Profil Travel Blogger: Aggy

Nyante di Santorini, Yunani

Sudah genap setahun kami menampilkan 12 Profil Travel Blogger di blog kami, mulai dari blogger yang sekaligus penulis buku, editor, pekerja kantoran, fotografer sampai ke blogger bertaraf internasional. Kami berusaha untuk terus menampilkan profil-profil yang segar dan beragam. Kali ini kami memilih seorang travel blogger yang memulai blognya saat dia sedang studi di luar negeri. Dari pengalaman study abroad-nya dia juga banyak mendapatkan pengalaman traveling yang seru. Penasaran kan dengan kisah cewek yang satu ini? Yuk langsung saja baca profil berikut.


Nama: Aggy

Twitter: @dewtraveller

URL (blog): http://dreamexplorewander.com

Kota Asal: Yogyakarta, Indonesia

Domisili: Yogyakarta, Indonesia (for now!)

Ceritakan sedikit tentang Aggy
Saya Aggy, cerewet dan suka banget jalan-jalan. Secara formal, saya lulusan Computer Science, baru ini saya pulang dari Eropa setelah nyelesaiin kuliah program Erasmus Mundus. Selama ini udah pernah tinggal di 5 negara dan sangat kecanduan travelling, karena saya percaya dengan travelling saya bisa belajar tentang banyak hal dari tradisi, kultur, bahasa, makanan yang belum pernah saya ketahui sebelumnya.

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Lagi sibuk nulis ajah πŸ™‚

Ceritakan tentang pengalaman pertama kali travelling.
Sebenernya travelling udah dari kecil, tapi travelling pertama yang paling berkesan adalah saat umur 10/11 tahunan (lupa udah lama!) sama papa. Saat itu papa ngajak ke Edinburgh, Scotland berdua doank. Saya iyain aja, siapa sih yang ga mau diajak jalan-jalan sama papanya. Ternyata pas sampai sana hujan deres selama 4 hari berturut-turut, tapi papa tetep aja bikin tripnya seru. Ngajak liat old town pake jaket hoodie, eksplor kastil Edinburgh, liat bapak-bapak mainin bagpipes, dll . Pokoknya papa nunjukin bahwa travelling itu ga akan selamanya sempurna, mungkin cuacanya yang buruk, mungkin hotelnya yang jelek, mungkin kita gak punya banyak duit tapi kalo kita niat pasti semuanya akan berkesan dan gimana caranya kita bikin trip itu menjadi lebih bermakna. Sejak itu saya terobsesi dengan yang namanya travelling, terutama ke kota-kota tua yang banyak sejarahnya.

Travel sama papa di Edinburgh

Travel sama papa di Edinburgh

Baru-baru ini kamu baru saja pulang dari studi di luar negeri. Bisa ceritakan kamu studi di negara mana saja dan selama pengalaman tersebut kamu bisa sekalian jalan-jalan ke negara mana saja?
Saya ambil program Erasmus Mundus Data Mining and Knowledge Management yang bekerjasama dengan 4 negara (Prancis, Romania, Spanyol dan Italia) dan 6 universitas. Sebagai mahasiswa kita harus kuliah satu tahun di salah satu universitas di Prancis dan satu negara selain Prancis di semester ketiga. Saya memilih kuliah di Nantes, Prancis dan Bucharest, Romania dan juga Zurich, Switzerland untuk semester terakhir yaitu internship.
Saya sempat travelling saat liburan musim panas dan liburan Natal dan Paskah ke beberapa negara: Polandia, Italia, Jerman, Spanyol, Portugal, Yunani, Belanda, Austria, Hungaria. Di beberapa tempat saya mengunjungi teman-teman satu program yang kuliah/tinggal di tempat itu, saya juga sering keliling di negara tempat tinggal saya.

Kadang harus duduk dan belajar, cuma bisa liat pemandangan dr kamar di Nantes

Kadang harus duduk dan belajar, cuma bisa liat pemandangan dr kamar di Nantes

Dengan belajar di luar negeri kamu juga bisa sekalian jalan-jalan di luar negeri. Apakah menurut kamu orang-orang yg pengen merasakan kehidupan di luar negeri sebaiknya melirik cara ini juga? Why/Why not?
Tergantung tujuannya. Saya bukan hanya sekedar ingin “tinggal” atau “jalan-jalan” di luar negeri, tujuan utama saya adalah belajar. Ini hal utama yang perlu diingat, karena memang saya bisa jalan-jalan tapi tidak setiap saat. Banyak weekend dan waktu liburan yang harus saya relakan untuk belajar dan bukannya untuk jalan-jalan. Mengapa saya ingin belajar di luar negeri? Karena dengan saat yang bersamaan saya juga bisa mengenal tradisi dan kultur orang lain yang out of my comfort zone. Jadi jika memang kamu ingin belajar dan kebetulan ada kesempatan untuk melakukannya di luar negeri, why not? Tapi kalau tujuannya hanyalah untuk jalan-jalan, disarankan untuk dipikir ulang dulu.

Banyak orang yang khawatir untuk traveling sendirian, khususnya cewek. Bisa ceritakan pengalaman kamu selama jadi solo female traveler di luar negeri. Pernah ada masalah kah? Sekalian bagi tipsnya buat para calon solo female traveler juga πŸ™‚
Solo travelling itu sangat disarankan untuk siapapun, baik perempuan maupun laki-laki, karena inilah saat dimana kamu bisa mengenal diri sendiri. Selama ini saya tidak pernah mengalami kesulitan saat travelling sendiri, rata-rata banyak orang yang mau membantu jika saya ada kesulitan.
Tips untuk female solo travelling:
– PEDE. Ini penting, kalau terlihat hilang dan bingung, pasti akan jadi sasaran orang usil, tapi kalau pede dan terlihat tahu jalan ga akan ada orang yang ngusilin deh (malahan jadi banyak ditanya orang arah jalan hehe..). Coba buka petanya saat kamu masih di bis/kereta atau di toilet sehingga ga perlu buka-buka peta di depan umum.
– Uang itu disimpen, jangan liatin orang kamu punya banyak duit. Saya lebih prefer pake dompet yang “biasa” dan bukan dompet “bling-bling” yang kliatan mahal. Uang saya juga dibagi-bagi di berbagai tempat dan ga di satu tempat aja.
– Selalu siapkan fotokopi dokumen penting dan telepon penting, baik di HP kamu maupun tertulis manual – siapa tau HPmu abis batre ato hang jd selalu punya back up.
– Jika menginap, pastikan sudah booking paling tidak malam pertama, supaya ga kelabakan bingung cari penginapan. Kalau day trip, pastiin kamu tau jam bis/kereta api untuk pulangnya.
– Yang paling penting: enjoy and make new friends! Coba nginep di hostel, di dormitory, pasti banyak orang yang juga senasib sama kamu, bisa buat temen dan bisa jalan-jalan bareng juga πŸ™‚

Solo hike di Lugano, Swiss

Solo hike di Lugano, Swiss

Kapan mulai ngeblog?
Mulai ngeblog sekitar setahunan yang lalu

Apa alasan kamu ngeblog?
Karena saya sering jalan-jalan jadi punya banyak banget cerita dan pengalaman yang ingin saya share ke keluarga dan teman-teman. Selain itu saya juga ingin mendorong orang, terutama perempuan, untuk melihat apa yang ada di luar tempat tinggal kita. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, mungkin bisa dimulai dengan kota-kota terdekat, yang paling penting adalah keluar dari comfort zone untuk melihat apa yang ada di luar sana.

Nyante di Santorini, Yunani

Nyante di Santorini, Yunani

Suka traveling dengan gaya apa? (Planned/unplanned, backpack/luggage, solo/group)
Saya suka bereksperimen, jadi tidak memiliki gaya yang khusus. Saya suka merencanakan dimana saya menginap, namun saya juga sering tidak memiliki rencana untuk melihat apa saja di suatu destinasi. Saya pakai backpack untuk daytrip, tapi luggage kecil jika ke tempat yang jauh. Saya suka solo travelling saat membutuhkan waktu sendiri, tapi saya juga suka bepergian dengan teman-teman dekat saya.

Pergi bareng temen ke Brasov, Romania

Pergi bareng temen ke Brasov, Romania

Apa tujuan wisata impian kamu dan kenapa pengen ke sana?
Saat ini pingin banget ke negara-negara Balkans terutama Serbia, Croatia dan Macedonia. Ingin kesana karena sejarahnya menarik dan saya tidak tahu terlalu banyak, dan juga karena saya memiliki 2 teman baik yang berasal dari tempat2 tersebut yang ingin saya kunjungi.

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling
Notepad – untuk scribble-scribble pas travelling
kamera – untuk klik-klik pemandangan bagus
ipod – untuk recharge diri
earplug – siapa tau ada yang ngorok or anak kecil nangis pas mau bobo πŸ™‚
buku – penting banget karena suka nongkrong di satu tempat lama baca buku

Sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya dijadikan Profil Travel Blogger bulan November, silahkan boleh promosi apa saja πŸ™‚
Jika ingin tahu cerita seru perjalanan Aggy, kunjungi langsung aja “rumahnya” di Dream Explore Wander, bentar lagi Aggy juga akan bikin tips studying abroad di websitenya bagi kalian yang ingin belajar ke luar negeri.
Jika ingin ngobrol-ngobrol sama Aggy bisa langsung nulis e-mail ke aggy@dreamexplorewander.com atau jika ingin say hello aja bisa ke Twitter atau Facebook-nya.


Terima kasih Aggy. Pastikan check out Aggy’s blog,Β follow her onΒ twitter and like her Facebook page!

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply