Review: Lensa Sony 55-210mm f/4.5-6.3 OSS E-mount

By January 21, 2016Travel Tech

Jika kamu sedang mencari lensa telephoto zoom untuk jenis kamera Sony E-mount seperti a6000, a5000, a5100 atau nex-7, maka kamu pasti pernah mendengar atau bahkan mempertimbangkan lensa Sony 55-210mm. Lensa ini dimasukkan sebagai kit lens (lensa bawaan) di beberapa kamera yang dijual secara bundling and termasuk sebagai  entry-level telephoto lens untuk kamera E-mount. Jadi, apakah lensa ini bagus atau tidak?





Kami mendapatkan lensa ini sekitar setahun yang lalu (tahun 2015) dari teman kami di tokocamzone.com yang memang punya toko online maupun toko secara fisik di berbagai kota di Indonesia. Kalau kalian berminat, saat ini lensa ini bisa diperoleh sekitar Rp. 4.000.000 yang menurut kami cukup bagus harganya.
small birdKami sudah traveling ke mana-mana menggunakan lensa ini, di antaranya Spanyol, Thailand dan Australia. Dari pengalaman kami tersebut, kami tahu kapan lensa ini bisa berguna dan kapan tidak terlalu berguna. Jadi, mari kita mulai bahas mengenai lensa ini.

Kapan kamu menggunakan lensa Sony 55-210mm?

Berdasarkan pengalaman, kami menemukan bahwa lensa ini sangat bagus dipakai untuk memotret binatang dan orang dalam situasi di mana kita tidak bisa berada dekat dengan objek. Misalnya untuk street photography saat kamu mau mengambil candid shots dari jarak jauh. Atau ketika kamu mau memotret seekor burung di alam liar. Jenis foto seperti itu sangat sulit dilakukan tanpa lensa jenis ini. Selebihnya, kami sebenarnya tidak terlalu sering menggunakan lensa ini karena ada jenis lensa lain yang lebih cocok untuk aktivitas memotret di luar 2 jenis foto tersebut. Semana Santa2

Performansi Lensa Sony 55-210mm

Jadi, bagaimana performansi lensa tersebut? Memang bisa dibilang lensa ini bukan lensa profesional. Kamu bisa lihat dari ukuran aperture yang sangat besar (6.3) ketika zoomed in. Ini artinya kamu akan mendapatkan bokeh yang cuma sedikit dan performansi saat low light pun lambat. Untuk alasan penggunaan yang kami pilih, kami tidak pernah ada masalah. Namun ini akan bermasalah jika kamu mau memotret objek di keadaan low light atau jika kamu terobsesi dengan bokeh — kami sih tidak. IMG_8271Mengingat ini bukan lensa profesional maka kami juga tidak mengharapkan foto yang sangat tajam. Dan  memang betul, sesuai dengan yang kami perkirakan, lensa ini akan menghasilkan sedikit blur jika kita zoom in. Tapi biasanya cuma kelihatan kalau zoom in sampai maksimal dan tidak akan terlihat saat diresize untuk upload ke website. Bahkan kami pun pakai beberapa foto yang dihasilkan menggunakan lensa ini untuk artikel cetak di majalah, masih kelihatan bagus koq.






Jadi kalau ada orang-orang yang mengkritis lensa ini secara teknis dengan mengatakan bahwa lensa ini tidak sempurna secara optical, mereka miss the point. Intinya adalah kita tidak bisa mendapatkan optical perfection dengan harga Rp. 4.000.000. Bahkan kalau kamu mau bayar lebih dari Rp. 20.000.000 untuk jenis lensa seperti Sony FE 70-200mm f4, itu pun masih tidak sempurna. IMG_3602Jadi, kesimpulannya, lensa Sony 55-210mm ini lensa yang bagus dan murah untuk non-professionals. Lensanya tidak berat, kualitas gambar yang dihasilkan lumayan bagus, dan bisa membantu menjangkau objek yang cukup jauh.

Anyway, check out this gallery dan kasih tahu pendapat kamu ya.

Sony 55-210mm f4.5-6.3
Date Published: 01/15/2016
7 / 10 stars

Join the discussion 8 Comments

Leave a Reply