9 Shopping Malls di Orchard Road, Singapore

Shopping Malls Di Orchard Road Singapore

Pasti sudah pada tahu dong kalau Orchard Road itu surganya belanja di Singapore? Sepanjang jalan Orchard yang kira-kira 2 km lebih itu penuh dengan shopping mall di kiri dan kanannya. Masing-masing mall tentu punya keunikan sendiri. Ada apa saja di mall tersebut dan mana yang kayaknya seru buat dikunjungi?

Kami baru saja jalan kaki dari ujung yang satu sampai ke ujung lainnya dan balik lagi ke titik awal. Dari Orchard MRT Station sampai Dhoby Ghaut MRT Station. Lumayan gempor sih, tapi sekarang lumayan ada gambaran ada apa saja di mall-mall di Orchard Road itu. Berikut ini 10 shopping mall favorit kami di Orchard Road.

Lucky Plaza

Lucky Plaza Mall SingaporeLucky Plaza sepertinya jadi mal favorit dan paling dikenal di kalangan orang Indonesia. Alasannya sebagian besar karena di atasnya ada banyak apartemen yang disewakan dan dikelola oleh orang Indonesia juga. Lokasinya juga dekat banget dengan Mount Elizabeth Hospital yang sering dipakai untuk tempat berobat atau berkonsultasi di Singapore.

Isi Lucky Plaza sendiri cukup standar. Banyak konter-konter baju murah baik yang bermerk terkenal maupun non-merk. Brand yang paling ramai diserbu misalnya: Giordano, Baleno, H&M, Hangten, dll. Area paling ramai biasanya di lantai basement. Di sana ada McDonalds, banyak money changer, toko oleh-oleh, toko gadget & asesoris gadget.Food Court Di Basement Lucky PlazaFood court di lantai basement namanya Asian Food Mall (jam buka 08:00-21:30, Jumat-Sabtu buka sampai jam 22:00). Banyak makanan Filipina seprti Jollibee, lutong pinoy, kamayan pinoy. Kalau pengen masakan Indonesia juga ada konter namanya Indo Express, jualannya gado-gado, nasi pecel, soto ayam, sayur asem, dll. Harganya sekitar $4-9. Makanan lain ada Yong Tao Fo, Ban Mian ($4.50-6.50).

Lucky Plaza
04 Orchard Road, #02-115
Jam buka: Senin-Kamis 11:00 – 21:00; Jumat-Sabtu 11:00 – 23:00; Minggu 11:00 – 22:00

www.luckyplaza.com.sg

Paragon

Paragon Mall SingaporeDari Lucky Plaza, lanjut ke Paragon Mall yang terlihat lebih upper class. Isinya banyak toko-toko dengan branded items seperti Jimmi Choo, Prada, Coach, Burberry, Mark & Spencer. Di bagian tengah juga ada Metro department store yang cukup besar.

Di lantai bawah, kalau biasanya di mal-mal lain diisi dengan food court yang ramai, di sini isinya classy cafe/resto yang berdiri sendiri-sendiri seperti Paul, Din Tai Fung, Gyoza-ya dan Grandma’s Nasi Lemak.

Paragon
290 Orchard Road

Jam buka: setiap hari 10:00 – 22:00
www.paragon.com.sg

Centrepoint

The Centrepoint Mall SingaporeBegitu masuk ada Metro department store di salah satu sisinya. Centrepoint ini tidak terlalu besar, tapi ada banyak tempat makan/minum yang bisa mengakomodir selera yang berbeda-beda karena banyak sekali pilihannya mulai dari Starbucks, Coffee Bean & Tea Leaf, Dapur Penyet, Song Fa Bak Kut Teh, Toast Box, McDonalds, Bengawan Solo dan masih banyak lagi.

Centrepoint
176 Orchard Road

Jam buka: setiap hari 10:00 – 22:00

Plaza Singapura

Plaza SingapuraPlaza Singapura ini lokasinya nyambung dengan Dhoby Ghaut MRT Interchange, jadi bisa dibilang ini ujungnya Orchard Road. Sebenarnya Orchard Road-nya masih panjang, tapi area yang banyak mall-nya berkumpul dari sekitar Orchard MRT sampai Dhoby Ghaut MRT. Oleh karena itu biasanya kami sih putar balik kalau sudah sampai Plaza Singapura dan menyusuri Orchard Road sisi lainnya.

Di Plaza Singapura ini sebenarnya agak mirip mal-mal di Jakarta. Isinya toko-toko dengan brand terkenal seperti Esprit, Adidas, Bara. Ada Marks & Spencer yang mengambil 2 lantai dan ada juga Daiso yang sering diintip karena suka ada barang-barang unik dan murah. Di basement ada supermarket Cold Storage dan kalau mau cari food court ada di lantai B2 (basement paling bawah). Di lantai 4 juga ada Nando’s.

Plaza Singapura
68 Orchard Road

Jam buka: setiap hari 10:00 – 22.00
www.plazasingapura.com.sg


Orchard Central

Orchard Central SingaporeBegitu masuk ke Orchard Central agak bingung karena ga terlalu kelihatan banyak toko. Rupanya memang bentuk bangunan ini unik bahkan disebut-sebut sebagai “Singapore’s first and only vertical mall”. Kalau masuk dari bawah akan terasa ground floornya keren karena luas dan atapnya sampai level atas.

Banyak cafe-cafe terbuka di kiri kanannya. Di sini juga ada beberapa cake shop terkenal seperti LadyM dan Henri Charpentier. Dari Orchard Central ini kalau jalan terus di ground floor-nya otomatis akan nyambung ke Orchard Gateaway dan stasiun MRT Somerset.

Orchard Central
181 Orchard Road

Jam buka: setiap hari 11:00-22.00
www.orchardcentral.com.sg

Orchard Gateway

Orchard Gateway SingaporeMall ini memiliki 2 sisi yang dihubungkan oleh jembatan di atas Orchard Road. Di mall ini ada beberapa toko brand ternama seperti Uniqlo dan Forever 21. Buat yang suka ngikutin perkembangan gadget di sini ada Epicentre yang merupakan Apple premium reseller.

Ada banyak tenant restoran/care yang tersebar di 7 lantai bangunan mall ini, salah satunya Marche. Orchard Gateway ini nyambung dengan stasiun MRT Somerset dan di atas mall ini ada Hotel Jen Orchard Gateway, yang masih satu manajemen dengan Hotel Jen Tanglin yang pernah kami inapi.


Orchard Gateway
218 Orchard Road

Jam buka: setiap hari 10:30 – 22:30
www.orchardgateway.sg

Ngee Ann City

Ngee Ann City SingaporeMall ini adalah mall terbesar di Orchard Road. Di dalamnya ada banyak butik branded besar seperti Louis Vitton, Hermes, Burberry, Chanel, dll. Buat penggemar buku juga pasti wajib ke sini karena di mall ini ada toko buku kedua terbesar di Asia Tenggara — Kinokuniya.

Untuk tempat belanja, pasti tidak asing dengan yang namanya Takashimaya, department store asal Jepang. Itu loh, yang shopping bag-nya berupa kantung kertas warna putih motif bunga-bunga pink. Coba perhatiin deh, pasti liat banyak banget yang nenteng shopping bag Takashimaya di sepanjang Orchard Road 😉

Ngee Ann City
391 Orchard Road

Jam buka: setiap hari 10:00 – 21:30
www.ngeeanncity.com.sg

Wisma Atria

Wisma Atria SingaporeTahukah kamu? — Wisma Atria ini dulunya adalah lokasi dari Kedutaan Besar Indonesia di Singapura. Saat ini 5 lantai digunakan sebagai mall dengan isi berbagai toko bermerek seperti Mango, Gap dan departement store dari Jepang — Isetan. Lokasinya ada di sebelah stasiun MRT Orchard, tapi sudah terhubung dengan baik melalui terowongan bawah tanah.

Buat yang cari makanan, di lantai 4 ada Food Republic, Din Tai Fung, Japan Food Town dan masih banyak lagi. Kami sempat makan di Food Republic, harganya agak lebih mahal. Kami beli medium harga sekitar $9-$10 per porsi (karena ditawari tambah daging $4). Kalau ukuran kecil harganya harga $5-$5.80.

Wisma Atria
435 Orchard Road

Jam buka: setiap hari 10:00 – 22:00
www.wismaonline.com

ION Orchard

Ion Orchard SingaporeMall ini ada di seberang stasiun MRT Orchard. Akses masuk bisa dari pintu level jalan raya atau dari underground pass. Kalau masuk dari underground pass akan masuk ke area basement. Di sana ada banyak toko brand ternama seperti Zara dan Fossil. Basement-nya ada 4 lantai (B1-B4).

Di basement paling bawah (B4) ada food court yang namanya Food Opera. Makanannya beragam dan ada Riverside Indonesian BBQ (harga mulai $6.50 untuk ayam panggang set), ya hua bak kut teh, masakan Padang, dll. Di lantai atasnya (lantai 1-4) toko-toko dan brand-nya lebih mewah. Jangan lupa di sini juga ION Sky untuk menikmati pemandangan kota Singapore dari lantai 55/56 secara gratis.

ION Orchard
2 Orchard Turn

Jam buka: setiap hari 10:00 – 22:00
www.ionorchard.com

Sementara 9 mall dulu ya yang di-review. Semoga ada gambaran buat yang mau jalan-jalan di Orchard Road. Jadi, shopping mall mana yang jadi favorit kamu di Orchard Road? 🙂

Leave a Reply