Profil Travel Blogger: Wira Nurmansyah

Waktu susur pantai selatan garut sejauh 25 km...

Selain tulisan yang keceh, alangkah bagusnya kalau seorang travel blogger juga bisa menampilkan foto-foto keceh di blognya. Bulan ini kami menampilkan profil seorang travel blogger yang punya skill fotografi yang tinggi. Terbukti namanya sudah beberapa kali wara-wiri di pengumuman kompetisi foto yang berhadiah mulai dari gadget, uang sampai ke jalan-jalan gratis! Mari kenali sosoknya lebih dekat, siapa tahu kita bisa belajar dari dia supaya foto-foto traveling di blog kita bisa semakin ciamik.


Nama: Wira Nurmansyah

Twitter: @wiranurmansyah

URL: http://wiranurmansyah.com

Kota Asal: Jakarta

Domisili: Bandung

Ceritakan sedikit tentang Wira
Laki-laki. Ganteng, kata ibunya. Baru saja lulus kuliah. Suka banget motret perjalanan apalagi foto-foto landscape. Paling nggak suka motret ‘model’ bareng-bareng gitu. Paling suka naik gunung dan nyelem di Indoneisa. Kemana-mana bawa kamera. Orangnya pendiem dan malu-malu, tapi lebih sering malu-maluin. Suka nulis walaupun gak bagus-bagus amat.

Kampung Wae Rebo, Flores

Kampung Wae Rebo, Flores

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Sibuk jadi tukang kabel, sambil diselingi jalan-jalan dan foto-foto dan ngeblog.

Ceritakan tentang pengalaman pertama kali travelling.
Pertama kali traveling, dan sendirian pula,  waktu itu sekitar tahun 2008 ke Ujung Genteng karena teracuni om-om fotografer di sebuah komunitas foto. Baru menemukan asiknya traveling, apalagi sendirian. Pertama kali juga (terpaksa) tinggal di rumah seorang nelayan, bukan karena sok backpacker, tapi karena salah perhitungan dan gak bawa cukup uang. Masih bodoh banget deh haha.

Tapi justru ternyata menyatu sama masyarakat bikin pengalaman perjalanan kita makin berkesan karena bisa mendengar cerita-cerita dari mereka langsung. Sebelum-sebelumnya cuma ‘hunting’ foto saja dan nggak pernah mau peduli tentang orang di sekitar

Setelah itu jadi ketagihan traveling.

Turun dari puncak gunung semeru

Turun dari puncak gunung semeru

Rencana travelling berikutnya ke mana?
Nggak pernah rencana sih kalau traveling. Kalo lagi pengen tiba-tiba jalan aja.

Tapi lagi pengen banget keliling asia tenggara. Paspor masih kosong ini. Ada yang mau nemenin? #eaaa

Kapan mulai ngeblog?
Ngeblog mulai 2008

Apa alasan kamu ngeblog?
Dari awal isinya emang tentang travel jurnal aja. Biar nggak lupa gitu sama perjalanan sendiri. Suka ketawa sendiri kalo baca postingan lama, lucu kan. Ya itu tujuannya. Sekarang sih pengennya blog travelnya mengedukasi para traveler supaya bisa sedikit sadar dan bertanggung jawab atas perjalannnya.

Waktu pertama kali traveling ke ujung genteng, di curug cikaso. Malu, jadi siluet aja.

Waktu pertama kali traveling ke ujung genteng, di curug cikaso. Malu, jadi siluet aja.

Awalnya suka jalan2 terus hobi fotografi atau hobi fotografi dulu baru suka jalan2?
Kebetulan fotografi dulu baru jalan-jalan. Tapi emang itu gak bisa dipisahkan sih, karena emang hobinya foto landscape yang memang harus jalan.


Kamu kan beberapa kali menang photo competition berkaitan dengan traveling. Bagi-bagi tipsnya dong buat traveler supaya bisa meningkatkan kualitas travel photographs-nya 🙂
Hmmmm kalo masalah lomba yang penting beda dulu aja sama yang lain. Masalah bagus apa nggak urusan belakangan. Yang penting beda dulu aja hehe. Soalnya kan ini masalah selera juri. Foto/tulisan bagus menurut kita belum tentu di mata juri.

Diving di Raja ampat. Photo by @regycleva

Diving di Raja ampat. Photo by @regycleva

Gak cuma masalah lomba sih, setiap mau bikin foto kalo bisa beda. Biasanya sih, sebelum traveling saya search dulu foto-foto yang mungkin sudah terlalu banyak tertangkap kamera. Misalnya bromo, cari aja di google images atau flickr. Lihat semuanya, dan kalau memungkinkan cari sudut pandang yang lain, atau gunakan teknik lain. Buat apa kan kita ambil foto yang sudah pernah diambil orang lain?

Biasanya yang menang lomba itu yang foto atau tulisannya agak nyeleneh, tapi tetep masuk tema dan nggak melanggar aturan hehe.

Kamu lebih suka traveling dengan style apa?
Style gratisan

*ehm*

Karena lumayan sering naik gunung, jadinya sih lebih ke backpacker kali ya? Karena kan pake backpack haha.

Tapi aneh juga kadang nginep di hotel yang lumayan (walaupun gratisan) tapi dandanannya agak gembel gitu hehe. Gak masalah sih style apa aja, yang penting lagi cocok sama dompet kita bisa nikmatin sepenuhnya.

Naik kapal phinisi di komodo. Pake kamera putih-putih punya temen biar disangka fotografer beneran.

Naik kapal phinisi di komodo. Pake kamera putih-putih punya temen biar disangka fotografer beneran.

Apa tujuan wisata impian kamu dan kenapa pengen ke sana?
Dari dulu pengen banget ke Yosemite atau Colorado national park. Mau motret landscape sepuasnya bareng om Ansel Adams.

Wisata impian sih bukan destinasinya, kemana aja yang penting bareng siapanya, apalagi bareng dia. Masalahnya dia-nya belum ada. Kan aku pengen kayak mba Susan & mas Adam, kayak mba Dina Dua Ransel juga.

*lah malah curcol* :))

Waktu susur pantai selatan garut sejauh 25 km...

Waktu susur pantai selatan garut sejauh 25 km…

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling.

  1. Kamera, sekarang pake kamera poket aja, bawa batre minimal 3.
  2. Headlamp, penting banget kalo jalan malem.
  3. buku, minimal bawa satu buku yang lagi dibaca
  4. sarung, bisa buat sholat, selimut, iket kepala, apapun deh.
  5. kompas, biar nggak nyasar.

Yang mau foto-fotonya jadi keceh sama mau denger cerita seru sok mangga dibuka -> http://wiranurmansyah.com. Kalo mampir jangan lupa tinggalin komen ya!

Follow twitternya di @wiranurmansyah

Atau Fan page Facebooknya http://www.facebook.com/WiraNurmansyahPhotography

Salam dahsyat!

Lagi jalan di salah satu jalan trans flores bajawa-riung. Landscapenya heboh.

Lagi jalan di salah satu jalan trans flores bajawa-riung. Landscapenya heboh.


Terima kasih Wira! Jangan lupa mampir ke blog dia dan follow him on twitter!

Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply