Profil Traveler: Kenny Santana a.k.a @KartuPos

Melihat Aurora Borealis di Iceland

Hampir semua penggiat travel bisa dipastikan tahu akan keberadaan akun @KartuPos. Akun yang satu ini raijn membagikan informasi yang berkaitan dengan traveling, di antaranya ‘meracuni follower’ dengan info-info tiket promo, membagikan artikel yang berisi info travel serta kadang-kadang mengundang guest admin untuk membagikan ‘ilmu’ dari para pakarnya. Akun ini juga sering mengadakan #kartuposTrip dan telah berhasil mewujudkan mimpi dari para pesertanya dengan mengurus perjalanan mereka untuk nonton konser band/musisi favorit sampai dengan melihat Aurora Borealis. Yuk kita kenali lebih lanjut sosok di balik akun @KartuPos ini 🙂


Nama: Kenny Santana

Twitter: @KartuPos

URL (blog): coming soon 🙂

Kota Asal: Jakarta

Domisili: Jakarta

Ceritakan sedikit tentang Kenny
Tahun lalu resign dari pekerjaannya di dunia film untuk mengembangkan @KartuPos. Sebelum ada @KartuPos memang sudah suka menulis soal film dan traveling di beberapa media nasional.

Mengendarai kereta yang ditarik rusa kutub di Norwegia

Mengendarai kereta yang ditarik rusa kutub di Norwegia

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Selalu sibuknya dengan proyek-proyeknya @KartuPos hehe

Kapan kamu mulai tertarik dengan dunia traveling dan apakah ada trigger yang membuat kamu ingin lebih berkecimpung di dunia traveling?
Mungkin yang paling bikin tertarik traveling banget itu waktu dapat beasiswa ke Italia di tahun 2003 selama hampir setahun. Selama itu saya banyak jalan-jalan keliling Eropa dan menemukan keindahan traveling dan sharing ke orang lain melalui tulisan di media.

Dari sekian banyak pengalaman travelingnya, ceritakan tentang pengalaman paling berkesan waktu travelling itu di mana & kenapa?
Ada banyak pengalaman berkesan, tapi melihat Aurora Borealis di Iceland mungkin yang paling tidak bisa dilupakan karena suhu yang ekstrim sampai -16 derajat celsius dan waktu ke sana belum ada teman yang pernah ke Iceland jadi tidak ada yang bisa ditanya semua benar-benar kenekatan saja. Karena tahu Aurora Borealis itu fenomena alam yang tidak selalu ada, saat bisa melihatnya langsung dengan mata kepala sendiri menjadi tidak terlupakan dan sangat rewarding dengan segala usaha mendapatkannya.

Melihat Aurora Borealis di Iceland

Melihat Aurora Borealis di Iceland

Aspek apa yang paling kamu suka saat traveling?
Mungkin klise, tapi semua aspek dari traveling membuat traveling itu berkesan, dari makanan, penduduk lokal, sejarah, santainya, capeknya, masalahnya, semua pada akhirnya akan membuat kenangan traveling yang berbeda satu sama lainnya dan itu yang membuat saya nagih dengan yang namanya traveling.

Apakah berminat punya blog & kalau iya, kira-kira nanti isi blognya tentang apa ya?
Sedang dalam proses membuat situs KartuPos memuat segala sesuatu yang biasa hanya ditwit.

Makan cronut di NYC

Makan cronut di NYC

Kapan memulai akun @Kartupos & ada alasan khusus mengenai pemilihan namanya?
Maret 2012, karena catchy, gampang diingat dan kartu pos selalu identik dengan jalan-jalan


Pada waktu bikin akun @kartupos, ide awalnya akun itu mau dibawa kemana? Apakah memang benar2 berencana bikin akun yang isinya khusus info traveling? Atau ada hal-hal yang tak terduga sehingga menyebabkan akun @kartupos berkembang menjadi salah satu akun traveling yang besar saat ini.
Memang ide awalnya mau share khusus traveling, karena sudah ada akun pribadi di @qnoy2k (follow juga ya! 😉 ) Perkembangan @KartuPos tidak terduga karena pada awalnya tidak ada rencana dibawa untuk dapat membuat paket trip misalnya, atau lelang amal, atau mengundang guest admin. Semua berkembang sesuai perjalanan waktu, seperti manusia sendiri yang terus berkembang, @KartuPos juga dibawa agar terus berkembang dengan hal-hal baru tiap saat.

Salah satu kesukaan Kenny adalah menyaksikan konser musik

Salah satu kesukaan Kenny adalah menyaksikan konser musik

Akun @kartupos juga sering mengadakan #KartuPosTrip. Ide awalnya dari mana?
Ide awalnya aku suka membuat trip konser atau event untuk diri sendiri, terus kepikiran untuk membuat #KartuPosTrip dengan trip yang sama untuk diri sendiri tentu dengan sedikit keuntungan. Jadi apa yang biasa saya nikmati bisa saya share agar orang lain lebih mudah bisa menikmatinya tanpa harus bersusah payah mengurus. Syukurlah #KartuPosTrip sudah cukup dikenal dan dicari followers.


Kesulitan/masalah apa yang pernah terjadi saat mengorganize #KartuPosTrip?
Tiket follower ditolak boarding, visa peserta ditolak, event konser dibatalkan dan banyak lainnya. Tapi semua bisa diselesaikan dengan baik.

#KartuPosTrip paling seru (or menarik) so far ke mana & kenapa?
Paling ramai trip ke Singapura pernah sampai 100 orang lebih itu karena benar-benar sendirian ngurus jadi sangat berkesan. Terus cukup bangga banyak juga yang ikut trip Aurora Borealis Iceland biarpun harganya lumayan mahal dan trip terbaru nonton Justin Timberlake Australia juga responnya sangat besar dengan banyak request dari followers dan beda-beda kota, Sydney, Melbourne, Perth sampai Brisbane semua ada tripnya sehingga bikinnya juga lebih seru.

Kartu Pos Trip ke Singapura

Kartu Pos Trip ke Singapura

Secara pribadi, Kenny suka traveling dengan gaya apa? (Planned/unplanned, backpack/luggage, solo/group)
Semua tergantung mood saat mau traveling, sendiri bisa ramai-ramai bisa biarpun biasanya small group kalaupun beramai-ramai. Tergantung destinasinya , biasa direncanakan itinerary garis besarnya terus nanti di tempat tujuan bisa mengikuti atau bebas tergantung mood lagi. Tentunya semua orang memilih tinggal di akomodasi yang nyaman kalau memungkinkan, begitu juga saya, tapi saya selalu mix and match, bisa naik budget air terus tinggal di hotel, atau kadang di hostel tapi makan enak. Jadi gak ada gaya harus backpack or luggage. Semua tergantung keinginan saat itu, yang penting saat berlibur saya tidak ingin pelit pada diri sendiri tapi tahu kapan harus berhemat.

Apakah masih ada tujuan wisata impian yang bener2 pengen kamu datangin? Kalau ada, ke mana & kenapa pengen ke sana?
Masih ada banyak dong, kalau sudah tidak ada tujuan wisata impian nanti tidak ada tujuan hidup lagi. Machu Picchu, Galapagos, Alaska, Antartika, Bhutan, Tibet dan banyak lagi masih banyak yang mau saya kunjungi. Karena sepertinya berbeda dengan yang pernah saya kunjungi selama ini.

Sebutkan lima barang yang wajib kamu bawa setiap kali travelling selain uang & paspor.
iPhone, Tolak Angin, Minyak Kayu Putih, Fisherman’s Friend, a good backpack (if you ask me, I like Herschel bag).

Sebagai ucapan terima kasih atas kesediaannya dijadiin profil traveler bulan April, silahkan boleh promosi apa saja 🙂
Follow @KartuPos di twitter dan @KartuPosInsta di Instagram untuk melanglang buana lewat twit dan foto saya. Kalau mau tahu twit saya yang lain selain travel boleh tengok @qnoy2k.


Terima kasih Kenny. Pastikan check out follow him on twitter dan Instagram!

Join the discussion 4 Comments

Leave a Reply