cascades, Buley Rockhole, Tjaetaba Falls, Florence Falls dan Wangi Falls.Litchfield Florence Falls Litchfield National Park - The Cascades Litchfield Tjaetaba Waterfall
  • Air terjun yang cantik dilihat dari kejauhan: Tolmer Falls
  • Tabletop Swamp: meskipun namanya rawa, tapi cantik dan bisa bird spottingLitchfield Billabong

Cara menuju Litchfield National Park

Litchfield National Park berlokasi kurang lebih 120 km barat daya Darwin, bisa dicapai melalui kota kecil bernama Batchelor. Tidak usah khawatir, akses jalanannya sudah beraspal semua. Kalau sedang musim kering, bisa lewat alternatif jalan Cox Peninsula (beberapa bagian masih belum beraspal) dan Daly River (khusus untuk kendaraan 4WD).


Tips Jelajah Litchfield National Park

  • Sebelum masuk area taman nasional jangan lupa mampir dulu ke Visitor Information Bay. Di sana ada peta dan informasi lengkap tentang Litchfield NP. Silakan ambil selembar copy peta yang sudah disiapkan untuk para pengunjung.
  • Tidak ada pom bensin, jadi siap-siap isi full tank di kota terdekat sebelum masuk taman nasional ini.
  • Kalau ada tanda dilarang berenang, patuhi saja karena di Northern Territory memang terkenal banyak buayanya.
  • Air yang tersedia di kran-kran di taman nasional tidak bisa langsung diminum, harus dimasak terlebih dahulu.
  • Tidak ada sinyal komunikasi di hampir seluruh area taman nasional. Tapiiii…..di picnic area Wangi Falls ada WIFI GRATIS mulai dari jam buka hingga tutupnya cafe yang ada di sana.
  • Untuk akomodasi, ada caravan park komersil ataupun camping ground yang disediakan oleh departemen kehutanan. Tarif camping di camping ground 6.6 AUD per orang bisa menggunakan fasilitas kamar mandi (mandi & toilet) serta BBQ.
  • Di seluruh area taman nasional tidak disediakan tempat sampah. Jadi bawa plastik sampah sendiri, masukkan semua sampah ke dalam kantong, simpan di mobil dan buang di tempat sampah di luar area taman nasional.

Jadi tunggu apa lagi, coba deh kalau pas jalan-jalan ke Darwin mampir ke Litchfield National Park. Oh ya, lupa…ada satu lagi informasi penting tentang taman nasional ini: FREE ENTRY FEE! alias tidak ada tiket masuk yang diberlakukan bagi setiap pengunjungnya. Hore!!

Litchfield Rubbish Bin sign Litchfield Free Wifi Adam & Susan Pergi Dulu at Litchfield National Park

Join the discussion 6 Comments

Leave a Reply