Maewmoth Cafe: Cat Cafe pertama di Chiang Mai

Munchkin cat yang menggemaskan

Sudah mengunjungi Catmosphere Cat Cafe tidak membuat saya puas. Karena mudah ke mana-mana dan lagipula cat cafe di Chiang Mai ini tidak berbayar, maka saya membujuk Adam untuk mengunjungi cat cafe lainnya. Maewmoth Cafe ini justru cat cafe pertama di Chiang Mai. Lokasinya di area yang dekat dengan kompleks universitas, tidak jauh dari Wat Umong. Sepertinya lebih sulit dicari karena lokasinya di jalanan kecil dan berbelok-belok. Tapi asal ikut petunjuk di foursquare pasti gampang ketemunya.Awalnya saya agak takut ke Maewmoth Cafe karena kalau lihat di foursquare sepertinya selalu penuh dan ramai pengunjung. Namun saat itu kami datang sekitar jam 11, beruntung sekali karena kami satu-satunya pengunjung di sana! Namun tak lama kemudian pengunjung lain pun mulai berdatangan satu per satu. Kebanyakan lokal, anak-anak kuliahan/sekolah yang mempir untuk main-main dengan kucing, namun ada juga beberapa bule yang dengat kabar tentang cat cafe di Chiang Mai dan penasaran.

Ruangan di Maewmoth Cafe

Ruangan di Maewmoth Cafe

Seperti catmosphere, cafe ini juga menggunakan meja-meja pendek dan bantalan untuk duduk di lantai. Areanya lebih besar dari Catmosphere Β dan kucingnya pun lebih banyak, katanya ada 25 ekor! Untuk masuk tidak perlu bayar, tapi diharapkan beli makanan dan minuman. Minumannya sekitar 65 baht. Kami tidak pesan makanan tapi kalau lihat dari meja lainnya sepertinya porsinya cukup besar, ada toast with ice cream on top, seperti roti roppan yang kotak tebal kemudian ditambah es krim di atasnya.

Peraturan di Maewmoth Cafe

Peraturan di Maewmoth Cafe

Karena ruangannya lebih luas, ruang gerak manusia dan kucingnya pun lebih luas. Ada kucing yang suka lari-lari, berantem dengan sesama, stalking kucing lain, tidur terus, pokoknya lucu-lucu deh tingkah lakunya. Di sana ada ruangan kaca yang katanya ruang istirahat buat kucing yang sudah malas main, atau buat kucing yang katanya dihukum (kalau nakal). Pernah saya perhatikan ada kucing yang selalu mengintimidasi kucing bengal sehingga si bengal selalu menggeram kalau di kucing lain itu mendekati. Beberapa insiden terjadi, sampai akhirnya sang pengawas kucing mengambil si bengal dan memasukkan ke ruang kaca. Bukan dihukum sih kayaknya, cuma untuk menghindari keributan aja.


Si raja kucing

Si raja kucing

Bedanya dengan Catmosphere, di sini kucing-kucingnya tidak diberi nama. Atau mungkin sebenarnya ada sih nama masing-masingnya, tapi tidak dibuatkan list untuk ditunjukkan kepada para pengunjung. Kalau lihat di webnya sih ada beberapa yang dipajang di sana foto dan namanya. Jadinya kami menamakan sendiri kucing-kucing tersebut, ada yang kami panggil ‘flat face’, ‘king of the cat’, ‘short-legged’, dll. Jenis kucing di sana cukup beragam, ada persian, siamese, bangel, scottish fold sampai yang paling unik ada munchkin cat.

Munchkin cat yang sulit didekati

Munchkin cat yang sulit didekati

Pokoknya setiap kali saya ke cat cafe, selalu keluar dengan hati senang. Oh ya, dengar-dengar ada 1 cat cafe lagi di Chiang Mai. Namanya Love Cats Cafe, lokasinya di The Harbour, Huay Kaew Road. Kali ini belum sempat ke sana. Artinya ada alasan untuk kembali ke Chiang Mai πŸ™‚ Semoga segera ada Dog Cafe seperti yang ada di Korea juga.
Oh ya, silakan menikmati video kompilasi Maewmoth Cafe dan Cathmosphere Cafe berikut ini. Gemesin banget deh!

Come to me, baby

Come to me, baby

Penjaga helm

Penjaga helm

I'm your master

I’m your master

Munchkin cat sebetulnya malformed

Munchkin cat sebetulnya malformed

Muka baru bangun tidur

Muka baru bangun tidur

Join the discussion 9 Comments

  • omaygaaatttttt itu si penjaga helm kiyutt amaattt
    aku udah ga sabaaar, bentar lagi di Jakarta juga bakalan ada cat cafee aakkk aaaaaaaawww

  • vira says:

    itu kok kucingnya bisa nemplok ke punggung Adam? kalo di kafe ini pengunjung boleh gendong kucing gak?
    trus itu yang ‘come to me baby’ kocak abis posenyaaa, pas banget sama caption :))
    tapi semuanya minta diuyel-uyel banget sih ini ..

    • Susan Natalia Poskitt says:

      eh….emang ada yang ga boleh digendong kucingnya? iya itu yang nemplok di punggung adam mmg lucu banget. jadi adam lagi bungkuk mau foto kucing lain, eh tiba2 dia lompat aja gitu ke punggungnya adam trus nemplok di sana πŸ˜‰

  • Rodame MN says:

    Hai mbak Susan, salam kenal πŸ™‚ kunjungan perdana nih, langsung ketemu tulisan ini. Oh yes, aku mmg suka banget ama kucing. Wah jadi pengen kesana liat dan main langsung dengan mereka. Tampak kucingnya sehat-sehat dan bersih bahkan lantainya keliatan mengkilat ya πŸ™‚ senangnya pasti si penjaga dan pemilik cafe benar2 jaga kebersihan semuanya. asyik banget liputannya πŸ™‚ aku skalian blogwalking eh ketemu postingan yg lagi ada kuis berhadiah kamera pulak, kece… ah pengen ikutan juga πŸ™‚ semoga berkenan.
    Salam hangat
    Rodame MN
    Bogor

  • Fahmi says:

    Yak, masukin chiang mai ke must visit list city~ πŸ˜€ Aduh! empusnya lucu semua πŸ˜€

    • Susan Natalia Poskitt says:

      wah….kamu kalo ke cat cafe serasa di surga kayaknya. Kami suka chiang mai, atmosfernya menyenangkan sekali dan bikin lebih kreatif serta produktif. mungkin bisa kami pertimbangin buat tinggal di sana? Kmrn kami coba 1 bulan dan sangat menyenangkan sekali. Living costnya sih murah banget, cuma ya harus siapin budget untuk akomodasi.

Leave a Reply