Penginapan di Wakatobi

By December 23, 2012Indonesia

Jalan-jalan ke Wakatobi tidak perlu khawatir mengenai pilihan akomodasi. Selain penginapan sederhana yang bentuknya seperti rumah, ada juga yang bentuknya rumah panggung. Namun ada juga pilihan untuk menginap di rumah-rumah penduduk yang disewakan. Berikut merupakan penginapan di Wakatobi yang saya gunakan saat berkunjung ke Wangi-wangi, Kaledupa dan Tomia.

suasana di dalam penginapan di Wakatobi

suasana di dalam penginapan di Wakatobi

Penginapan Jelly, Wangi-wangi

kamar sederhana di penginapan Jelly

kamar sederhana di penginapan Jelly

Penginapan di Wakatobi yang saya gunakan ini merupakan penginapan kecil yang laku banget. Saya ke Wangi-wangi di hari pertama tiba dan hari terakhir sebelum pulang dan 8 kamarnya selalu terisi tamu. Lokasi penginapan Jelly ini memang ok sih, letaknya bersebrangan dengan puskesmas, bersebelahan dengan pusat informasi bagi wisatawan, hanya jalan kaki 3 menit menuju alun-alun dan 5 menit jalan kaki menuju pasar tradisional.

Kamarnya besar terdiri dari tempat tidur untuk 2 orang (hanya 2 kamar yang twin-bed), kamar mandi dalam, AC, TV dan space kosong untuk taro barang yang luas. Oh, yang paling menyenangkan adalah mereka menyediakan guling! Kamarnya juga bersih dan ACnya menyala dengan baik. Setiap pagi juga mereka memberikan pisang goreng dan teh manis untuk sarapan.

Kamar mandi di penginapan Jelly

Kamar mandi di penginapan Jelly

Di luar kamar ada 2 ruang tamu dan teras yang bisa digunakan untuk santai-santai. Oh ya, bentukan penginapan Jelly adalah rumah, jadi ruang tamunya ya selayaknya di rumah bentukannya. Listrik di penginapan ini tersedia 24 jam.

Penginapan Jelly
Jl. Samburakka no. 77, Wangi-wangi
T: 085299427789
Rp. 80.000 (biasa, tanpa remote AC)
Rp.120.000 (dengan remote AC) 


Madya Siru, Kaledupa

Tampak depan penginapan di Kaledupa

Tampak depan penginapan di Kaledupa

Ini penginapan di Wakatobi favorit saya selama perjalanan ke Wakatobi karena penginapan Madya Siru ini berbentuk rumah panggung! Letak penginapan Madya Siru itu di desa Ambeua berjarak 20 menit menggunakan mobil dari dermaga penyebrangan. Nah, sepanjang perjalanan menuju penginapan saya memang melihat kalau di Kaledupa ini sekitar 90% rumah penduduknya merupakan rumah panggung dan saya pun berkhayal untuk bisa nginep di rumah panggung ini, eh kesampaian!

Kamar di Madya Siru tidak besar dan dari 8 kamar yang tersedia semuanya tidak memiliki kamar mandi di dalam. Mereka menyediakan 3 kamar mandi di lantai atas (tempat 8 kamar berada) dan juga ada kamar mandi dibawah, tapi saya nggak sempet cek ada berapa. Baik kamar mandi dan kamar tidurnya kondisinya bersih. Kamarnya nggak pakai spring bed dan hanya menggunakan kipas angin, tapi karena lingkungan sekitarnya banyak pepohonan jadinya suhunya adem. Ada banyak ruangan kosong yang bisa digunakan untuk duduk-duduk atau mau bebenah barang. Listriknya tersedia 24 jam disini.

Ini WCnya dan letak kamar mandinya bersebelahan

Ini WCnya dan letak kamar mandinya bersebelahan

Saya nggak terlalu memperhatikan sekitar, tapi kalau mau makan tinggal ke warung makan di seberang penginapan dan kalau mau ke Pulau Hoga atau Sampela (kampung suku Bajo) hanya jalan kaki 15 menit sudah tiba di dermaga penyebrangan.

Madya Siru
T: 085241608933
Harga Kamar: Rp. 30.000,-/orang 

Penginapan di Wakatobi berupa Rumah penduduk di Tomia

Rumah penduduk di Tomia

Rumah penduduk di Tomia

Di Pulau Tomia saya nggak melihat banyak penginapan umum jadi saya pun menginap di salah satu rumah warga. Rumahnya besar dan terdiri dari 2 kamar yang masing-masing memiliki kamar mandinya sendiri. Yang paling istimewa sih harga kamarnya hanya Rp. 10.000,-/orang/malam dan saat itu saya pergi ber-6 kami pun diberikan satu rumah untuk kami tinggali sementara yang punya rumah mengungsi ke rumah saudaranya! Listrik tersedia 24 jam meskipun kadang suka dapet giliran mati.

Nah, udah punya dong gambaran mengenai harga dan menginap dimana kalau ke Wakatobi? Yuk, segera berangkat!

Pastikan baca artikel kami tentang makanan di Wakatobiaktivitas di Wakatobi dan how to get to Wakatobi.

Cari hotel murah lewat Agoda. Best price guarantee!

 

Leave a Reply