Sala Keoku Sculpture Park Nong Khai Thailand

By November 16, 2012Thailand

Tidak banyak memang yang bisa dilakukan di Nong Khai, kota kecil di pinggir Sungai Mekong, kota yang memiliki perbatasan dengan negara Laos. Nong Khai memiliki atmosfer yang santai, tidak ada kemacetan seperti di Bangkok. Jika melihat peta kota Nong Khai, bentuknya memanjang di sepanjang Sungai Mekong, berbagi perairan dengan Vientiane di seberang sana. Di sepanjang sungai, ada promenade yang enak dipakai untuk jalan-jalan santai sore maupun naik sepeda. Restoran dan cafe-cafe pun berjajar di sepanjang promenade. Tidak jauh dari pusat kota (kurang lebih 3 km), ada sebuah taman yang cukup menarik untuk dikunjungi, Sala Keoku Sculpture Park.

Sculpture Park in Nong Khai Thailand

Sculpture Park in Nong Khai Thailand

Sejarah Sala Keoku Sculpture Park

Sala Keoku Sculpture Park dibangun oleh seniman bernama Boun Leua Sourirat. Menurut cerita dari asistennya, inspirasi dibangunnya taman ini adalah ketika Boun Leua Sourirat berjalan-jalan ke gunung, kemudian jatuh ke dalam sebuah lubang dan mendarat di atas pangkuan seorang pertapa bernama Keoku yang tinggal di dalam gua. Boun Leua Sourirat kemudian tinggal di dalam gua tersebut bersama Keoku sambil belajar tentang Buddha. Boun Leua Sourirat sendiri mengatakan bahwa Keoku adalah sosok nyata namun hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang melakukan meditasi.

Perbandingan ukuran manusia dengan patung

Perbandingan ukuran manusia dengan patung

Sebelum membangun park ini, Boon Leua Sourirat sudah membangun taman sejenis di Vientiane, sekarang dikenal dengan Buddha Park. Dari posisi yang cukup tinggi di Buddha Park, pengunjung bisa melihat Sala Keoku Sculpture Park di seberang sungai Mekong. Boon Leua Sourirat meninggal dunia di tahun 1996 dan tubuhnya dimumikan, dipajang di tempat dengan tutup tabung kaca berbentuk setengah bola, bisa dilihat di lantai paling atas gedung utama di taman tersebut.


Gedung utama di Sala Keoku Sculpture Park

Gedung utama di Sala Keoku Sculpture Park

Apa yang bisa dilihat di sana?

Special deal!
Kalau mau travel ke Laos, kami rekomendasikan Lonely Planet Laos. Buku ini harganya kira-kira Rp.300,000 di Indonesia, tapi kami punya special deals dengan the Book Depositorylebih murah dan ongkos kirim gratis!
Cek Harga

Yang menarik dari sini bukan hanya puluhan patung-patung biasa, namun ukurannya yang raksasa. Beberapa patung memiliki tinggi sekitar 20-30 meter. Kebanyakan patung berupa karakter dari kepercayaan Hindu dan Buddha. Satu hal yang menarik lainnya di Sala Keoku Sculpture Park ini adalah representasi dari konsep ‘Samsara-cycle’ (roda kehidupan). Samsara adalah konsep dalam Budhisme dimana jiwa dilahirkan dan dilahirkan kembali dalam perputaran yang tiada akhir, dan untuk meningkatkan kehidupan serta mengurangi kesengsaraan di kehidupan berikutnya, orang tersebut harus berbuat kebajikan.

Patung-patung super besar di Sala Keoku Sculpture Park

Patung-patung super besar di Sala Keoku Sculpture Park

How to get to there

Kemarin ini kami kebetulan sewa motor dari guesthouse tempat kami menginap untuk mengunjungi Historical Park 70km dari Nong Khai, jadi sekalian mampir ke Sala Keoku Sculpture Park yang jaraknya kira-kira 3 km dari pusat kota. Biaya sewa motor untuk motor matic 250 Baht, sedangkan non-matic 200 Baht. Tapi menurut pemilik guesthouse, untuk mengunjungi Sculpture Park bisa sewa tuktuk seharga 100 baht per orang (PP). Tiket masuk cukup terjangkau, yakni 20 baht per orang. Kalau kebetulan masuk ke Thailand lewat Laos via Vientiane, atau dari Bangkok mau ke Laos, boleh nih mampir ke sini.

Cari penginapan di Nong Khai tidak perlu repot, cek saja di sini!

Leave a Reply