Profil Travel Blogger: Marischka Prudence

di tambang Newmont

Seri Profil Travel Blogger dimulai di bulan November 2012 yang diisi oleh Indohoy – dua cewek yang gemar traveling dan menulis artikel tentang pariwisata Indonesia dalam bahasa Inggris. Profil Travel Blogger di penghujung tahun 2012 diisi oleh Arif Rahman, blogger dan penulis buku bergaya komedi. Awal tahun 2013 diisi oleh Windy Ariestanty, editor sekaligus penullis beberapa buku termasuk ‘Life Traveler’. Sesuai dengan temanya, di bulan penuh cinta kemarin kami mendatangkan sosok blogger yang juga penulis buku ‘Trave(Love)ing’, Roy Saputra.  

Kali ini kami menghadirkan sosok yang mungkin tak asing lagi bagi pecinta traveling. Dia sempat wara wiri di layar kaca membawakan liputan berita dan sempat juga menjadi produser serta pembawa acara khusus traveling di salah satu stasiun TV swasta. Mau kenal lebih dekat sosok perempuan cantik yang saat ini lebih fokus ke blogging namun tetap gemar traveling ini? Silahkan simak wawancara berikut ini.


Nama: Marischka Prudence

Twitter: @marischkaprue

URL: www.marischkaprudence.blogspot.com

Kota Asal: Bandung

Domisili: Jakarta

bersama Lucy di Bali Safari

Bersama Lucy di Bali Safari

Ceritakan sedikit tentang Marischka Prudence
Marischka Prudence memulai pengalamannya sebagai jurnalis berita di salah satu stasiun tv swasta. Pekerjaan tersebut membawa ia berkeliling dunia dan Indonesia saat melaporkan berita. Marischka kemudian mulai menikmati momen bepergian, menemukan lokasi dan masyarakat yang berbeda setiap harinya. Kemampuan scuba diving membawa Marischka ke dunia travel. Di tahun 2010 ia mulai membawakan “Archipelago” acara wisata di Metro Tv, kemudian mulai memproduksi acara wisata dengan tajuk “Travelista,” dimana ia juga berperan sebagai presenter dan junior produser.

Saat ini Marischka adalah seorang travel blogger dan penulis, serta penggiat sosial media yang menyebarluaskan semangat traveling melalui twitter, Instagram, blog dan Youtube. Ia juga sedang mempersiapkan buku serta website pribadi yang akan berisi cerita perjalanan, kecintaan serta ambisinya terhadap dunia wisata di Indonesia.

summit attack Rinjani

summit attack Rinjani

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Sibuk jalan jalan pengennya sih hihi, sekarang lagi banyak di Jakarta, mostly meeting untuk project project traveling yang (mudah mudahan, doakan saja) deal dan bisa terlaksana, sekarang tetap menulis, mantain blog, kontributor tulisan travel ke beberapa media, berusaha rajin menulis untuk buku (ini sulitnya minta ampun karena saya basicnya bukan penulis)

Ceritakan tentang pengalaman pertama kali travelling
Wah kalau pertama kali mungkin bareng keluarga ke pantai pas umur dua tahun jadi udah ngga inget haha

Diving di underwater volcano, Aceh

Diving di underwater volcano, Aceh

Rencana travelling berikutnya ke mana?
Ini masih menunggu project, berkaitan dengan kerjaan jadi lokasi belum bisa ditentukan.


Kalau traveling yang sudah direncanakan ke Pulau Weh lagi, Jailolo saat Festival Teluk Jailolo, Maluku, pengennya juga ke Komodo saat seasonnya terbaik untuk diving dan Rinjani di setelah pertengahan tahun 🙂


di Pulau Weh

di Pulau Weh

Sebelumnya kan Prue berkecimpung di layar kaca sebagai jurnalis berita Metro TV & presenter ‘Travelista’, apa yg membuat Prue memutuskan untuk berhenti dan beralih haluan menjadi freelancer serta fokus ke blogging?
Banyak keterbatasan ruang yang saya temui saat saya ingin fokus mencintai dunia traveling. Saat itu saya ingin benar benar menceburkan diri sebagai traveler, bukan hanya sebagai pembawa acara jalan jalan. Saya banyak menulis, berusaha terlibat di komunitas, banyak mempromosikan semangat traveling di luar acara televisi karena saya lihat banyak audience yang belum di grab atau belum didapat dari acara saya, banyak yang ingin saya teriakkan untuk jalan jalan di Indonesia haha, nah kecintaan saya yang berlebih rupanya menyita waktu dan juga ada keterbatasan dari segi aturan perusahaan. Saat itu saya tidak hanya sebagai presenter tapi juga junior producer dan editor offline juga, benar benar multijob haha, nah akhirnya sampailah saya di momen saya merasa, I have to step to get what I want, I wanna be a traveler, bukan broadcaster, bukan title presenter, akhirnya saya putuskan keluar dan jadi free spirited – ini apa yang orang sebut dari freelance hihi, dan konsentrasi di blogging.

di tengah hutan di Wamena, Papua

di tengah hutan di Wamena, Papua

Kapan mulai ngeblog?
Sebenarnya bikin account sudah dari 2010 tapi karena -sumpah-saya-sibuk-sekali- jadi tidak ada waktu untuk mengisi, hanya sedikit sedikit. Setelah saya resign saya sudah putuskan untuk konsentrasi blog saya, its like taking care of a baby, masih sangat muda blognya, saya benar benar aktif blogging baru sejak September 2012 *malu* *masih pemula*

Apa alasan kamu ngeblog?
Blog itu tidak ada batasan, saya bisa bercerita dengan sudut pandang dan cara saya, tanpa dikte, tanpa aturan redaksional. Saya selalu percaya, tulisan yang diketik dari hati (ciee) pasti lebih membekas di pembacanya. Saya merasa traveling itu pencarian diri, selalu ada momen yang mencolek hati, logika, rasa, dan ini yang ingin saya utarakan dan sharing di blog, cuma menulis dan dibaca, memotret dan dilihat, menularkan kecintaan pada apa yang saya datangi, lihat dan cintai.

di tambang Newmont

di tambang Newmont

Cara travelling kamu sperti apa? Backpacking, flashpacking or luxury?
All sepertinya haha, bisa backpacking, bisa flashpacking, luxury ngga pernah nolak (yang menolak rekening bank haha), mungkin lebih flashpacking karena saya cukup centil jadi tidak pengen (meskipun bisa kalo mesti backpacking) terlalu sedikit bawaannya, di tengah tengah, tapi saya bisa menyesuaikan, kalau teman teman mau backpacking ya saya tidak masalah, saya cukup bunglon yang bisa adaptasi dengan gaya traveling dan lokasi apapun haha

Apa tujuan wisata impian kamu dan kenapa pengen ke sana?
Sepertinya Raja Ampat sudah terlalu mainstream, sebenarnya saya pengen sekali ke Cartenz, tapi mahalnya minta ampun, kesanapun perlu latihan fisik gila gilaan. Jadi, ada yang mau jadi sponsor sekaligus trainer? haha

di Suluban, Bali

di Suluban, Bali

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling

  1. Kamera
  2. Kutek (ha! ini bukti saya centil)
  3. Laptop (untuk transfer data dari kamera)
  4. Uang (yaiyalah masa yaiyadong)
  5. Patrick (ini baru mulai, saya sekarang ingin punya koleksi foto patrick – yes ini boneka Patrick Star- keliling Indonesia, doakan saya ngga lupa tiap kali packing hihi)

Sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya dijadiin profil travel blogger bulan Maret, silahkan boleh promosi apa saja:

MAMPIR KE WWW.MARISCHKAPRUDENCE.BLOGSPOT.COM YA KAKAK KAKAK, GRATIS KOK, BOLEH DICEK KE TOKO SEBELAH #PLAK ISINYA DIJAMIN #CETAR_MEMBAHANA #INDONESIA_GITULOH #LARI_KE_PELUKAN_LAUTAN_BIRU #SAMBIL_DIVING

di Roma, Italia

di Roma, Italia


Terima kasih Prue! Pastikan check out Marischka’s blog, follow her on twitter!

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply