Samsung Galaxy S4 – we want one!

By June 13, 2013Travel Tech
Hasil foto dengan fitur Drama Shot

Sebagaimana kalian semua tahu, saya tidak punya status Permanent Resident maupun warga Indonesia walaupun saya menikah dengan orang Indonesia. Jadi ketika saya masuk ke Indonesia dari Vietnam setelah selesai perjalanan beberapa bulan di Laos, saya masuk dengan menggunakan visa turis yang berlaku untuk 30 hari. Yang berarti saya harus keluar dari Indonesia sebulan kemudian untuk bisa masuk lagi ke Indonesia. Biasanya saya pilih untuk ke Malaysia karena ada penerbangan langsung dari Bandung.

Waktu itu adalah awal bulan Mei ย yang bertepatan dengan rilisnya Samsung Galaxy S4. Pada saat itu saya dalam perjalanan dari Vietnam. Semua yang kenal saya pasti tahu saya suka sekali dengan gadget. Terutama gadget yang berkaitan dengan traveling atau kami menyebutnya dengan istilah โ€˜travel techโ€˜.

Samsung Galaxy S4 adalah smartphone jagoan terbaru dari Samsung dan mewakili teknologi canggih hasil dari riset dan pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Fitur-fitur yang kamu temukan di gadget ini adalah fitur canggih yang kemungkinan baru akan terkejar oleh gadget-gadget murah dalam 3 tahun yang akan datang. Jadi tentu saja saya harus melihat gadget terbaru ini!

Kesan pertama? Samsung S4 memiliki layar yang besar dan terlihat perbedaanya jika dibandingkan dengan gadget lain dikelas yang sama. Samsung S4 memiliki layar selebar 5 inci, yang menakjubkan dengan fitur full HD yang tentunya memiliki kualitas gambar yang bagus. Dengan kelebihan tersebut para traveler pasti akan tergiur dengan Samsung S4. Bagaimana enggak dengan kelebihan Samsung S4 ini. Ada dua point penting yang bisa dilakukan para traveller yaitu dalam perjalanan kita bisa menghabiskan waktu untuk untuk menonton video saat dan untuk mengambil serta mengedit foto.

Dengan gadget yang kami miliki saat ini, kami biasanya menonton video dalam perjalanan bis atau pesawat saat traveling. Kedua smartphone yang kami miliki lebarnya masing-masing 3.5 inci dan 4 inci, yang mungkin adalah ukuran yang pas 5 tahun yang lalu. Bahkan sejak 3 tahun yang lalu ukuran tersebut dianggap besar dan memiliki resolusi yang sangat tinggi. Tapi waktu terus berjalan. Saat ini ukuran layar berkembang semakin besar dan hampir semua orang memiliki smartphone ukuran besar (kecuali kami). Dengan Samsung S4, kami bisa menonton video bersama-sama karena ukurannya yang lebih besar. Saat ini dengan layar smartphone ukuran 3.5 dan 4 inci, kami tidak bisa menonton bersama-sama karena ukurannya terlalu kecil. Apalagi jika menggunakan kacamata.

Poin kedua dengan Galaxy S4 ini kita bisa menggabungkan antara Travel dan Fotografi. Dan dengan Galaxy S4, foto-foto kamu akan terlihat bagus. Pertama-tama kamu bisa mengedit foto yang kamu ambil dengan mudah karena layarnya besar. Jadi kamu bisa mentransfer foto hasil jepretan dSLR ke S4 kamu dan mengeditnya di perjalanan. Ini berarti kamu tidak usah selalu membawa laptop kamu kemana-mana. Layar S4 cukup besar untuk melakukan proses editing foto.

Akhir-akhir ini kami lebih sering mengambil foto dengan menggunakan smartphone dibandingkan dSLR. Lebih karena alasan kepraktisan. Lebih mudah dijangkau daripada harus repot-repot mengeluarkan kamera besar dari tas. Dengan S4, foto akan diambil menggunakan kamera 13 megapixel. Ini artinya akan ada banyak foto di smartphone kami yang bisa diedit. Galaxy S4 memiliki banyak fitur foto editing, belum termasuk aplikasi Android yang bisa diunduh untuk keperluan editing seperti Snapseed, dll.

On buses like this, a big screen for video would be good!

On buses like this, a big screen for video would be good!

Oh ya, kami sudah bilang belum kalau kamu bisa menghubungkan kamera Samsung NX300 langsung ke Samsung Galaxy S4 melalui wifi sehingga bisa transfer foto langsung tanpa perlu kabel? Beberapa teman kami baru saja mendapatkan kamera NX300 yang baru itu dan mereka bilang fitur tersebut membuat pekerjaan mengedit foto menjadi lebih mudah โ€“ oh andai kami juga punya kamera itu!

Apa saja fitur-fitur yang dihebohkan itu? Salah satu fitur yang paling pas buat kami adalah fitur yang bisa memunculkan foto diri sendiri pada saat memfoto orang lain. Kenapa? Karena kami adalah pasangan traveler yang suka mengambil foto kami sendiri di tempat-tempat yang keren. Seperti yang terlihat di foto, tangan saya yang terulur memegang kamera seringkali terlihat di ujung foto. Saya biasanya harus berulang kali mengambil foto bersama sampai hasilnya memuaskan. Lebih repot lagi kalau yang mengambil foto memiliki tangan yang pendek (seperti Susan!). Fungsi baru dari S4 ini memungkinkan saya untuk mengambil foto Susan di depan tempat keren dan pada saat yang bersamaan akan mengambil foto saya yang menghadap kamera. Kemudian foto itu ditempelkan pada foto yang ada Susannya.

Smile! But why are my arms always stretching out to the corners?

Smile! But why are my arms always stretching out to the corners?

Fitur keren lainnya adalah fitur yang bisa membuat urutan kejadian dalam satu foto. Misalnya, jika kamu mengambil foto anjing yang sedang menangkap Frisbee, S4 akan mengambil sekitar 5 foto mulai dari saat si anjing melompat sampai dia menangkap Frisbee tersebut. Kemudian secara otomatis menggabungkan kelima foto tersebut dalam satu foto sehingga kita bisa melihat urutan kejadiannya. Keren!

Hasil foto dengan fitur Drama Shot

Hasil foto dengan fitur Drama Shot

Saya melihat di Indonesia ada pergeseran dari pengguna smartphone OS lain ke pengguna Android. Kalau kamu adalah seorang traveler, ini adalah ponsel Android terbaik saat ini. Gadget ini memiliki banyak fungsi yang jika diibaratkan itu seperti pisau Swiss Army. Jika memang pas dengan budget, ini adalah pilihan paling tepat untuk beralih dari smartphone lain.

Susan lagi main Samsung Galaxy S4

Susan lagi main Samsung Galaxy S4

Apakah kamu sudah punya Samsung Galaxy S4 atau berencana untuk segera punya? Pasti kamu mau punya Samsung Galaxy S4 dong!

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply