Profil Travel Blogger: Alid Abdul

Alid at the Taj Mahal

Di penghujung tahun 2013 ini kami menampilkan sosok travel blogger dari daerah Jawa Timur yang juga aktif di Couchsurfing. Mari kenali dan cari tahu pendapatnya tentang peran Couchsurfing dalam pengalaman travelingnya. Untuk tahun 2014, jika ada yang ingin request untuk mengenal profil travel blogger tertentu, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar. Happy Holiday and Happy New Year!


Nama: Alid Abdul

Twitter: @alidabdul

URL (blog): http://www.alidabdul.com

Kota Asal: Jombang, Jawa Timur

Domisili: Jombang, Jawa Timur

Ceritakan sedikit tentang Alid
Saya Alid, lahir dan besar di kota kecil di Jawa Timur yaitu di Jombang. Sebagai anak kampung saya ingin sekali melanglang buana ke berbagai belahan tempat di dunia yang selama ini saya baca atau lihat di buku.

Snorkeling di Pulau Menjangan Bali

Snorkeling di Pulau Menjangan Bali

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Sekarang sibuk nyari duit buat ditabung untuk kemudian dihamburkan untuk jalan-jalan hehe. Selain itu sibuk ngeblog kalau punya waktu dan twitteran kalau lagi galau. Dan tentu saja sibuk jalan kesana kemari luntang lantung ngalor ngidul hehe.

Ceritakan tentang pengalaman pertama kali travelling.
Waktu SD ke Jakarta sama si mbah ke kondangan sodara itu termasuk traveling bukan hehehe, terus study tour ke Borobudur waktu SMA itu juga traveling bukan? Jadi semenjak kecil berarti saya sudah traveling kemana-mana dong. Tapi trip pertama kali yang membuat saya benar-benar kecemplung dalam lembah hitam dunia per-travelingan adalah ke 3 negara sekaligus dalam seminggu ke Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia), Phuket (Thailand). Waktu itu bersama teman kecil saya dan masa itu benar-benar tidak terlupakan. Rasanya nagih dan ingin lagi dan lagi.

Kamu tinggal di kota kecil di Pulau Jawa, jauh dari kota besar seperti Jakarta. Apakah ada saat-saat di mana kamu berharap tinggal di kota besar untuk kemudahan hobi traveling kamu? 😉
30 menit di Jakarta sudah pengen kabur dan balik lagi karena nggak tahan macetnya haha, tapi memang beberapa tiket promo murah banyak yang terbang dari sana dan tentu saja rutenya yang beragam. Tapi gimana lagi rejeki saya di kota kelahiran kok, Surabaya nggak jauh-jauh amat dari Jombang dan dari Surabaya juga lumayan banyak tiket promo juga walau rutenya tidak seberagam dari Jakarta.

Alid at the Taj Mahal

Alid at the Taj Mahal

Menurut kamu apa peran local community blogger bagi komunitas travel blogger di Indonesia?
Tujuan awal komunitas travel blogger menurut pribadi saya adalah membantu orang-orang yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang dunia traveling, kemudian bagi blogger sendiri tentu saja menambah informasi dan jaringan pertemanan antar traveler. Tapi beberapa komunitas-komunitas tersebut ada yang terkesan untuk kaum elite gitu. Jadi saya lebih memilih berteman dengan travel blogger tanpa ikatan komunitas. Toh kita bisa bertukar pikiran dan informasi melalui twitter. Eh ngelantur ya jawaban saya hehehe

Bagaimana peran Couchsurfing dalam traveling untuk seorang Couchsurfer seperti kamu? Pernah ada masalah atau ada pengalaman menarik (baik ataupun buruk)?
Saya mengenal CouchSurfing dari awal saya traveling pertama kali ke Luar Negeri, so far nggak ada pengalaman buruk, malah banyak pengalaman menarik. Contohnya ketika orang-orang dari pagi mengantri untuk masuk ke menara kembar Petronas tapi saya datang jam 10 pagi langsung masuk tanpa antri karena host saya kerja di situ hehe. Di India host saya mengajak ke pesta kawinan ala India yang selama ini saya hanya bisa lihat di film Bollywood saja, kalau tanpa dia mungkin seumur hidup saya nggak akan pernah menyaksikan ritual perkawinan India dengan mata kepala sendiri. Karena beberapa host juga saya berhasil mengirit ongkos masuk ke tempat wisata dengan harga lokal. Menawar ongkos transport dengan harga murah juga dibantu oleh host. Menemukan tempat menarik yang tidak tercatat dalam buku panduan karena host. Makan di tempat lokal dengan harga sangat murah juga karena host. Selain bisa menghemat ongkos penginapan, dengan CouchSurfing saya bisa belajar banyak bagaimana menghargai budaya orang lain.

Alid with couch surfers striking a pose in front of the Petronas Twin Towers

Alid with couch surfers striking a pose in front of the Petronas Twin Towers

Kapan mulai ngeblog?
Sejak tahun 2007 waktu itu masih pakai platform gratisan dan tahun 2011 saya pindah memakai self hosting dengan domain dotcom.

Apa alasan kamu ngeblog?
Biar keren hahaha, waktu itu kan lagi trend jaman-jamannya orang nulis lucu, nulis sesuatu yang galau, nulis absurd. Tapi sekarang saya lebih nulis tentang traveling. Betapa bahagianya kalau saya dapat email dari seseorang yang mengucapkan terima kasih karena dengan tulisan saya dia merasa terbantu untuk trip dia.

Suka traveling dengan gaya apa? (Planned/unplanned, backpack/luggage, solo/group)
Karena waktu yang terbatas jadinya lebih memilih yang terencana. Suka iri dengan PergiDulu yang bisa seenak jidat datang dan pergi kemana saja sesuka hati. Kemudian saya lebih memilih gaya backpack karena lebih memudahkan saya dalam bergerak. Untuk teman jalan sebenarnya lebih suka grup, karena bisa sharing cost dan pikiran, serta bisa diajak ngobrol kalau kesepian. Tapi tergantung juga travel matenya, klo nggak sesuai hati bisa saya tinggal, percaya atau tidak, jalan bareng dengan teman, karakter asli yg selama ini nggak kita ketahui pasti akan muncul. Dan saya ada seorang kawan hanya gara2 masalah sepele sampai sekarang nggak pernah jalan bareng lagi. Tapi Solo juga seru kok, nggak mikir yg lainnya, bisa egois sepuas hati, hanya satu yg saya takutkan klo solo, nggak ada yg motoin haha.

Alid at Ulsan Bawi, Seoraksan, South Korea

Alid at Ulsan Bawi, Seoraksan, South Korea

Apa tujuan wisata impian kamu dan kenapa pengen ke sana?
India, sejak kecil saya tergila-gila dengan film Bollywood dan saya hapal puluhan bahkan ratusan lagu-lagu India. Dan impian tersebut tercapai pada Mei 2013 kemarin. Setelah India saya ingin sekali ke Tibet dan Nepal, kemudian Eropa terus Afrika. Ah saya rakus ahaha. Tapi saya ingin keliling dunia selama 3 tahun nggak pulang dan untuk itu saya nabung sampai titik darah penghabisan.

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling
Paspor, Uang, Kamera, Backpack, iPod

Sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya dijadikan Profil Travel Blogger bulan Desember, silahkan boleh promosi apa saja 🙂
Hello saya Alid, nama samaran bukan nama yang sebenarnya hahaha. Aktif ngeblog di www.alidabdul.com jangan dikunjungi yak nanti bandwith jebol :p kalau mau intim ngobrol bisa follow twitter saya @alidabdul tapi jangan harap minta folbek haha, matursuwun.


Terima kasih Alid. Pastikan check out Alid’s blog and follow him on twitter!

Join the discussion 12 Comments

Leave a Reply