Night Safari, Singapore

Night Safari Singapore

Meskipun Night Safari ini sudah lama ada di Singapore dan kami juga sudah beberapa kali ke Singapore, rencana ke Night Safari selalu gagal karena malas keluar jauh-jauh di malam hari. Akhirnya awal bulan Oktober 2016, kami sekalian mengunjungi Singapore Zoo, River Safari dan Night Safari dalam satu hari.

Apakah mungkin mengunjungi ketiga tempat tersebut dalam satu hari? Mungkin banget! Tapi siapkan stamina yang kuat karena bakal cape banget sih, apalagi kalau mulainya dari pagi. Kemarin kami mulai dari jam 13:00 dan pulang sekitar jam 21:30.Antrian Masuk Ke Night Safari

Ada Apa di Night Safari?

Dibuka sejak 1994, Night Safari Singapore ini merupakan nocturnal wildlife park pertama di dunia. Apa serunya lihat binatang malam-malam? Lho…justru sebagian besar binatang liar, khususnya predator lebih aktif di malam hari. Oleh karena itu kalau siang hari biasanya di Singapore Zoo atau kebun binatang lain binatangnya banyak yang tidur atau terlihat malas-malasan, di Night Safari ini malah bangun dan aktif.

Di Night Safari ini ada 2  pilihan untuk menjelajahi kompleksnya:

  1. Naik tram untuk keliling 7 zona geografi disertai commentary sepanjang jalan (40 menit).
  2. Jalan kaki melalui 4 jalur walking trail (Fishing Cat, Leopard, East Lodge, Wallaby).

Melihat Binatang Dari Dalam TramSecara pribadi kami lebih suka jalan kaki karena bisa lebih santai melihat binatangnya. Sebenarnya naik tram juga kadang tramnya berhenti sebentar, tapi kalau naik tram jaraknya cukup jauh dengan binatang.

Jalur jalan kaki dengan jalur tram tidak sama persis. Bahkan tidak boleh jalan kaki di jalur tram. Tapi ada beberapa ekshibit yang bisa sama-sama dilihat oleh kedua jalur. Berdasarkan info data, kalau jalan kaki bisa lihat 41 ekshibit, sedangkan kalau naik tram bisa lihat 38 ekshibit.

Jalur jalan kaki memang agak remang-remang, tapi tidak terlalu gelap sampai harus pakai senter. Memang sengaja dibuat begitu untuk menyesuaikan dengan kondisi hidup para binatang malam. Kalau mau foto jangan pake flash karena bisa menyebabkan kebutaan pada binatang.Jalan Kaki Di Night Safari Singapore

Atraksi Favorit di Night Safari

Kami tidak sempat menjalani semua rute walking trail, namun sudah naik tram satu keliling penuh. Berdasarkan pengalaman pribadi kami suka:


Leopard Trail

Sebagai pecinta kucing kami suka walking trail yang ini karena banyak spesies kucing yang unik-unik. Beberapa di antaranya Golden Cat, Clouded Leopard yang cakep banget motifnya, Leopard, Leopard Cat — itu semua beda-beda loh. Terus ada juga Binturong yang sering disebut bearcat — mukanya kayak kucing, badannya kayak beruang kecil, ekornya kayak ekor monyet yang dipakai untuk bergelantung.Binturong Di Show Night Safari

Creatures of the Night Show

Ini ga terlalu kayak sirkus di mana binatang-binatangnya melakukan banyak atraksi sih. Tapi seru aja karena jarang-jarang ada pertunjukan binatang malam. Kebanyakan kayak showcasing aja sih karakter binatang yang ini seperti apa, dll. Beberapa binatang unik yang nongol di pertunjukan ini: berang-berang, binturong, rakun, hyena dan sejenis kucing besar. Pertunjukannya berlangsung selama 30 menit di Amphitheater.

Thumbuakar Tribal Dancers

Jujur kami menyesal karena salah ngatur waktu sehingga terlewat pertunjukan tarian api ini. Kalau hari biasa fire dance ini muncul 3 kali, yaitu jam 19:00, 20:00 dan yang terakir 21:00. Pertunjukannya sih cuma 10 menit, tapi seru aja karena mereka main sembur-sembur api. Lokasinya ada di plaza di bagian luar sebelum gate masuk.Pertunjukan Night Creatures

Info dan Tips Night Safari

  • Tidak perlu booking tiket secara online atau beli dulu jauh-jauh hari karena bisa datang langsung dan beli di konter.
  • Harga tiket resmi ada di website. Kadang kalau hotel ada yang menawarkan harga lebih murah dan sudah termasuk transport, beli saja dari mereka.
  • Kalau beli tiket langsung di tempat, usahakan beli beberapa jam sebelumnya. Apalagi kalau mau nonton Creatures of the Night Show yang pertama (jam 19:30) karena kadang kalau sudah penuh kapasitasnya harus ambil jam pertunjukan berikutnya.
  • Untuk show jam 19:30 pastikan sudah ada di depan gate jam 19:15. Pengunjung bahkan biasanya sudah mulai antri sejak jam 18:45. (Pengunjung antri supaya nanti waktu masuk amphiteater bisa dapat posisi yang bagus).
  • Show jam 19:30 selalu paling ramai karena kebanyakan orang mau ambil slot yang pertama, apalagi yang bawa anak kecil supaya pulangnya tidak terlalu malam.
  • Pastikan pakai alas kaki yang nyaman kalau mau jalan kaki di walking trail-nya.
  • Siapkan waktu sekitar 2.5 – 3 jam (di dalam) kalau mau puas ngubek-ngubek Night Safari.

Binatang Lebih Aktif Di Malam Hari

Transportasi ke Night Safari

Untuk ke Night Safari ini caranya sama dengan menuju Singapore Zoo dan River Safari, yaitu:

  • kalau naik MRT jalur North South Line (merah), berhenti di Ang Mo Kio (NS16) kemudian ganti dengan bis no 138. Bus paling akhir jam 12 malam.
  • kalau naik MRT jalur North South Line (merah), berhenti di Choa Chu Kang (NS4) kemudian ganti dengan bis no 927. Bus paling akhir jam 00:21 malam.
  • khusus hari Minggu dan hari libur, ada bis no 926 yang bisa dinaiki dari stasiun MRT Marsiling (NS8) atau Woodlands (NS9). Bus paling akhir jam 18:15 sore.

Night Safari
80 Mandai Lake Road
www.nightsafari.com.sg

Jam buka: setiap hari 19:30-00:00
Creatures of the night show: setiap hari jam 19:30, 20:30, 21:30 (weekend ditambah jam 22:30)

Harga tiket: $45 (dewasa), $30 (anak-anak umur 3-12 tahun)

Leave a Reply