Profil Traveler: Cumilebay Maztoro (@cumilebaycom)

cumilebaydotcom

Kembali lagi dengan Profil Traveler bulan ini. Kali ini kami menyajikan sosok seorang pemilik blog yang unik, penuh warna (literally!) dan lebay apa adanya. Pria yang suka memamerkan kancut melalui foto-fotonya ini akan berbagi tips dan cerita mengenai konten blognya yang diisi dengan berbagai review hotel, artikel-artikel media trip dan tentang ‘groupies’nya. Jangan lewatkan juga tips untuk mengetahui cara supaya bisa punya blog yang populer seperti cumilebay.com. Yuk, langsung simak aja wawancara berikut ini. PS: khusus postingan ini, kami menyajikan tulisan Profil Traveler dengan mengadopsi gaya postingan di cumilebay.com. Siap-siap kacamata kuda ya ….#eh kacamata hitam maksudnya!


 

Nama: Cumilebay Maztoro

Twitter:

URL (blog): www.cumilebay.com

Kota Asal: Gresik, Jawa Timur

Domisili: Jakarta

Ceritakan sedikit tentang Cumilebay
Cumilebay lahir dan besar di Gresik, lalu pindah ke Jakarta mencari penghidupan… hahaha, dan sampai sekarang dech di Jakarta.

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Sibuk-sibuk nggak jelas hehehe, jalanin usaha kecil-kecilan sambil jalan-jalan kalo ada yang ngajakin atau kalo lagi punya duit. Hehehe…Cumi berjemur di pinggir pantai

Kapan kamu mulai tertarik dengan dunia traveling dan apakah ada trigger yang membuat kamu ingin lebih berkecimpung di dunia traveling?
Dari kecil memang paling suka kalo diajak jalan-jalan, kebetulan nyokap doyannya kelayapan jadi mungkin darah itu mengalir deras. Nyokap dah 70 tahun sekarang, tapi kalo diajak jalan-jalan sangat nafsu dan MAU. Tapi mulai fokus demen traveling saat udah mulai kerja dan punya duit sendiri.

Dari sekian banyak pengalaman travelingnya, ceritakan tentang pengalaman paling berkesan waktu travelling itu di mana & kenapa?
Jatuh cinta sama Takabonerate. Tempatnya sedih dan pulaunya kece banget, berpasir putih + banyak anak hiu di deket dermaga panjangnya. Perjalanan ke sana butuh kesabaran dan lumayan capek, dari Jakarta mesti terbang ke Makassar, terus lanjut jalan darat 5-6 jam lalu nyebrang pake ferry 2 jam, terus sambung darat 2 jam, lalu nyebrang pake perahu 6-8 jam.

Aspek apa yang paling kamu suka saat traveling?
Paling demen kalo bisa ngobrol banyak sama masyarakat lokal, cerita-cerita tentang kehidupan, saling bertukar pikiran gitu. Dari situ gue banyak belajar bersyukur tentang hidup, tentang arti sebuah perjuangan, dll.Cumi selfie di Borobudur

Asal usul nama cumilebay?
Gue dulu demen banget manggil temen-temen yang ngeselin dengan sebutan cumi. Tapi lama kelamaan nama itu malah balik ke gue, kalo nggak salah udah hampir 10 tahunan dan akhirnya branding aja sekalian biar nggak bingung pake 2 nama. Haha.

Kalo lebaynya itu iseng, bikin blog wajib nama cumi tapi ditambahin apa yaaa??? Mikir 7 hari 7 malam dan ketemu lebay. Jadi biar kalo gue nulis apapun, posting apapun, nggak masalah kalo lebay-lebay nggak jelas. Kan memang lebay.

Apa yang membedakan cumilebay.com dengan travel blog lainnya?
Blog cumilebay nggak butuh pencitraan, gue nulis apapun, kalo mau jorok ya jorok, mau mesum ya mesum. Apapun dan apa adanya nggak pake tedeng aling-aling. Mungkin kalo yang lain masih takut dan mikir efeknya kalo mau nulis yg aneh-aneh tapi cumi lebay cuek aja. Sebodoh amat kata orang, yang penting gue seneng dan posting.Cumi di pinggir pantai

Mengenai style blog yang penuh coretan dan berwarna-warni, apakah memang sengaja dibuat seperti itu? Alasannya apa?
Gue memang orangnya semau gue, nggak bisa diatur dan selalu maunya tampil beda dari yang lain. Hehehe. Gue sadar betul kalo nggak semua pembaca blog itu mau baca tulisan kita dari awal ampe akhir. Akhirnya kepikiran kasih warna buat info-info yang penting dan akhirnya keterusan dengan warna-warni. Hahaha.

Dengar-dengar katanya kamu ada Groupies? Siapa sih mereka, apakah terbuka untuk umum dan bagaimana caranya kalau ada yang mau bergabung sebagai Groupies Cumilebay?
Aduh .. groupies itu ala-ala aja nggak jelas. Gue sadar betul kalo gue nggak demen solo traveling. Jadi gue demennya kalo jalan-jalan itu rame-rame ama sahabat, teman, dll. Nah, groupies-groupies ini lah travelmate gue yang gue temukan di jalanan.

Ada yang kenal di bandara, ada yang di air terjun, ada yang di pulau, dll. Gue liat orangnya asyik dan menyenangkan, akhirnya janjian jalan di kemudian hari dan ternyata cocok. Dulu awalnya cuman beberapa orang. Seiring makin seringnya jalan-jalan maka makin sering kenal orang-orang baru dan jalan bareng.

Mereka ini lah yang gue suka iseng sebut groupies cumilebay, jadi ke manapun gue pergi selalu ada dayang-dayang mereka. Hahaha #becanda.


Jadi siapapun boleh gabung, hayuk jalan bareng dan seru-seruan!Cumilebay bersama 'groupies'

Sepertinya kamu lumayan ahli dalam mereview hotel karena sering diundang untuk ‘mencicipi’ hotel dan menulis reviewnya di blog. Menurut kamu, bagaimana kriteria artikel review hotel yang baik?
Dulu awalnya nggak pernah diundang, kita nginep-nginep sendiri dan iseng nulis cerita pengalaman aja. Lama kelamaan akhirnya ada beberapa hotel yang nawarin nginep dan barter review. Dalam memilih hotel, gue selektip banget. Gue nggak mau hotel yg nggak jelas dan reputasinya kacau karena ini bakal gue review secara jujur. Kalo jelek yaa bilang jelek, tapi kan gue males nulis yg jelek-jelek. Hahaha… jadi gue pilih hotel yg seru-seruan.

Intinya banyakin foto menarik kalo review hotel. Sudut ambil gambarnya seseksi mungkin, jadi terkesan cakep. Kalo udah milih dan tetep ada yang kurang sreg, lebih baik ditulis agak sedikit halus dan sampaikan keluhan kita langsung ke pihak hotel, nggak usah diumbar terlalu dalam di blog, cukup info sedikit aja.

Bagaimana pendapat kamu tentang media trip yang sering kamu ikuti? Apakah ada masukan bagi penyelenggara berkaitan dengan tugas dan kewajiban blogger demi mencapai kerjasama yang ideal antara blogger dengan brand?
Alhamdulillah beberapa kali diundang media trip, selama ini sech seru-seru aja ikut media trip. Tapi ada yang agak kurang sreg kapan lalu itu. Mereka nuntut terlalu banyak, maunya ini itu, tapi mereka nggak fasilitasi kita dengan baik.

Kita tau kok kerja kita apa, jadi nggak usah pake disuruh-suruh dengan serius & maksa. Hahaha… Sedangkan waktu di sana, kita nggak dikasih kesempatan nyoba ini itunya, tapi disuruh nulis ini itu. #Payah.

Terus, harusnya di depan ada kontrak jelas, kita harus ngapain aja dan dapat apa aja, biar nggak penasaran. Hehehe… Karena ada beberapa kejadian kita diharuskan ngetwet banyak tapi apa yang kita terima nggak sesuai karena nggak ada omongan dari awal. #KitaJugaSalahNaik sepeda di Sumatra Barat

Bagiin dong tips bagi para blogger yang ingin punya blog yang populer seperti cumilebay.com.


  • Posting apa adanya, nggak usah ragu dan takut dicela
  • Rajin blogwalking ke blog-blog yang kece ataupun blog-blog baru untuk saling kenal.
  • Sharing postingan kita ke berbagai social media
  • Bangga jadi blogger, kalo kenalan atau ketemu siapapun, kasih tau kalo kita blogger nulis ini itu dan paksa mereka buka blog kita #LumayanNambahTrafik
  • Tampil beda dan punya karakter
  • Jangan pernah menjadi orang lain, jadi diri sendiri saja
  • Punya good attitude, jangan kebanyakan nyinyir di social media. Bagaimanapun brand-brand besar nggak suka ama blogger yang demen banget nyinyir nggak penting. #BanyakKasus

5 Destinasi favorit kamu di Indonesia dan alasannya?

  • Gue selalu jatuh cinta dengan Bali dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Jadi, berkali-kali ke Bali dalam 1 tahun nggak akan pernah bosan. Bali punya sesuatu yang baru dan unik. Hehehe… Budaya, tempat santai, semua ada. Dan gila-gilaan di Bali itu bebasssss. Hahaha…
  • Kepulauan Seribu: Lumayan deket sama jakarta, kalo lagi suntuk pengin ke pantai atau berenang hore, tapi nggak punya waktu atau nggak punya duit. Cukup hanya dengan 300 ribuan kita bisa liburan weekend seru di Pulau Seribu, banyak pulau yg bisa dikunjungi.
  • Jogja: Selalu bikin kangen dengan simbok-simbok berjarik dan berkebaya yang sopan santun ramah senyum bikin tentrem. Orang-orang berbahasa Jawa alus ini selalu bikin gue meleleh dengan keramahannya.
  • Pulau Tinabo: Jatuh hati dengan sepinya dan pasir putih yang panjang dan bersih.
  • Padang: Banyak yang bisa kita kunjungi kalo punya waktu banyak. Wisata kulinernya JUARA mampus. #Akusuka. Hopping island ke pulau-pulau yang sepi dan masih bersih, belajar budaya, alamnya yang mempesona macam Lembah Harau dan Ngarai Sianok.Cumi traveling di Indonesia

Apakah masih ada tujuan wisata impian yang bener-bener pengen kamu datangin? Kalau ada, ke mana & kenapa pengen ke sana?
Gue pengin banget bisa overland Flores & Sumba. Landscape-nya cantik banget dan pantai-pantainya kece.

Sebutkan 5 barang yang wajib kamu bawa setiap kali traveling selain uang & paspor.
HP, Kipas kecil buat kalo panas kegerahan, handuk kecil (gue mudah banget berkeringat kalo panas), Dry bag (Tas aman di segala situasi), sandal jepit + kancut warna warni. Hehee….

Sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya dijadiin profil traveler, silahkan boleh promosi apa saja 🙂
Kalo butuh info nggak penting tentang wisata Indonesia, bisa buka www.cumilebay.com dijamin bakal jatuh hati lalu dibakar blog gue yang penuh kancut itu. Hehehe. Semoga blog gue banyak memberi manfaat buat para penikmat jalan-jalan.

Catatan redaksi: ternyata pe-er juga ngasih bold dan highlight di postingan blog. Salut buat Cumilebay yang konsisten dengan gaya tersebut 😉

Join the discussion 19 Comments

Leave a Reply