Profil Traveler: DebbZie Leksono

Bercanda dengan ular-ular cantik

Di awal tahun 2014 ini ada sedikit perubahan dari yang tadinya berjudul Profil Travel Blogger kami ganti jadi Profil Traveler. Alasannya adalah karena banyak yang suka traveling dan blogging, tapi ogah disebut Travel Blogger karena isi blognya bukan melulu soal traveling melainkan gado-gado mulai dari curhat pribadi, hangout bareng teman, kulineran, review produk sampai opini tentang berbagai kejadian sehari-hari. Jadi kami ganti saja judulnya supaya bisa lebih meluas definisinya.

Profil yang kami angkat di awal tahun 2014 ini sebetulnya sosoknya merupakan blasteran – (bukan blasteran anjing ya. Eh tapi FYI orangnya memang penyayang anjing banget 🙂  – Travel Blogger dan Food Blogger. Beware kalo nge-klik postingan dia yang judulnya udah mengandung kata “Food Porn”! Bahaya! Siapin lap iler dulu sebelum scroll artikelnya. Tanpa berbasa-basi terlalu panjang, langsung aja kita kenali sosok cewek cantik (yang kayaknya masih single, tanya aja langsung sekalian kenalan) yang juga ramah dan baik hati ini! (lah…koq jadi kayak artikel biro jodoh) *peace Deb*


Nama: DebbZie Leksono

Twitter: @twitdebbzie 

URL (blog): http://www.debbzie.com

Kota Asal: Malang

Domisili: Bali

Ceritakan sedikit tentang Debbzie
Debbzie itu free spirit, gembul, coffeeholic, animal lover, moody, pikun dan terjangkit penyakit akut yaitu stress kalo ga travelling.

Melahap seekor jangkrik raksasa di Taiwan

Melahap seekor jangkrik raksasa di Taiwan

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Lagi sibuk ngunyah coklat…oh!…maksudnya kegiatan sehari-hari? Hihihi :p

Kalo lagi ga traveling, kegiatan sehari- hari adalah masak buat ngasih makan street dogs & cats. Kerjaan lain masih seputar freelance food photographer, blogging ama nulis artikel buat majalah.

Ceritakan tentang pengalaman paling berkesan waktu travelling.
Bingung nih….buat aku tiap perjalanan pasti ada pengalaman berkesan. Tapi yang ga bisa lupa adalah trip tiap weekend waktu masih kecil. Karena papa hobby mancing, maka kami sekeluarga sering camping di pantai. Tidur berdusel-dusel dalam tenda trus paginya sarapan ikan bakar hasil pancingan papa. Waktu mendaki gunung Sinai di Mesir juga berkesan banget. Karena aku baru pertama kali mendaki gunung plus nekad ikut biar cuma pake flat shoes. Alhasil jatuh terguling-guling hampir masuk jurang. Tapi tetep bangga soalnya berhasil sampai puncak gunung pas sunset :’)

Akhirnya sampai di puncak gunung Sinai, Mesir

Akhirnya sampai di puncak gunung Sinai, Mesir

Kamu dikenal sebagai ‘avid foodie’, apakah entusiasme kamu terhadap makanan juga sampai kepada level mencicipi makanan aneh/ekstrim seperti serangga goreng, balut, dll?
Absolutely! Aku udah pernah nyobain testis banteng, steak burung Onta dan daging buaya di Afrika. Makan jangkrik gunung yang segede jempol, testis ayam dan belatung di Taiwan. Masih banyak lagi sih makanan2 lain yang dianggap orang ‘bizzare food’ tapi buatku oke aja, hihihi. Aku emang sengaja biasain mencoba semua makanan buat survival. Just in case terdampar di pulau kosong atau di hutan gitu kan ga mungkin kita minta delivery McDonald (alesannnn….aslinya emang rakus :p). Tapi tetap ada batasan juga lho seperti daging anjing, kucing, monyet, dan hewan yang dilindung, aku ga akan pernah mau nyobain.


Dari 42 negara yang pernah kamu kunjungi (selain indonesia), makanan-makanan dari negara mana yang menurut kamu paling enak? Kenapa?
Hong Kong dan Taiwan surga makanan enak karena banyak street food dan night market. Aku suka banget blusukan ke pasar tradisional buat berburu makanan lokal. Dan mungkin karena banyak menghabiskan masa kecil di kedua negara ini, jadi udah familiar ama kuliner setempat. Selain itu, aku juga suka makanan dari negara Thailand dan Italy.

Bersantai di Afrika Selatan

Bersantai di Afrika Selatan

Kamu lebih memilih dikenal sebagai travel blogger atau food blogger? Kenapa?
Tukang jalan-jalan yang hobby bercerita dan doyan makan. Ga boleh ya? Hihihi. Kalo gitu milih sebagai travel blogger aja. Soalnya blogku lebih banyak cerita traveling daripada mengulas makanan.

Kapan mulai ngeblog?
Dari pertengahan tahun 2011

Apa alasan kamu ngeblog?
Soalnya aku ada kecenderungan short term memory lost atau pikun gitu dech. Kupikir daripada kenangan setiap perjalanan ntar hilang atau terlupakan, mending aku simpan di blog. Siapa tau cerita-cerita itu bisa meracuni menginspirasi orang lain buat travelling 😀

Makanya aku pilih nama ‘My Time Capsule’ dan di setiap post tertulis kapan perjalanan itu dilakukan. Blog ini kayak kapsul waktu yang sewaktu-waktu bisa aku buka kalo pengen bernostalgia :’)

Debbzie kecil camping di pantai

Debbzie kecil camping di pantai

Suka traveling dengan gaya apa? (Planned/unplanned, backpack/luggage, solo/group)
Done that all! Basically suka semuanya dan ga membatasi diri hanya di satu gaya traveling aja. Tergantung mood dan sikon juga. Cuma sekarang selalu bawa koper karena ada cedera otot leher, jadi ga memungkinkan gendong ransel berat kemana-mana. Kalo pas punya budget lebih ya nginep di hotel berbintang tapi kalo lagi bokek tidur di bangku stasiun kereta api bareng gelandangan pun pernah, hihihi. Yang penting open minded dan flexible aja biar punya pengalaman yang beragam.

Apa tujuan wisata impian kamu dan kenapa pengen ke sana?
Keliling Indonesia! Malu donk ya, sebagai orang Indonesia tapi aku cuma tahu pulau Jawa, Bali dan Lombok. Aku sering dituduh ga cinta negara sendiri karena selalu traveling ke luar negeri. Padahal itu ga benar. Aku punya prinsip selagi masih muda dan kuat, aku pengen menjelajah ke tujuan paling jauh dulu. Dan berakhir di negara sendiri sebagai highlight perjalanan. Save the best for last 🙂

Bercanda dengan ular-ular cantik

Bercanda dengan ular-ular cantik

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling
Passport, uang, camera, air minum, lipgloss

Sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya dijadikan Profil Traveler d awal tahun 2014 ini, silahkan boleh promosi apa saja 🙂
Yang pengen kenalan dan ngobrol soal traveling atau kulineran silahkan colek di twitter atau email. Jangan kuatir, aku udah jinak dan ga bakalan gigit kok (kecuali saat lapar, baru bangun tidur, belum ngopi, dan PMS). Jangan lupa mampir ke www.debbzie.com juga. Aku sering bagiin oleh-oleh tiap kali pulang dari traveling lho. Mau follow instagram juga silahkan di debbzie_leksono. Happy travels! 😀


Terima kasih Debbzie. Pastikan check out Debbzie‘s blog and follow her on twitter!

Join the discussion 14 Comments

Leave a Reply