Profil Traveler: Venus

Liburan ke Borobudur bersama ibu dan anak-anak

Kata siapa kalau sudah berkeluarga dan punya anak jadi susah jalan-jalan? Ibu dengan 2 anak ini selain aktif ngeblog juga penggemar traveling. Di blog-nya memang dia sering menuliskan apa saja, bukan hanya tentang traveling. Sempat takut dengan laut, tapi sekarang dia malah ketagihan diving. Dia juga menjadi salah satu penulis buku DestinASEAN (travelogue seputar negara-negara ASEAN). Yuk kita simak tips-tips ngeblog dari blogger senior ini!


Nama: Driana Rini Handayani

Twitter: @venustweets

URL: venus-to-mars.com

Kota Asal: Probolinggo, Jawa Timur

Domisili: Bogor coret. Jauh dari Bogor, jauh dari Jkt, jauh juga dari Bekasi. Pokoknya jauh hahaha

Sekarang lagi sibuk apa sih?
Lagi istirahat. Jadi udah 2 atau 3 bulan terakhir ini lengan kananku sakit. Desember deh kyknya mulai ada rasa2 gak enak. Akhir Desember masih ikut dive trip bareng temen2 ke Pulau Weh. Lengan kanan sakit pas mau pake atau ngelepas wetsuit. Kayak yang ketarik-tarik gitu ototnya. Tapi masih aku cuekin karena aku pikir paling cuma keseleo atau apalah. Tapi makin ke sini kok nyerinya makin parah. Beberapa kali kebangun waktu lagi enak-enak tidur karena kesakitan. Sakitnya SAKIT BANGET. Januari ke dokter syaraf, karena takutnya ada saraf kejepit atau apa gitu yg serem-serem. Hiks. Yah singkatnya, aku didiagnosa cedera otot cukup parah. Ada 3 kepala tendon otot yg robek. Sekarang masih harus rutin fisioterapi seminggu 3 kali. Doain cepet sembuh yes 😀

Selain itu aku juga lagi sibuk belajar trading saham, lagi sibuk nabung buat liburan ke Jepang sama anak-anakku akhir Juni nanti.

Diving di Pulau Weh

Diving di Pulau Weh

Ceritakan tentang pengalaman paling berkesan waktu travelling.
Semua trip menyenangkan. Yang deket, yang jauh, yang di Indonesia atau bukan Indonesia, semua punya kesan dan cerita indahnya masing-masing. Halah 😀

Mbak Venus kan sekarang dikenal sebagai blogger yang suka traveling. Kapan kamu mulai tertarik dengan dunia traveling dan apakah ada trigger yang membuat mbak ingin lebih berkecimpung di dunia traveling?
Dari kecil udah seneng kluyuran naik bus. Hahaha. Kelas 5 SD, aku naik bus sendirian ke Surabaya, ke rumah paklik. Dan waktu SD aku tinggal bukan di Probolinggo kota, tapi di Maron, desa yang jaraknya 22 kilometer dari kota. Angkutan umum jarang-jarang, listrik waktu itu cuma ada jam 6 sore sampe jam 6 pagi. Kalo dipikir2 lagi, sebenernya ngawur juga sih. Ibuku juga ngawur. Anak sekecil itu kenapa diijinin ke Surabaya sendirian, coba? Kalo ilang gimana? Kalo nyasar atau dijahatin orang gimana?


Liburan ke HK Disneyland bersama anak-anak

Liburan ke HK Disneyland bersama anak-anak

Kapan mulai ngeblog? Apa alasan mulai ngeblog?
Ngeblog dari Juni 2006 karena.. jeng jeeeeeng.. BUTUH TEMPAT CURHAT!! Hahahaha

Sebagai blogger yang sudah mulai blogging lebih awal, apa tips yang bisa dibagikan buat para blogger yang saat ini semakin berkembang trend-nya?
Oh. Mungkin ini basi, tapi seriusan, jadilah diri sendiri. Gak usah pengen jadi siapa-siapa, karena emang gak akan bisa. You’re you. So why don’t you just be you?

Liburan bersama ibu ke Singapore Botanic Garden

Liburan bersama ibu ke Singapore Botanic Garden

Mbak Venus kan beberapa kali merasakan perjalanan bersponsor. Apa pendapat mbak Venus mengenai objektivitas dari perjalanan bersponsor yang konon katanya kalau gratis semuanya pasti bagus?
Jangan salah. Trip gratisan yang dibayari pihak lain gak harus diceritakan dengan berbunga-bunga, kok. Di sana-sini selalu aku selipin “sayangnya, di tempat ini makanan kurang pas buat lidah saya”. Atau, “kamarnya biasa aja sih. Gak terlalu istimewa, tapi fasilitas hotelnya lumayan lengkaplah.” Ya begitulah kira-kira.

Bagi-bagi tips & etika tentang menulis sponsored post dong Mbak.
Etika ya? Hmm.. yang jelas ya jangan jelek-jelekin aja sih.  Sisanya, aku lebih suka jujur nyeritain pengalaman perjalananku, bersponsor atau gak bersponsor. Hehehe.

Liburan ke Borobudur bersama ibu dan anak-anak

Liburan ke Borobudur bersama ibu dan anak-anak

Suka traveling dengan gaya apa? (Planned/unplanned, backpack/luggage, solo/group)
Unplanned? Wah, gak deh. Backpack atau koper? Backpack. And I’d rather go solo. Tapi ini ada perkecualiannya juga. Kalo nyelem, tentu lebih seru dan jatohnya lebih murah kalo pergi bareng temen. Eh tapi pernah juga ke Tulamben sendirian. Jadi nyelemnya cuma berdua sama dive master. Seru juga, kok. Gak merasa sepi atau berkurang kebahagianku, hahaha.

Perkecualian satu lagi, aku seneng jalan sama anak-anakku, atau sama ibuku. Serunya beda. Senengnya juga beda.

Apa tujuan wisata impian mbak Venus dan kenapa pengen ke sana?
Pengen ke London dan sekitarnya sama anak-anak. Mereka doyan bola, jadi pasti mereka seneng banget kalo bisa nonton bola di stadion2 gede di sana. Tapi gak sekarang sih. Kapan-kapan aja. Tahun ini aku mau backpacking bertiga sama anak-anak ke Jepang ntar pas mereka liburan. Udah beli tiket, tapi belum tau mau kemana aja dan berapa lama. I’m thinking of Tokyo-Kyoto-Osaka for 9 days. Ah mbuh lah, ntar aja mikirin itinerary 😀

Nonton Mamma Mia Musical di Broadway

Nonton Mamma Mia Musical di Broadway

Sebutkan lima barang yang wajib mbak Venus bawa setiap kali travelling selain uang & paspor
Tiga aja deh. Kamera, mini tripod, laptop. Selebihnya nyante. Males bawa2 makanan instan, kopi sachetan, atau sambel botol seperti (mungkin) dilakukan orang2 lain kalo traveling.  Aku orangnya gampangan kok. Bisa makan apa aja dan minum apa aja asal gak beracun, hahaha.


Terima kasih Mbak Venus. Pastikan check out Venus’ blog dan follow her on twitter!

Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply