Penginapan Sri Muntai di Muara Muntai, Kaltim – kampung suku Kutai

By January 1, 2013Indonesia
no image added yet.

Siapa tau ada dari kalian yang mendadak main ke Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, untuk lihat pesut atau urusan lainnya, sekalian saja main ke Muara Muntai (dekat Tenggarong) untuk nyobain bermalam di kampungnya orang-orang suku Kutai. Muara Muntai ini merupakan kampung yang terletak diatas air dan memiliki jembatan terpanjang di Kalimantan. Sayang pas kesana pas airnya belum naik, jadi suasana tinggal di atas airnya kurang berasa. Penginapan Sri Muntai ini bisa dijadikan rekomendasi.

Tampak depan Sri Muntai

Tampak depan Sri Muntai

Lokasi Sri Muntai

Menginap di Sri Muntai berarti menginap di tengah huru-hara pasar. Wilayah penginapan ini memang berada di sekeliling orang jualan. Enak? iya doong… Makan gampang karena ada banyak warung makan di sekitarnya, mau beli kebutuhan harian juga mudah banyak toko kelontong dan baju berserakan, apalagi kalau kita kesininya sendirian jadinya nggak berasa sepi. Letaknya nggak jauh dari dermaga utama Muara Muntai, hanya jalan kaki sekitar 7 menit kita pun tiba di penginapan. Kalau saya malah nggak turun di dermaganya, tapi di dekat sebuah warung trus tinggal jalan ke dalem 3 menit deh.

Suasana di sekitar penginapan

Suasana di sekitar penginapan

Kamar di Sri Muntai

Hanya ada 2 pilihan kamar disini, untuk sendiri atau berdua. Kebetulan saya datang sendirian jadi ambil kamar yang hanya terdiri dari 1 kasur, meja kecil dan kipas angin. Kamarnya sederhana sekali tapi bersih. Kasurnya memang bukan spring bed tapi masih layak untuk tidur nyenyak. Semua kamarnya nggak ada yang ber-AC dan tanpa kamar mandi di dalam.

Kamar di Sri Muntai

Kamar di Sri Muntai

Fasilitas di Sri Muntai

Untuk penginapan (yang menurut saya) berada di tengah antah berantah, Sri Muntai ini ada TV Cable loh.. meskipun letaknya di ruangan tengah. Asik buat saya ngabisin waktu malem hari. Mereka juga memberikan kopi dan teh secara cuma-cuma, mau minum sehari 7x juga silakan 😀 Kamarnya memang kecil, tapi di bagian luar kamarnya disediakan meja panjang untuk makan dan kursi-kursi buat menonton TV.

Kamar mandi dengan bak dan kloset duduk

Kamar mandi dengan bak dan kloset duduk

Ruang tengah di penginapan

Ruang tengah di penginapan

Rentang Harga
Rp. 50.000,- (untuk single room)
Rp. 80.000,- (untuk double room)

Skor Pergi Dulu
9/10 – Harga kamar, lokasi, dan apa yang didapat sudah oke banget. Cuma selama disana 2 malam, kamarnya banyak nyamuk.

Kontak
Pak Udin – 085250733351 (Pak Udin ini boatman untuk sekalian arrange tripnya)

Leave a Reply