Masuk ke Thailand dari Laos: Vientiane ke Nong Khai

IMG_1445

Kalau sebelumnya kami bagikan langkah-langkah masuk ke Laos dari Thailand, kali ini kami bagikan alternatif caraΒ masuk ke Thailand dari Laos, yaitu melalui Vientiane kemudian masuk ke Thailand melalui Nong Khai. Vientiane yang merupakan ibu kota Laos ini memang berbagi Sungai Mekong dengan kota kecil di Thailand tersebut. Vientiane adalah kota yang cukup menyenangkan karena sudah cukup modern dibandingkan kota-kota lainnya di Laos, sedangkan Nong Khai walaupun kecil namun cukup menarik untuk dilirik.

Sculpture Park in Nong Khai Thailand

Sculpture Park in Nong Khai Thailand

Tahapan masuk ke Thailand dari Laos: Vientiane – Border

Untuk menuju ke border, cara yang paling mudah adalah naik bis jurusan Vientiane – Nong Khai. Bis ini akan menunggu penumpangnya melewati imigrasi di kedua negara. Bis ini berangkat dari stasiun bis dekat morning market (biasa dikenal dengan Talat Sao dalam bahasa lokal). Biasanya banyak guesthouse di Vientiane yang akan menawarkan tiket ini, namun harganya jauh lebih mahal dan sebenarnya guesthouse hanya membantu transportasi dari guesthouse ke stasiun bis.

Special deal!
Kalau mau travel ke Laos, kami rekomendasikan Lonely Planet Laos. Buku ini harganya kira-kira Rp.300,000 di Indonesia, tapi kami punya special deals dengan the Book Depositorylebih murah dan ongkos kirim gratis!
Cek Harga

Untuk mencapai stasiun dari guesthouse bisa naik tuktuk. For info, tuktuk di sekitar pusat guesthouse biasanya mematok harga cukup tinggi, sekitar 50000 kip kemana pun tujuan kita. Padahal dari daerah pusat guesthouse ke morning market sebetulnya tidak terlalu jauh. Kalau tidak bawa barang banyak mungkin bisa jalan kaki. Namun jika naik tuktuk, tawarlah dengan keras. Kemarin ini kami dapat harga 15000 kip untuk 2 orang.


Sesampainya di stasiun, pergilah ke konter tiket dan beli tiket langsung disana. Jangan beli dari calo (kalau ada yang mencoba menawarkan). Harga tiket resmi adalah 15000 kip untuk hari biasa dan 17000 kip saat weekend. Ada beberapa jadwal keberangkatan, di antaranya pukul 7.30 pagi, 9.30 pagi dan 12.40 siang. Jika bis sudah siap, penumpang akan dipersilahkan naik dengan menunjukkan tiket dan duduk di nomer yang tertera di tiket. Perjalanan dari stasiun bis ke border akan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Laos-Thailand Friendship Bridge

Untuk menyeberang perbatasan antara Laos dan Thailand kali ini tidak perlu naik perahu karena sudah dibangun jembatan yang diberi nama Laos-Thailand Friendship Bridge. Bis yang membawa penumpang dari stasiun bis akan berhenti di perbatasan sisi Laos dan menunggu penumpangnya mengurus proses imigrasi dan mendapatkan cap keluar.

Setelah mendapat cap keluar, kalian akan melihat konter dengan tulisan ‘Exit Fee’. Entah fungsinya apa, tapi kadang ditagih kadang tidak. Fee tersebut sebesar 9000 kip, di tiket tersebut tertera overtime fee, mungkin itu ditagih kalau di luar waktu kerja normal (weekend atau sudah malam). Pokoknya jalan saja, kalau ditagih ya bayar, kalau tidak ada yang meyetop ya lanjut saja πŸ™‚

Perlu diingat proses imigrasi ini harus dilakukan dengan cepat, jangan leha-leha karena biasanya supir bis dan asistennya agak tidak sabaran. Jadi jangan sampai kamu jadi orang yang terakhir masuk bis karena itu berarti kamu sudah ditunggu oleh semua penumpang bis. Ya ga apa-apa juga sih, tapi jangan sampai karena kelamaan malah ditinggal oleh bis.

Dalam kasus tertahannya saya gara-gara free visa yang tidak jelas di tahun 2010, saya dan teman saya yang setia menunggu saya memang akhirnya ditinggal oleh bis, namun barang bawaan kami juga sudah diturunkan oleh asisten supir bis. Kalau kalian mengalami hal ini, jangan panik, naik saja bis yang berikutnya.

Dari border sisi Laos, bis akan mengantar menyebrangi Friendship Bridge menuju sisi Thailand. Disana semua penumpang harus turun membawa barang bawaannya untuk proses scanning x-ray. Prosesnya seperti biasa:

  • ambil formulir kedatangan, isi dengan lengkap
  • antri di loket untuk mendapatkan cap masuk
  • setelah mendapat cap masuk, lewat bagian scanning, masukkan semua barang bawaan ke mesin scanner.
  • langsung kembali lagi ke bis karena bis tersebut masih setia menunggu semua penumpangnya.

Tahapan masuk ke Thailand dari Laos: Friendship Bridge – Stasiun Bis Nong Khai

Destinasi terakhir dari bis tersebut adalah stasiun bis Nong Khai, terletak kurang lebih 2 km dari border. Dari stasiun bis, jika berencana menginap di Nong Khai, carilah tuk-tuk untuk mengantar ke guesthouse. Jangan lupa, ganti mata uangnya jadi baht. Jika mau lanjut ke kota lain (Bangkok, Nakhon Ratchasima, dll) tinggal lihat jadwal bis disana dan menunggu untuk perjalanan selanjutnya.Β Jika butuh informasi penginapan dengan harga yang terbaik di Nong Khai, silahkan cek disini.

Join the discussion 7 Comments

  • savira says:

    berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai di bangkok-Thai… boleh minta detail waktunya?? πŸ˜€

    note : love ur blog.. sangat informatif dan membantu sekali… πŸ™‚

    • Susan says:

      Thank you :))
      Dari Vientiane ke Nong Khai (border town di Thailand), perjalanan & proses imigrasi kira-kira 2-3 jam (tergantung di bordernya lagi ramai atau tidak). Dari Nong Khai ke Bangkok naik bis kira2 makan waktu 9 jam.

      • savira says:

        wow… lama bangettt 9 jam… πŸ˜€
        mesti bawa monopoli ato congklak nih kyknya hehe…

        eniwei thanks a lot yahh..

        eh iya u know hematwisata.blogspot? lihat2 yah klo ada waktu.. hehe itu aku n temen yg kelola…

        sincerely
        Vira

        • Susan says:

          Di Laos kebanyakan kemana-mana lama perjalanannya, soalnya berliku-liku naek turun gunung. Yg suka mabok harus siap2 antimo….hehe.

          Ok sip, nti kita mampir kesana πŸ™‚

          Thanks πŸ™‚

  • savira says:

    Ah really?.. Wow kyknya mmg bth antimo.. Hehe..
    Saw ur timeline on twitter.. Nice.. πŸ™‚

  • Pradia says:

    Mau tanya dunk kak, kalau ditinggal bis di border laos..tasnya bakal diturunin dimana? In case aja sih, emang aman turun border laos ninggal tas di bus ya? Thanks membantu blognya.

    • Susan Natalia Poskitt says:

      Biasanya sih ga akan ditinggal sama bisnya.
      Kebanyakan kalo naik bis lewat border harus bawa semua barang bawaannya turun (di sisi masuk).
      Kalau sampe misalnya kelamaan & terpaksa ditinggal, ya pasti diturunin di tempat kamu belum naik, ga mungkin di bawa ke border yang satunya.
      No need to worry lah. Biasanya para supir bis perhatian banget koq sama penumpang, jarang banget yang sampe ditinggal tanpa alasan jelas πŸ™‚

Leave a Reply